Sedekah Termudah

Sedekah TermudahLagi-lagi baru sempat menyapa kerabat dimari, ini pun hanya sebatas ingin 😀 saja. Mudah-mudahan terwakili upaya menggali makna sedekah termudah “senyuman” dalam rangka investasi pada diri sendiri senada dengan yang tersebut dalam Hadits Shahih “senyummu didepan saudaramu adalah sedekah.” Lagi dan lagi senyumnya! (LOL)

Celoteh terbersit dari kejadian tadi siang akibat malamnya kurang tidur. Hampir saja kendaraan yang ditumpangi terperosok ke dalam got, begitu sadar dan selamat saya malah tertawa padahal yang sebenarnya kaget banget dan jangan tanya soal kendaraan karena bukan rahasia lagi bahwasannya entahlah “tak terucapkan” (blush) Yang bawa kendaraan begitu juga saya kebetulan habis ngalong, tetapi keperluan menuntut untuk pergi dengan berbekal rasa kantuk ditambah sehabis makan siang secara otomatis itu si kantuk dengan senang hati menyerang. (haha)

Yang dituliskan disini bukan tersenyum (tertawa) seperti diatas tentunya, melainkan senyuman karena cinta yang senantiasa hadir meski dunia begini adanya. Betapa agungnya senyuman itu, senyuman yang berasal dari sinar hati, senyuman yang nampak dalam wajah berseri-seri sebagai pasangan cinta dan kebaikan. Sesuatu hal yang sangat mudah dilakukan, terlebih wajah yang berseri-seri itu disertai perkataan yang lembut pastinya akan lebih menawan.

Senyum itu ternyata befungsi juga menghibur persendian jadi secara tidak langsung sering tersenyum itu merupakan bagian dari pola hidup sehat, menyenangkan jiwa dan tentunya bisa membuat orang lain senang karena ruang lingkup cinta dan kasih pun dapat melegakan. Dengan demikian para pelakunya dapat berbahagia yang senantiasa mendapatkan pula pahala dari Allah azza wa jalla.

Apakah kita semua telah berupaya untuk memiliki sifat tersebut (senantiasa tersenyum), menempelkannya dimulut dan wajah kita? Lantas kita bertemu dengan yang lain disertai sifat tersebut? Walhasil, hati yagng disertai niat jernih dan bersih akan semakin akrab dengan hati yang lain, berupa ujung dari pemutusan keraguan diri bertemu dengan yang lain yang secara otomatis awal dari bahagia.

Mungkinkah menjadi awal bahagia? Dale Carnegie, psikolog terkemuka berkata dalam sebuah bukunya, “Ada yang mengatakan bahwa kunci kesuksesan ialah kerja keras dan perjuangan tak kenal lelah. Anda tidak mempunyai jaminan sukses jika Anda tidak punya kemanusiaan lembut, dalam bentuk senyuman lembut.”

Meski senyum itu terjadinya sesaat tetapi pengaruhnya tak lekang oleh zaman. Senyum itu kunci yang mampu membuka hati paling keras sekalipun yang senantiasa dapat meredam emosi ketika hadir dihati. Patut diingat senyum itu bagian dari ibadah kita, sebagai sedekah termudah yang tidak patut diremehkan keberadaanya. Jika mungkin, masih ada beberapa gelintir orang sangat memperhitungkan melakukan sedekah dengan materinya atau mungkin kesusahan bersedekah karena keterbatasan materinya, bersedekahlah dengan tersenyum. Jangan ragu untuk tersenyum serta lanjutkan dengan jabat tangan hangat yang tergerakan perasaan cinta kasih kepada sesama.

Salam hangat!

25 Responses to Sedekah Termudah

  1. Mutiah says:

    ..^_^.. numpang ngasi sedekah kang.. ^_^

  2. aming says:

    asal jgn berlebihan aja bro…
    nanti dianggap ngga wajar…

  3. sue says:

    seberapa efek nya? itulah pertanyaannya ketika setelah selesai membaca buku Dale, ane ada beberapa koleksi buku nya dan lebih dari 2 kali baru bisa nangkap, hehehehehe, maklum otak lemot

    • kips says:

      Kalaupun efeknya gak didapat secara langsung, rasanya gak salah dan bisa dijadikan motivasi pembelajaran. Terbukti dengan 2 kali atau lebih dari membacanya ada yang bisa ditangkep maksud tulisannya kan 😀

  4. kyra.curapix says:

    heheh
    senyum sama nyengir kayak gini beda gak ya?

  5. lozz akbar says:

    nih aku tersenyum dari hati.. hehehehe uhui…

  6. iLLa says:

    sebenarnya senyum ini guampang banget kan ya, tinggal menarik 2 cm bibir ke kiri dan ke kanan, trus abis itu dapat pahala.. *Insya Allah*
    makanya heran sm orang yg susaaah banget buat senyum, ga bayar ini,, 😀

  7. izin singgah lagi seraya menyapa dg senyum…

  8. Amin says:

    Model sedekah kali ini harus ada lawannya…artinya tidak dapat dilakukan secara sendirian atau bahkan sembunyi-sembunyi tanpa dilihat oleh orang lain.

  9. Ternyata banyak-banyak memberi senyuman sama dengan banyak memberi sedekah dan kebahagiaan bagi orang-orang ya 🙂

  10. @helgaindra says:

    wah kalo sariawan jadi ga bisa sedekah deh tuh
    hehehe

  11. MENONE says:

    waaahhhh senyuman bisa dijadikan sedekah plus dapat bonus awet muda ya ga sob hehehehehehe,,,,,,, np ya masih ada orang yg ga mau senyummmm

    salam persahabatan sobat ………MENONE

    • kips says:

      Mungkin lagi sariawan itu mas (LOL)
      Atau mungkin juga nih “kirata” orang tersebut belum tahu senyuman maanis itu ibadah 😀
      Salam hangat!

  12. rahman says:

    TERSENYUMLAH !! ketika hatimu sedih..tersenyumlah ketika hati kita senang karna HARIMU ADALAH HARI INI maka berikan yang terbaik untukmu dan orang lain.
    Salam kenal dan suksesok

  13. sangat luar biasa,, memang banyak sekali fadilah dan keajaiban tentang sedekah.. coba liat juga Penelitian Tentang sedekah
    semoga kita semua menjadi orang yang ahli sedekah amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published.