Category Archives: Health

Makanlah Apel dengan kulitnya

Makanlah Apel dengan kulitnya

Rasanya hampir semua orang suka makan-buah-buahan, misalnya jambu, belimbing, pisang, sawo, dan lain-lain. Kalau pun ada yang tidak menyukainya, biasanya hanya pada beberapa buah tertentu saja. Berbagai buah-buahan memang memiliki daya tarik dan rasa yang beragam. Dari keaneka-ragaman tersebut mampu mencukupi kebutuhan berbagai nutrisi, vitamin serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak terkecuali dengan buah apel, manfaatnya sudah populer sabagai buah yang sangat membantu dalam kiat menjaga kesehatan dan bahkan untuk mecegah penyakit. Makanlah Apel dengan kulitnya!

Apel atau Malus domestica adalah buah yang pada awalnya berasal dari Asia Tengah, seiring dengan perkembangannya saat ini sudah tersebar keseluruh belahan dunia.  Apel merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel yaitu kalori, Vitamin A, Vitamin C, zat besi, kalsium, lemak, protein, air, dan lain-lain.

Tentang Emas dan Laki-laki

Tentang Emas dan Laki-laki

Emas, salah satu bentuk benda berharga yang tidak diharamkan namun dilarang dalam sebagian penerapannya. Salah-satu contoh pada kaum pria sebagai subjek penggunanya. Seperti kita ketahui, sekarang banyak dijumpai barang-barang perhiasan untuk lelaki yang terbuat atau mengandung unsur emas. Diantaranya jam tangan, kaca mata, kalung, cincin dan sebagainya hingga beberapa pria memakai perhiasan emas ditubuhnya. Sedangkan pada umumnya emas itu sendiri merupakan perhiasan yang sering dikenakan oleh kaum hawa guna menimbulkan suatu kesan cantik, menawan dan mewah dikala seorang wanita memakainya. Tentang Emas dan Laki-laki!

Dalam Islam, emas sebenarnya tidak boleh digunakan oleh kaum pria. Nabi Muhammad SAW dalam suatu hadist mengatakan “emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria” (HR. An Nasai dan Ahmad).

Manis Terasa dalam Wajah yang Kurang Menggoda, Sawo

Sawo2 Dari perjalanan kecil saat menjenguk kerabat. Diperjalanan nampak berjajar penjaja buah dimana si penjual baru saja menatanya. Dan teringat keponakan yang lagi mengandung dan menginginkan buah tersebut hingga hati meniatkan diri mampir sejenak untuk membelinya.

Saat meminta si penjual memilihkan buah yang bagus, tanpa sengaja telapak tangan menempel diperut. Bukan menahan untuk memakan buat yang ada namun perut terasa sedikit melilit. Maklum beranjak kembali masih pagi sekali, tak sempat sarapan dan perut baru terisi secangkir kopi. Dan, entah menduga-duga dengan tanpa sengaja si penjual buah melihat sesaat saya memegang perut, menuturkan bahwasannya buah yang masih mentah atau setengah matang dari buah yang sedang dibeli itu merupakan obat sakit perut. Lalu spontan sipenjual buah menyodorkan 1 biji yang belum matang untuk dicicipi. Dan, hadeuh.. rasanya sepet, keset dan gak enak pastinya. Cuma satu dua gigit saja dan tak berlanjut (LOL)

Keistimewaan Ungu, Kulit Buah Manggis

Buah ManggisAwalnya kurang tertarik dengan namanya buah manggu alias buah manggis. Seperti terjadi pada beberapa buah yang bergetah, ketidak tertarikan itu bukanlah terletak pada rasa buahnya melainkan malas mengupas buah tersebut karena selain dari kulitnya yang cukup tebal juga warna ungu dari kulitnya itu yang sering membuat belepotan. Namun, akibat seringnya melewati dan melirik beberapa penjual buah dalam beberapa mobil bak disekitar tempat tinggal akhirnya tertarik juga untuk meraihnya “membeli bukan mengambil atau meminta”. :-D

Usut punya usut, beragam manfaat terkandung dalam buah manggis. Tidak mau kalah dengan buah-buahan lainnya yang memiliki manfaat selain dari buahnya, daunnya atau biji buahnya, buah manggis memiliki manfaat lain dari kulit buahnya yang berguna bagi kesehatan. Buah yang bernama latinnya Garcinia Mangostana memiliki kulit buah yang berwana ungu pekat dan rasa buahnya yang manis menyegarkan. (mmm)

Sahur Sehat Membuat Saum Kuat Hingga Tamat

Sahur Sehat

Tak terasa waktu bergulir begitu cepatnya, perasaan baru kemarin mulai berpuasa tapi nyatanya sudah berada di 10 hari babak ketiga atau terakhir puasa pada ramadhan kali ini. Tidaklah lain, hal tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa betapa betahnya menjalani hidup ini. Syukur alhamdulillah nikmat yang diberikan-Nya tercurah dengan berkah-Nya pula. (worship)

Selain tentang kewajiban dan pahalanya, secara riil dengan berpuasa merupakan bentuk melatih diri tentang kedisiplinan hidup, disiplin dengan senantiasa menerapkan etika dan moral dalam berprilaku, disiplin mengatur pola makan hingga menjaga keseimbangan secara fisik, dan lain-sebagainya. Khusus berkaitan dengan pola makan, rasanya beragam tips berbuka puasa dan sahur sehat sudah banyak sekali diulas diberbagai media. Kontretan ini hanyalah curhatan belaka, manakala pernah merasakan sekali waktu berrpuasa pada beberapa tahun silam tanpa sahur karena kesiangan. Bukan berarti tidaklah kuat berpuasa karena nyatanya alhamdulillah dapat dilalui dengan semestinya. Namun, jujur rasanya kurang afdol dan juga rasa lemes sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sahur terlebih dahulu itu tetap ada.  (haha)