Berharap Hati Senantiasa Cemerlang

Hati Senantiasa Cemerlang

Sepenggal saja atau lebih, untaian kalimat yang dijabarkan atas support dalam bentuk respons sahabat-sahabat tentang postingan sebelumnya. Kejujuran hati para sahabat semua sangat menjadi pertanda nyata sebagai insan biasa, sama halnya dengan keberadaan diri ini. Memang tidak dapat dipungkiri, untuk melakukan itu semua nyatanya lebih susah ketimbang menyuarakannya, kita hanya bisa sebatas ikhtiar saja. Berkaitan dengan masukan para sahabat tentu saja menjadi sangatlah penting, karena secara tidak langsung memberi semangat untuk berusaha mewujudkan harapan yang ditorehkan dalam postingan sebelumnya tersebut meskipun secara jujur pula diakui, mungkin baru sebagian saja yang dapat direalisasikan dengan semestinya. Dan, postingan ini merupakan salah-satu wujud bahwa penulis masih jelas keberadaanya. (LOL)

Dalam menjalani liku-liku hidup dengan berbagai ujian, berharap hati senantiasa cemerlang dalam hidup secara sadar. Semoga Allah merahmati bahwa setiap anggota badan kita ini diciptakan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Kesempurnaannya tergantung pada pelaksanaan pekerjaan itu. Jika ada penyakit, maka akan menyebabkannya tidak dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan semestinya. Sebagai contoh, penyakit mata menyebabkan mata tidak dapat melihat, penyakit lisan menyebabkan lisan tidak dapat berbicara dan lain-lain. Begitupun dengan penyakit hati menyebabkan hati tidak dapat mengerjakan pekerjaan yang menjadi tujuan diciptakannya hati, seperti mengenal Allah, mencintai-Nya, tunduk kepada-Nya, bertawakkal kepada-Nya, mencintai dan membenci karena-Nya, senantiasa mengingat-Nya, dan tentunya mengharapkan karunia-Nya.

Diantara sebab-sebab dari musibah yang terjadi adalah berpalingnya hati dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Barangsiapa yang lebih mencintai sesuatu yang lain diatas kecintaan kepada-Nya berarti hatinya sedang sakit dan tertawan, yaitu menjadi tawanan hawa nafsunya. Didalam hati yang berpenyakit terdapat bermacam-macam keburukan dan kerusakan yang tidak terkira banyaknya, tidak ada yang dapat menghitungnya kecuali oleh Rabbnya para hamba.

Sesungguhnya hati itu jika dapat merasakan kenikmatan ibadah kepada Allah dan keikhlasan kepada-Nya, niscaya dia tidak akan memiliki sesuatu pun yang lebih manis darinya. Setiap orang yang mengenal Allah, niscaya akan mencintai dan mengikhlaskan peribadahan hanya untuk-Nya. Dia tidak akan lebih mengutamakan kecintaan kepada sesuatu yang lain diatas kecintaannya kepada-Nya. Seandainya tidak ada hukuman lain bagi hati yang sibuk mencintai sesuatu selain Allah dan berpaling dari mengingat-Nya selain berkaratnya hati, kerasnya hati dan tidak dapat mengerjakan tujuan diciptakannya hati, niscaya hukuman itu sudah cukup.

Semoga dari beragam torehan dengan bahasa dan gayanya yang berbeda tidak menjadi kita semua salah menafsirkannya, tidak terjebak dalam satu sudut pandang . Hal ini pun sama-sekali bukanlah perwujudan dari suatu pelajaran yang harus dilaksanakan dari penulis melainkan saling memberi dan sekaligus memohon penyemangat hidup dalam bentuk saling mengingatkan. Tergambar besar keyakinan dalam hati ini, cerminan hati para sahabat yang bersih dan ikhlas untuk saling mengingatkan dalam hal kebajikan. Bersyukur sekali memiliki kerabat dengan keikhlasan dan kebersihan hati seperti kalian, “menjadi hidup lebih hidup” (LOL) Saking senangnya! (worship)

76 Responses to Berharap Hati Senantiasa Cemerlang

  1. 1rw@n says:

    siaap kang jalani hidup dengan pikiran positif , tp memang sulit kalo (LOL)(LOL).. btw ini resolusi 2010 kang kips yak (goodluck) .. (drinking)(drinking)

  2. dhodie says:

    Yah saia tau koq kang kips bersyukur kenal saia (devil)

  3. and1k says:

    hmm mantep mas postnya bisa memberi pencerahan terima kasih mas

  4. a2i3s says:

    hayu Kang, jadikan hidup lebih hidup (rock)

  5. kyra.curapix says:

    for human being,,hahahah
    loh kok?
    hehe

  6. Deka says:

    Santai saja, nikmatin hidup yang cuma sebentar ini. Insya Allah mudah, tenteram dan damai dalam keadaan dan kondisi apapun [said someone important to me]

  7. andri says:

    Semoga kang Indra selalu diberkahi oleh Alloh :-) dan senantiasa selalu Cemerlang, amin (worship)

  8. kidungjingga says:

    mudah2an hati saya bisa se’cemerlang’ kang indra…
    ^_^

    • kips says:

      (LOL) Jangan seperti hati saya atuh, kan masih sama-sama berharap :-D Mudah-mudahan hati kita cemerlang sesuai dengan tujuan diciptakan-Nya hati, amin (worship)

  9. dasir says:

    Semoga dasir bisa menjaga kebersihan hati dengan memandikannya sehari semalam min 5 kali.
    Salam Kenal..

  10. iLLa says:

    mari, kita saling mengingatkan dan mendoakan dalam kebaikan. Insya Allah mendapat keberkahan dari-Nya, Amiin ^^

    lagi2, makasih wat postingan ini kang (worship)

  11. heru says:

    menambah pengetahuan :)

  12. anis says:

    pencerahan bagiku,
    dengan menulis mengerti dan dimengerti
    dengan menulis memahami dan dipahami.
    terima kasih. :-)

  13. kyra.curapix says:

    mampir memberitahu ada postingan baru,hohoho

  14. Mamah Aline says:

    begitu pula dengan saya, ingin selalu bersih hati dan ikhlas… :-)

  15. KangBoed says:

    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fuuullllllllllllllllllllllllllllllll

  16. KangBoed says:

    sami sami ti Bandung teu acan pependakan (lmao)(lmao)(lmao)

  17. kyra.curapix says:

    mandek bang gara2 paypal kena limited
    huhu
    gak tau neh belom ada jawaban dari paypal.hahaha

  18. kabol says:

    bersih hati dan ikhlas semoga kita semua mendapatkanya :-)

  19. neo_is_badboy says:

    terima kasih atas pencerahannya
    memang hidup yang dijalani dengan keikhlasan karena Allah SWT akan selalu lebih indah..

  20. senny says:

    mudah-mudahan kita bisa punya hati yang bersih dan ikhlas ya

  21. kyra.curapix says:

    di tahun yang baru harus semangat

  22. hello gaga says:

    happy new year kang!

    maap telat seminggu
    soalnya abis ngurus makamnya gus dur
    hahaha

    • kips says:

      Hehe… sama-sama nih belum sempet silaturahmi jg dah agak lama, bukannya habis ngikut ngurus makamnya Gus Dur tapi sikon kurang mendukung disini mah :-D

  23. kyra.curapix says:

    met taun baru 2010
    lagi dan lagi

  24. SARIFHUSIN says:

    hati hati dengan hati karena hati mudah disakiti,, bagi yang sakit hati, bahkan makan hati,, he,,

  25. KangBoed says:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    (dance)(dance)(dance)(dance)(dance)

  26. KangBoed says:

    Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

    (dance) (banana_cool) (dance)

  27. kyra.curapix says:

    lagi?

  28. katakataku says:

    semoga persahabatan kita menjadi suatu keberkahan dan maslahat (worship)

    *nembe ayeuna lebet teu aya halangan ka ieu blog (lol)

  29. annosmile says:

    wah penyakit lama kambuh..
    kapan update nih..

  30. helga indra says:

    saya aminin aja deh bang

    amiiin

  31. Semoga selalu tetap damaikan hati :)

  32. ney jadi harapan kita cemua ….semoga tercapai…

  33. mari, kita saling mengingatkan dan mendoakan dalam kebaikan. Semoga tuhan mendapat keberkahan dari-Nya,,,,,thanks to info…

  34. roy says:

    hati kita sma seperti cpu, bila di input data yang buruk , maka buruk pula yang aka nkelaur, begitu juga sebaliknya,,,,,

  35. memang sebaiknya kita harus mengingatkan dan mendoakan satu sama lain di kala orang tidak sadar akan perbuatannya. amin! berkunjung yah ke blog ku

  36. Jika selalu menyandarkan diri hanya kepada Allah, maka Allah akan selalu dekat dengan kita begitu juga pertolongannya.
    Kita yang selalu dekat dengan Allah akan tercipta rasa tenang dan selalu optimis dalam setiap keadaan.
    Salam kenal mas dari pontianak
    sukses selalu

  37. ikut nyimak.. trima kasih untuk postingannya gan…. semoga menginspirasi

  38. nisfi laila says:

    Kutipan yang ini ” Sesungguhnya hati itu jika dapat merasakan kenikmatan ibadah kepada Allah dan keikhlasan kepada-Nya, niscaya dia tidak akan memiliki sesuatu pun yang lebih manis darinya.” setuju banget kang ..

  39. Terimakasih atas artikelnya yang sudah dibuat dengan penuh kerendahan hati. Torehan kalimat yang Anda tulis diatas, semoga dapat menjadi penyejuk bagi para pembacanya.

  40. tas batam says:

    Adem bacanya, semoga sang penulis selalu berada dalam cahaya, sehingga dapat menginspirasi lebih banyak pembaca. Salut.

  41. Banyak Bonus says:

    bacanya bikin tenang bangett
    keep tulis artikel ya

  42. nisfi laila says:

    tersentuh bacanya,, duhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *