Ingatkan Hati dari Lima Perkara

Ingatkan Hati dari Lima Perkara

Dengan tulisan ini berharap menjadi salah-satu daya dan upaya mencapainya “kesadaran dan kebersihan hati” yang senantiasa cemerlang. Jika tulisan sebelumnya mencontohkan dengan cerita plus pelakon tanpa nama alias hanya menggunakan inisial saja dapat membuat bingung yang membaca, maka kali ini tidaklah demikian. Kali ini tidak mencontohkan siapapun secara abstrak.

Beberapa tahun kebelakang terjadilah peristiwa yang membuat hati mejadi rapuh manakali terjadi sesuatu hal yang tidak dibayangkan sebelumnya, dan tentu saja hal tersebut sangatlah tidak diinginkan oleh siapapun. “Musibah” itulah sebutannya. Jika sang “musibah” hadir pertanda pengujian Sang Maha kuasa terhadap ummatnya, peran hati sangatlah penting dalam mengembalikan dan menjaga keseimbangan hidup yang sedang goyah. Oleh karena itu dituntut untuk senantiasa berusaha melampaui ketidak-kokohan hati dan menghindari keputus-asaan yang nampak didepan mata. Hanya dengan lima perkara menolak makna untaian kata sang penyair;  “Hawa nafsu itu mendatangiku sebelum aku mengenalnya. Dia menemukan hati yang kosong, maka diapun menempatinya.”

Akhir-akhir ini banyak sekali musibah yang terjadi, mungkin salah-satunya akibat ulah manusia yang tidak berpikir sehat. Begitu juga yang dihadapi, meski tidaklah sedahsyat ujian yang diberikan kepada saudara-saudara yang lain yang terkena bencana yang cukup besar, kali ini tantangan hidup yang pernah nampak terdahulu datang kembali, “Serupa tapi tak sama” sebenarnya itulah yang mungkin cocok sebagai perumpamaanya. Oleh karena itu, berharap hati senantiasa ingat lima perkara, yakni;

Senantiasa bersabar

Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda;

“Seseorang itu tidak pernah dikaruniai sesuatu yang lebih baik dan lebih luas manfaatnya daripada kesabaran.”

Bagi orang yang telah tertimpa musibah tidak ada obat untuk itu semua kecuali dengan kesabaran. Bersabar bak menanggung pahitnya obat, memang itu merupakan sesuatu yang paling sulit. Namun, tidak ada yang lebih bermanfaat jika menghadapi kondisi yang tidak diinginkan selain dengan kesabaran tsb. Jika hati dapat merasakan manisnya keselamatan, maka menjadi ringanlah pahitnya kesabaran itu. Semoga hati senantiasa bersabar untuk tidak melakukan perkara yang tidak diridhai Allah, berharap selamat dari musibah yang lebih besar.

Berdo’a

Senantiasa memperbanyak mohon perlindungan dan merendahkan diri dihadapan Allah, Dzat yang Maha Mengabulkan permohonan orang yang dalam kesulitan dari setiap doanya, memohon agar Allah memalingkan musibah lainnya yang serupa ataupun tidak. Bagaimanapun, tidak ada daya dan kekuatan serta kemampuan kecuali dengan pertolongan-Nya.

Keikhlasan hati

Berharap menjadi seorang hamba yang ikhlas kepada Allah, sehingga senantiasa berpaling dari perkara-perkara yang haram. Sadar dalam keikhlasan hati terhadap kejadian yang telah terjadi karena ikhlas merupakan obat yang disebutkan Allah di dalam kitab-Nya.

Memperbanyak puasa

Senantiasa ingat dan melaksanakan puasa. Sadar bahwa dengan berpuasa akan menyebabkan hawa nafsu dapat terkendali.

Tidak menceburkan diri kedalam fitnah

Sadar sebagai hamba yang bersifat lemah serta menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang dapat dijadikan sebagai sarana melepaskan diri dari keburukan selain dengan menjauhi sebab-sebabnya dan hal-hal yang dianggap akan menjerumuskan ke dalamnya.

“Sesungguhnya kesalahan dan dosa itu bagi hati seperti kayu yang dapat menyalakan api dan menjalarkannya. Oleh karena itu, setiap kali kesalahan dan dosa itu bertambah banyak, maka api nafsu yang ada di dalam hati akan semakin besar.”

Dengan lima perkara itulah didalam hati berharap masih ada kehidupan, memohon keselamatan dari setiap penyakit dan musibah kepada Allah Yang Maha hidup, Sang Pemilik keagungan dan kemuliaan. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa. Semoga masih bisa menjalankan sisa-sisa kesempatan hidup yang masih diberikan, amin.

50 Responses to Ingatkan Hati dari Lima Perkara

  1. Andhika says:

    ingat lima perkara..sebelum lima perkara

    -Demi Masa-

  2. iLLa says:

    trima kasih untuk postingan ini. Sangat mengena dengan kondisi sayah saat ini.. (worship) keep posting kang, dan menebar ilmu yg bermanfaat untuk semuanya :)

  3. DV says:

    Meski saya bukan muslim, tapi tulisan ini menyejukkan hati.
    Terimakasih….

  4. Deka says:

    Menarik sekali kang, tapi tidak semudah omongan atau tulisan dengan penerapannya.

  5. and1k says:

    betul banget tuh mas.

    salam kenal

  6. mamah aline says:

    postingan ini sangat mengena untuk kondisi jaman saat ini, memberi pencerahan secara lugas, makasih ya

  7. aliaz says:

    semoga saja aku selalu menjaga ke-lima perkara tersebut. amin.

  8. senny says:

    sayang prakteknya susah aja

    • kips says:

      Hal tsb sangat benar adanya, kita mencoba tetap menanamkan semangat untuk senantiasa berikhtiar saja, mengenai hasil akhirnya kita serahkan aja sama yang Maha kuasa. Yuk kita semangat (rock)

  9. katakataku says:

    walopun mudah namun dalam prakteknya (untuk rutinitas) itu sangat sulit dilakukan, dimana memang hati dan pikiran saya selalu berubah tak menentu tiap menitnya (doh) dan kalo memang sepeti itu keadaanya maka perlu adanya kekhusuan diri antara kita dengan Yang Di Atas untuk lebih memantapkan dan membentengi diri ini berada di lingkungan masyarakat sekitar (yg negatif) TLM

    • kips says:

      Tah muhun eta *rutinitas* leres pisan nu sesah mah, upami sakali-kali mah piraku deui nya kasep. Maksad pribados oge mugi-mugi abdi teh teu hilap kana eta perkara tur nyuhunkeun dipaparinan emut teras ka Gusti Nu agung :-D

  10. kyra.curapix says:

    hehe,,aku nyasar lagi,,,,wehehe

  11. kabol says:

    sejuk dihati mudah di mengerti semoga dapat menjaga ke 5 haltersebut (dance)

  12. hanif says:

    wah, sebagai membangkit semangat lagi dengan menambah iman lagi. thx atas artikelnya… mampir dulu disini.

  13. bri says:

    salam pagii met pagii :-D ..artikelnya bkn jadi semangat..yes semangat^^

  14. queen says:

    semoga BISA..!!! (rock)

  15. heLga Gaga says:

    insyaAllah gue bakal ngelakuian salah satu sari lima perkara diatas
    tengkyu buat infonyaaaa

  16. neo_is_bad_boy says:

    mantap gan….

  17. heru says:

    bacanya gampang buat nerapinya itu yang berat :(

    • kips says:

      Iya, dengan seringnya teman mengingatkan berharap menambah semangat untuk tetap berikhtiar, semoga banyak tmn yg ikhlas untuk saling mengingatkan, amin. (worship)

  18. Omiyan says:

    Amin mas..semoga

  19. and1k says:

    wah mampir lagi nih mas

    • kips says:

      Terima kasih, mohon maaf belum bisa mampir balik. Kebetulan lg ada urusan yg harus segera diselesaikan jadinya belum sempet ngeblog & blogwalking.

      Untuk semuanya, mohon maaf ya (worship)

  20. Ridu says:

    alhamdulillah nyasar ke sini dapet ilmu.. makasih ya kang.. (worship)

  21. heLga gaga says:

    kapan apdet lagi bang?

  22. dhodie says:

    Perbanyak puasa… buetuull banget. Menjadikan kita lebih bisa menahan hawa nafsu.

    *kang, jamaah bareng di masjid yuk* (goodluck)

  23. Poppy lasmayati says:

    Right:-)

  24. anza says:

    blog ini luar biasa
    artikelnya berkualitas dan inspiratif saya sangat suka dengan blog agan
    menarik, enak bacanya dan bermanfaat
    mantap gan.. saya penggemar agan salam kenal and salam sukses
    ditunggu update terbarunya

    • kips says:

      Hehe.. agan bisa aja nih (blush)
      Syukur alhamdulillah kl masih terselip setitik makna dalam gubuk butut ini, amin! (worship)
      Salam kenal kembali dan salam hangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *