Kamus TI – G

| 0..9 | A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z | Download

Kamus TIG

G adalah simbol untuk giga atau gigabyte.

GaAS (Gallium Arsenide) Teknologi yang dipakai untuk membuat sirkuit logika di beberapa tipe komputer.

Gain Perbandingan antara banyak sinyal yang dikeluarkan dengan jumlah sinyal semula (yang dimasukkan).

Gallery Beberapa bentuk atau format penggunaan yang telah disediakan oleh software tertentu.

Game Istilah untuk menyebutkan software permainan.

Game Port Sebuah konektor I/O yang digunakan untuk menyambungkan sebuah joystick atau video game controller yang lain. Game port umumnya adalah socket s15-pin pada bagian belakang PC.

Kamus TI – G

Gap Digit Angka yang tidak berisi data atau perintah apapun.

Gap Scatter Penyimpangan jarak yang dibutuhkan head baca/tulis di atas permukaan magnetik.

Garbage Istilah untuk data yang salah, gangguan yang muncul di saluran komunikasi, perintah yang tidak tepat, input yang tidak sesuai, dan sebagainya.

Garbage Collection Program penandaan pada sel-sel memori yang berisi hal-hal yang tidak penting untuk komputer. Proses ini secara otomatis dikerjakan pada komputer denagn penyimpanan dinamis.

Gate Sirkuit digital yang membuat suatu keluaran hanya untuk kondisi masukan tertentu. Setiap fungsi logika seperti AND atau OR dapat ditampilkan dengan gate yang sesuai. Untuk fungsi logika yang lebih kompleks dapat dibuat dengan merangkai beberapa gate menjadi satu.

Gated (Gattdaemon) Sebuah perangkat lunak yang dapat dimiliki secara gratis melalui Internet, berfungsi sebagai program pendukung protokol-protokol routing multiple. Dapat juga dimanfaatkan untuk routing.

Gateway Istilah gateway merujuk kepada hardwarwe atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan sistem email yang berbeda. Gateway, sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi. Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain.

Gateway Script Script Gateway, suatu program yang berjalan dalam server Web yang berguna memproses masukan dari form.

Gathering Data Menggabungkan sejumlah data seperti pada data collection.

Gather Write Operasi yang membentuk record tunggal dari pengumpulan sejumlah field di lokasi memori utama. GB Berasal dari kata GigaByte, merupakan satuan pengukuran kapasitas harddisk pada komputer dengan 1 GB = 1024 MB.

GBT (Gerakan Bawah Tanah) Istilah yang diberikan para pengguna fasilitas IRC untuk menyebut user yang kelihatannya diam, tetapi sedang berbicara kepada orang lain secara diam-diam.

gcc gcc adalah kompilator GNU C yang dikembangkan oleh Richard Stallman dan kawan-kawan. GNU C adalah pengembangan dari K&R C dan ANSI C. Pengembangan ini meliputi statemen gabungan dengan sebuah ekspresi, penunjuk label, label lokal, fungsi bersarang, ekspresi gabungan dan bersyarat, ekspresi konstruktor, dan lain-lain.

GCR (Group Coded Recording) Metode perekaman data pada pita magnetik dengan kerapatan sangat tinggi.

GDSS GDSS (Group Decision Support System) adalah sistem berbasis komputer dan interaktif untuk memudahkan pemecahan masalah yang tidak terstruktur dengan melibatkan sejumlah pengambil keputusan secara bersama-sama dalam sebuah grup. GDSS membantu grup, khususnya grup manajer, dalam menganalisa situasi masalah dan dalam pembuatan keputusan grup.

GEM Format file grafik vektor yang digunakan oleh aplikasi berbasis-GEM. GEM adalah antarmuka pemakai grafis (graphical user interface, GUI) yang dikembangkan oleh Digital Research.

General Format Identifier Bagian dari format umum paket data yang terdiri dari 4 bit (yaitu bit 5, 6, 7, dan 8) serta menunjukkan bentuk header paket. Bit 5 – 6 menunjukkan urutan penomoran yang digunakan, bit 7 berfungsi untuk mengantarkan tata cara konfirmasi dalam paket data dan bit 8 bertugas membedakan paket data.

Generalized Routine Suatu rutin yang memiliki kemampuan mengolah berbagai macam tugas.

General Program Program yang sengaja dibuat untuk menyelesaikan masalah tertentu ketika semua nilai dari parameter-parameternya telah tersedia.

General Purpose Automatic Test System Peralatan yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengujian secara otomatis terhadap semua perangkat keras dalam sistem.

General Purpose Computer Komputer yang dibuat untuk menangani beberapa jenis masalah. Karena itu umumnya pengolahan data harus dikendalikan manusia secara bertahap.

General Purpose Function Generator Alat atau komponen program yang dapat diubah, digunakan untuk mengaktifkan suatu fungsi. Setiap perubahan akan mengaktifkan fungsi yang berbeda.

General Purpose Operating System Sistem operasi yang dirancang untuk mengontrol penggunaan bermacam-macam sistem.

General Purpose Program Program yang dibuat sebagai pelaksana operasi baku, misalnya menggabungkan file.

General Purpose Register Register dalam CPU yang dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan. Misalnya untuk indeks, alamat, perhitungan dan operasi logika.

General Routine Sebuah rutin program dalam komputer yang dapat dipakai menyelesaikan beberapa masalah sepanjang parameter yang sesuai telah tersedia.

Generate and Test Teknik penyelesaian masalah dengan komputer dengan cara menyusun daftar penyelesaian yang mungkin dan menguji satu per satu untuk menentukan solusi yang tepat.

Generate Address Cara penghitungan alamat yang telah ditentukan oleh perintah-perintah dalam program.

Generation Cara pengelompokkan perkembangan komputer yang didasar pada perkembangan perangkat kerasnya, pemakaian perangkat lunak, serta teknik pemrogramannya.

Generation Data Group Pengelompokkan data yang telah disimpan berdasarkan urutan kejadiannya.

Generation Group Berhubungan dengan pengelompokkan field data yang tersimpan berdasarkan urutan terjadinya.

Generator Rangkaian elektronik yang mampu membuat gelombang secara periodik ataupun tetap.

Generic Dalam program pengolah kata, generic digunakan untuk membandingkan kata dengan mengabaikan bentuk huruf.

Generic File Names Sejumlah file yang nama file-nya memiliki persamaan beberapa karakter.

GEO (geosynchronous earth orbit atau geostationary earth orbit) adalah sistem satelit yang digunakan dalam telekomunikasi. GEO mengorbit bumi pada ketinggian 22.300 mil di atas bumi. Satelit GEO berada pada posisi tetap terhadap permukaan bumi dan dan tidak terpengaruh rotasi bumi. Keunggulan sistem GEO adalah bahwa stasiun transmisi si bumi hanya perlu menuju pada satu tempat di angkasa untuk mentransmisi sinyal ke satelit GEO. Sistem GEO digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan tinggi, sinyal televisi dan aplikasi wideband lainnya.

George Boole (1815-1864) adalah matematikawan Inggris yang karyanya menyumbang pada pengembangan logika simbolik modern. Logika aljabar, yang dikembangkannya, yang disebut aljabar Boolean atau logika Boolean, yang memperkenalkan sistem dua-nilai (niner) sangat penting pada perancangan sirkuit komputer digital modern. Banyak teknologi modern yang dikembangkan berdasar karya Boole, diantaranya telephone switching dan komputer yang menggunakan digit biner.

gerbang logika (logic gate) adalah sirkuit terpadu (integrated circuit) atau piranti lain yang input dan outputnya merepresentasikan nilai Boolean dan biner yang biasanya dibedakan berdasar tegangan yang melewatinya (misalnya 0 volt untuk false atau 0, dan 5 volt untuk true atau 1). Gerbang-gerbang tersebut digunakan untuk fungsi Boolean yang berbeda-beda: AND, OR, NAND, NOR, NOT, dan XOR. Gerbang NOT, NAND dan NOR biasanya dibuat dengan sebuah transistor dan gerbang-gerbang lain dibangun berdasar gerbang dasar tersebut.

Germanium Material yang dipakai sebagai bahan dasar pembuatan komponen semikonduktor.

ghosting, terjadi apabila terjadi perubahan drastis pada intensistas layar. Biasanya terlihat sebagai bayangan putih atau hitam pada pinggir garis yang tampil pada layar.

GIF Format file untuk menyimpan data berupa gambar. Format GIF dikembangkan pertama kali oleh Compuserve. Format GIF 89a dapat menyimpan beberapa gambar sekaligus dalam satu file untuk dijadikan animasi. File GIF terkompresi, sehingga sangat kecil dan sesuai untuk penggunaan di Internet. GIF (graphics interchange format) adalah format file yang sesuai untuk grafik yang hanya menggunakan sedikit warna. GIF adalah format yang paling populer untuk foto online seperti pada Internet. Format GIF hanya menggunakan 256 warna. GIF pertama kali dikembangkan oleh CompuServe pada 1987, yang kemudian disebut GIF87. Dua tahun kemudian ditambahkan beberapa fitur tambahan seperti Interlacing, transparansi, dan animasi. Format baru ini disebut GIF89a.

Gigabyte Suatu istilah untuk menyebutkan suatu citra yang memiliki warna abu-abu, alias hitam dan putih. Greyscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam – putih) yang ada dalam satu citra. Makin besar angka Grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan. Satu gigabyte sama dengan 1.073.741.824 atau 230 byte. Gigabyte disingkat GB.

Gigacycle Satuan ukuran frekuensi dengan 1 Gigacycle = 1 milyar Hertz.

GIGO (Garbage In Garbage Out) Sebuah peringatan bahwa tidak ada program yang menghasilkan keluaran yang sempurna apabila memakai data yang keliru.

GIS (Geographics Information System) adalah sistem pendukung yang merepresentasikan data menggunakan peta. GIS membantu pengguna untuk mengakses, menampilkan dan menganalisis data yang mempunyai arti geografis.

glint (dalam X terminal) pada RH. 52 “glint” merupakan program utility instalasi untuk file “rpm” dan “gnorpm” pada RH6.0. Gunakan utility ini untuk melihat paket-paket yang terinstall pada komputer anda. Program yg belum terinstall terlihat pada RedHat CD anda dan informasi ditampilkan tentang hal itu, dan lakukan instalasi jika diinginkan (harus melalui root).

Global Resource Sharing Penggunaan perangkat keras secara bersama-sama oleh semua prosesor yang ada.

Global Search Pencarian dengan cepat semua file yang memiliki nama dengan satu kata atau beberapa karakter yang sama.

Global Search and Replace Fungsi yang berguna untuk penyuntingan teks dalam program pengolah kata. Teks akan dianggap sebagai kombinasi karakter dan masing-masing kombinasi akan diganti dengan karakater lain yang telah ditetapkan oleh pengguna.

Global Variabel, Variabel yang akan tetap dikenali oleh program di manapun program tersebut berada, karena bukan merupakan variabel dalam satu blok tertentu.

Globally Administered MAC Addressing Teknik pengalamatan stasiun LAN, MAC memberi alamat dengan panjang 48 bit dan nilai alamat unik.

Glossary Daftar istilah berikut penjelasan pengertian istilah-istilah tersebut.

GNOME (GNU Network Object Model Environment) adalah bagian proyek GNU dan merupakan software open source. GNOME adalah sistem desktop yang mirip Windows yang dijalankan pada UNIX dan sistem lain yang serupa dengan UNIX, GNOME dapat dijalankan pada Linux, FreeBSD, IRIX dan Solaris. Tujuan utama GNOME adalah menyediakan tampilan desktop yang user-friendly.

GNI (GNU’s not UNIX) adalah sistem software yang kompatibel dengan UNIXyang dikembangkan oleh Free Software Foundation (FSF). Software ini dapat didownload, dimodifikasi, dan didistribusikan kembali. Proyek GNU dimulai pada 1983 oleh Richard Stallman dari Massachusetts Institute of technology. Sistem Linux didasarkan pada software GNU, dan pada awalnya sistem GNU menggunakan kernel Linux kernel. Namun kemudian, FSF mengembangkan kernel baru yang disebut HURD untuk menggantikan kernel Linux pada system GNU.

GNU adalah singkatan rekursif dari GNU’s Not Unix!. GNU adalah sistem operasi yang dapat diperoleh dengan gratis dan dikembangkan untuk menggantikan Unix. GNU Manifesto dipublikasikan pada Dr. Dobb’s Journal terbitan bulan Maret 1985. Namun, proyek ini dimulai satu setengah tahun sebelumnya ketika Richard Stallman berusaha mendapatkan dana untuk editor Emacs. Emacs dan kompilator GNU C, gcc, adalah dua alat bantu yang dirancang pada proyek ini. Software GNU bisa didapatkan dari banyak situs arsip GNU.

Go Back N, Metode kendali urutan pada protokol Data Link Control (DLC) dengan cara mengirim secara terus menerus data dan sinyal kendali. Apabila terdapat satu blok yang terganggu maka blok data tersebut dan blok selanjutnya akan kembali dikirim ulang.

Google Nama search engine di Internet.

GOCA (Graphics Object Content Architecture) Sebuah dokumen berformat IBM yang berisi campuran antara grafik dan teks.

Gopher Suatu sistem informasi berbasis menu dalam Internet yang populer karena kemampuannya berhubungan dalam situs gopher yang lain dalam menu yang sama. Gopher adalah aplikasi yang dikembangkan di University of Minnesota untuk membantu mengatur file di Internet. Gopher mencari dan memanggil kembali direktori informasi si Internet berdasar subyek (subject based). Nama Gopher diambil dari nama maskot tim sepakbola sekolah. Sistem penampilan dan pengaksesan informasi di internet yang disusun secara hirarkis dan tersruktur sehingga mempermudah pemakai untuk mencari dan mendapatkan informasi yang diinginkannya. Konsep sistem WWW yang populer saat ini.sistem Gopher yang ada di internet adalah unik, karena masing-masing dibuat oleh mereka yang mengoperasikan host yang bersangkutan. Bila anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Gopher ini melalui Internet, lakukan telnetting ke salah satu alamat ini : consultant.micro.umn.edu uxl.cso.uiuc.edu lakukan log-in sebagai Gopher.

Goraud Shading Grafik 3-D, sebuah teknik yang dikembangkan oleh Henri Gouraud pada awal tahun 1970. Teknik ini menampilkan kesan gelap terang dari sebuah permukaan objek dengan memperhitungkan warna dan penyinaran dari tiap sudut segitiga. Gouraud shading adalah metode rendering sederhana jika dibandingkan dengan Phong shading. Teknik ini tidak menghasilkan efek shadow dan refleksi.

Gouraud shading Pada grafik 3D, poligon yang membentuk citra perlu diwarnai sehingga terlihat dengan baik. Gouraud shading adalah salah satu proses yang menggunakan algoritma tertentu untuk membuat gradasi warna. Pewarnaan (shading) ini dapat digunakan pada games.

GOTO Perintah dalam bahasa pemrograman untuk melompat ke instruksi yang disebutkan setelah pernyataan GOTO tersebut.

Government OSI Profile (GOSIP) Sub jaringan standar OSI yang ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat, tujuannya untuk memaksimalkan pemakaian produk OSI.

GPIB (General Purpose Interface Bus) Bus yang memenuhi standar industri IEEE-488 yang dapat digunakan untuk merk-merk lain.

GPRS (General Packet Radio Service) Layanan komunikasi berbasis paket, tanpa kabel sebagai media komunikasi. Layanan ini diperuntukkan bagi komputer jinjing (notebook). Dasar dari GPRS adalah komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Kecepatan yang ditawarkan mulai dari 56 Kbps sampai dengan 114 Kbps, memungkinkan untuk mengakses Internet dengan lebih cepat. – GPRS (General Packet Radio Service) adalah standard komunikasi nirkabel yang bekerja pada kecepatan 150 kilobit per detik. Sistem GSM (Global System for Mobile Communications)hanya mampu mengirimkan data sampai 9,6 kilobit per detik. GPRS yang mendukung berbagai bandwidth ini, adalah cara yang efisien untuk memanfaatkan bandwidth yang terbatas, khususnya untuk mengirim dan menerima data yang banyak, seperti e-mail dan sewaktu melakukan browsing Web.

GPS (Global Positioning System ) adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit. Dengan menggunakan tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging). Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.

Graceful Degradation Pemrograman untuk menghindari kegagalan sistem, yaitu dengan cara tetap mengijinkan perangkat keras beroperasi meski dalam keadaan yang tidak layak.

Graph Struktur graph dapat mengandung perulangan tertutup, rings dan percabangan ganda serta trees, mirip dengan daftar sequential biasa. Graf (graph) adalah himpunan simpul yang dihubungkan oleh sisi-sisi. Setiap simpul disebut vertex atau node.

Graph (graf) berarah (directed graph) adalah graf dimana sisi yang menghubungkan simpul-simpulnya mempunyai arah atau simpul-simpulnya dalam urutan tertentu. Dengan demikian perpindahan dari sebuah simpul ke simpul lain ditentukan oleh arahnya. Hal ini dapat diasosiasikan dengan jalan raya yang menghubungkan dua kota. Terdapat jalan raya yang satu arah atau dua arah.

Graph (graf) berbobot (weighted graph) adalah graf yang sisinya mempunyai bobot yang dinyatakan dalam angka. Bobot pada sisi dalam menyatakan banyak hal. Sebagai contoh, penggunaan graf untuk menggambarkan kota-kota dalam sebuah wilayah geografis, bobot dapat berupa jarak antara dua kota yang dinyatakan sebagai simpul.

Graph (graf) tak-berarah (undirected graph) adalah graf yang sisi-sisinya tidak mempunyai arah atau simpul-simpulnya tidak terurut. Dengan demikian, setiap simpul dapat dicapai dari seberang simpul lain yang bertetanggaan dengannya.

Graphical Design Teknik untuk memperoleh data yang diolah dalam rangkaian semi konduktor dengan memakai grafik yang akan menggambarkan hubungan antara dua variabel.

Graphic Card Sebuah card yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komputer dalam menampilkan grafik di layar monitor.

Graphic Character Karakter yang lebih sering dibentuk dalam format grafik daripada sebagai karakter kendali.

Graphic Display Program Program komputer yang dirancang khusus untuk menampilkan informasi di layar monitor secara grafis.

Graphic Job Processing Sistem operasi komputer yang mengijinkan pemasukan informasi tugas dilakukan melalui monitor jarak jauh.

Graphic Mode Mode tampilan layar monitor dengan cara membagi monitor menjadi sejumlah titik yang dinamakan pixel. Semakin banyak jumlah titik dalam layar berarti gambar akan semakin halus dan tajam.

Graphic Panel Alat penunjuk kemajuan suatu proses komputer yang sedang dikerjakan, ditampilkan secara grafis.

Graphic Tablet Alat untuk memasukkan informasi secara grafis, yaitu dengan menggambar di atasnya menggunakan stylus. Koordinat posisi stylus nanti dikirimkan secara periodik ke komputer sehingga data dapat ditampilkan sebagai citra (image) dan dapat disimpan atau dimanipulasi lebih lanjut.

Graphics Meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan komputer, berbentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkan pencitraan dalam sejumlah pixel, dan printer dot matrix akan mencetak citra/gambar tersebut dalam sejumlah titik.

Graphic Solution Teknik pemecahan persoalan menggunakan alat bantu komputer yang lebih menitikberatkan pada data grafik daripada dengan karakter.

Greeking Perkiraan ukuran tampilan layer yang digunakan oleh keseluruhan karakter teks, lazim digunakan oleh word processor dalam fungsi preview.

grep Mencari isi dari file text.

Grid Titik-titik dalam form yang berfungsi sebagai pemandu programmer dalam mengatur posisi dan ukuran komponen saat proses perancangan antarmuka suatu aplikasi program menggunakan bahasa pemrograman berbasis pixel.

Gridlines Dalam lingkungan sistem operasi Windows berarti fasilitas garis bantu.

groupware adalah software yang dirancang untuk mendukung grup yang bekerja pada sebuah tugas/proyek bersama. Groupware menyediakan mekanisme yang membantu pengguna berkoordinasi dan mengikuti proyek yang sedang dikerjakan. Groupware memungkinkan pengguna bekerja bersama melalui komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi yang didukung komputer. Biasanya, groupware mendukung operasi-operasi berikut: *Penjadwalan pertemuan dan alokasi sumberdaya. *e-mail. *proteksi password untuk dokumen. *utilitas telepon. *surat kabar elektronik. *distribusi file. Lotus Notes, Team Talk, and Microsoft NetMeeting adalah beberapa contoh produk groupware.

Grosh’s Law Hukum yang menjelaskan bahwa kemampuan pengolahan data suatu komputer sebanding dengan kuadrat biaya yang dikeluarkan.

Gross Index Indeks pertama yang akan digunakan untuk membangun akses ke record.

Ground-up Read Only Memory Memori Read Only (ROM) yang dibuat mulai dari bawah menuju ke atas.

Group Field yang mempunyai beberapa hubungan penting ataupun sekelompok redord dalam file yang mempunyai kunci.

Group Address Alamat MAC yang bit awalnya bernilai ‘1’ sebagai tanda pengenal sebuah group tertentu dari sejumlah stasiun.

GroupBox Sebuah komponen yang disediakan bahasa pemrograman visual untuk menempatkan kontrol-kontrol yang berhubungan ke dalam suatu form pada saat proses perancangan aplikasi program. Misalnya pengelompokan beberapa kontrol radiobutton atau checkbox.

Group Code Memeriksa pengelompokkan sandi untuk menguji apakah proses transmisi antarterminal tidak mengandung kesalahan.

Grouped Coded Record Metode penulisan data dengan 8 track data dan 1 parity track. Parity track dipakai sebagai pendeteksi dan pengoreksi kesalahan bit.

Grouped Record Dua atau beberapa record yang diletakkan bersama-sama dan dikenal oleh kunci tunggal. Tujuan dari pengelompokkan record ini adalah untuk menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat waktu pengaksesan.

Group Indicate Mencetak informasi dari record pertama saja di setiap kelompoknya.

Grouping Cara membagi data menjadi kelompok-kelompok yang saling berkaitan dan memiliki ciri yang sama.

Grouping of Records Metode untuk menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat waktu pengaksesan dengan cara mengelompokkan beberapa record tertentu.

Group Mark Karakter pemberi sinyal sebagai tanda awal dan akhir dari suatu blok data.

Group Separator Salah satu karakter kendali dalam transmisi data, berfungsi untuk memisahkan beberapa kelompok record.

Groupware Perangkat lunak yang memberi dukungan pada pengguna jaringan LAN untuk menggunakan obyek secara bersama.

GSM (Global System for Mobile Communication) Seluler digital atau standar PCS yang digunakan di seluruh dunia. GSM merupakan standar yang paling banyak digunakan di Eropa dan Asia Tenggara. – GSM (Global System for Mobile Communications) adalah standard yang digunakan untuk komunikasi seluler yang banyak digunakan di Asia dan Eropa. GSM pertama kali diperkenalkan pada 1991 dan sekarang layanan GSM tersedia di lebih 100 negara di dunia. GSM menggunakan narrowband TDMA yang memungkinkan delapan panggilan telepon secara simultan pada frekuensi radio yang sama.

Guaranted Delivery Service Layanan pengiriman paket data yang dijamin lapis atau sublapis tertentu dalam model OSI.

Guard Signal Sinyal yang digunakan dalam proses pengubahan data digital ke analog atau sebaliknya untuk menghindari kesalahan yang membingungkan.

Guestbook Fasilitas interaktif dalam sebuah halaman web yang mengizinkan pengunjungnya untuk menulis pesan.

GUI (Graphical User Interface) User interface yang didasarkan pada grafik. Termasuk dalam GUI adalah icons, pulldown menus dan mouse. GUI dapat dikatakan sebagai cara standar yang umum dipakai oleh pengguna komputer untuk berinteraksi dengan PC-nya. Tiga GUI utama adalah Windows, Macintosh dan Motif.

Guidance for Users of Integrated Data Processor Equipment) Petunjuk bagi pengguna peralatan pengolahan data terpadu.

Guide Edge Panduan penentuan sisi dari kertas cetak atau media lain untuk meratakan letak obyek yang akan dicetak.

Gutter Dalam lingkungan pengolah kata, pilihan ini digunakan untuk memberi jarak pada kertas sebagai lipatan penjilidan buku. Dalam dunia hacker atau underground orang-orang yang menjadi hacker biasanya akan melalui tahapan-tahapan. Tahapan-tahapan tersebut adalah: 1. Mundane Person Tingkatan paling bawah. Seseorang pada tingkatan ini pada dasarnya tidak tahu sama sekali tentang hacker dan cara-caranya, walaupun ia mungkin memiliki komputer sendiri dan akses Internet. Ia hanya tahu bahwa yang namanya hacker itu membobol sistem komputer dan melakukan hal-hal yang negatif (tindak kejahatan). 2. Lamer Seseorang pada tingkatan ini masih dibingungkan oleh seluk beluk hacking karena ia berpikir bahwa melakukan hacking sama seperti cara-cara warez (dalam dunia underground berarti menggandakan perangkat lunak secara ilegal). Pengetahuannya tentang hal-hal seperti itu masih minim, tapi sudah mencoba belajar. Seseorang pada tingkatan ini sudah bisa mengirimkan trojan (yang dibuat orang lain) ke atau pada komputer orang lain ketika melakukan obrolan pada IRC atau ICQ dan menghapus file-file mereka. Padahal ia sendiri tidak tahu persis bagaimana trojan bekerja. Seseorang yang sukses menjadi hacker biasanya bisa melalui tahapan ini dengan cepat bahkan melompatinya. 3. Wannabe Pada tingkatan ini seseorang sudah mengetahui bahwa melakukan tindakan hack itu lebih dari sekedar menerobos masuk ke komputer orang lain. Ia lebih menganggap hal tersebut sebagai sebuah filsafat atau way of life. Akhirnya ia jadi ingin tahu lebih banyak lagi. Ia mulai mencari, membaca dan mempelajari tentang metode-metode hacking dari berbagai sumber. 4. Larva Juga dikenal dengan sebutan newbie. Pada tingkatan ini ia sudah memiliki dasar-dasar teknik hacking. Ia akan mencoba menerobos masuk ke sistem orang lain hanya untuk mencoba apa yang sudah ia pelajari. Meskipun demikian, pada tingkatan ini ia mengerti bahwa ketika melakukan hacking ia tidak harus merusak sistem atau menghapus apa saja jika hal itu tidak diperlukan untuk menutupi jejaknya. 5. Hacker Sebenarnya sulit untuk mengatakan tingkatan akhir atau final dari hacker telah tercapai, karena selalu saja ada sesuatu yang baru untuk dipelajari atau ditemukan (mengumpulkan informasi dan mempelajarinya dengan cermat merupakan dasar-dasar yang sama bagi seorang hacker) dan hal tersebut juga tergantung perasaan (feeling). Meskipun demikian, menjadi seorang hacker memang lebih menjurus pada hal pemikiran. Hacker dengan Keahlian khusus Seorang hacker dapat mencapai pengalaman dan keahlian pada bidang-bidang tertentu seperti sistem operasi atau sebuah Aplikasi. Dalam hal ini ada dua tingkatan, yaitu : 1. Wizard Istilah ini diberikan pada seseorang yang telah memiliki pengetahuan luas dibidangnya. Kemampuannya tersebut tidak diragukan lagi. 2. Guru Istilah ini digunakan pada seseorang yang mengetahui semua hal pada bidangnya, bahkan yang tidak terdokumentasi. Ia mengembangkan trik-trik tersendiri melampaui batasan yang diperlukan. Kalau bidangnya berkaitan dengan aplikasi, ia tahu lebih banyak daripada pembuat aplikasi tersebut. Karakter hacker yang bersifat merusak, yaitu: 1. Dark-side Hacker Istilah ini diperoleh dari film Star Wars-nya George Lucas. Seorang Dark-side hacker sama seperti Darth Vader (tokoh dalam film Star Wars) yang tertarik dengan kekuatan kegelapan. Hal ini tidak ada hubungannya dengan masalah “baik” atau “jahat” tapi lebih kepada masalah “sah (sesuai hukum yang berlaku)” dan “kekacauan”. Seorang Dark-side hacker punya kemampuan yang sama dengan semua hacker, tapi “sisi gelap” dari pikirannya membuat ia menjadi unsur berbahaya untuk semua komunitas. 2. Malicious Hacker Istilah untuk menyebut seseorang yang merusak sistem orang lain untuk sekedar iseng (tidak merasa bersalah) tanpa memperoleh apa pun dari tindakannya tersebut.

| 0..9 | A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z | Download

Leave a Reply

Your email address will not be published.