Makanlah Apel dengan kulitnya

Makanlah Apel dengan kulitnya

Rasanya hampir semua orang suka makan-buah-buahan, misalnya jambu, belimbing, pisang, sawo, dan lain-lain. Kalau pun ada yang tidak menyukainya, biasanya hanya pada beberapa buah tertentu saja. Berbagai buah-buahan memang memiliki daya tarik dan rasa yang beragam. Dari keaneka-ragaman tersebut mampu mencukupi kebutuhan berbagai nutrisi, vitamin serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak terkecuali dengan buah apel, manfaatnya sudah populer sabagai buah yang sangat membantu dalam kiat menjaga kesehatan dan bahkan untuk mecegah penyakit. Makanlah Apel dengan kulitnya!

Apel atau Malus domestica adalah buah yang pada awalnya berasal dari Asia Tengah, seiring dengan perkembangannya saat ini sudah tersebar keseluruh belahan dunia.  Apel merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel yaitu kalori, Vitamin A, Vitamin C, zat besi, kalsium, lemak, protein, air, dan lain-lain.

buah-apel-hijauBuah Apel memiliki banyak manfaat, baik daging buah maupun kulitnya sama-sama mengandung nilai gizi dan manfaat yang tak terduga.  Oleh karena itu, sebaiknya apel (yang telah dicuci dengan bersih) dikonsumsi beserta kulitnya. Bukan semata-mata untuk mengenyangkan perut dengan memakan buah apel beserta kulitnya, toh kulitnya pun tidak seberapa tebal. Hal tersebut baik dilakukan karena beberapa bagian ditubuh bisa mendapatkan manfaat lebih dari kulit apel, yakni:

  • Bermanfaat bagi jantung. Adanya kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel, senyawa yang mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri.
  • Bermanfaat bagi mata. Kulit apel dikatakan dapat mengurangi risiko katarak hingga baik untuk dikonsumsi setiap hari bersama kulitnya demi menjaga kesehatan mata.
  • Bermanfaat bagi otak. Quercetin dalam kulit apel dapat melindungi sel otak dari kerusakan dan mencegah hilangnya ingatan. Peningkatan konsentrasi dan mencegah ancaman kelupaan juga bisa didapatkan karena apel.
  • Bermanfaat bagi paru-paru. Kandungan dalam kulit apel yang disebut quercetin juga berperan penting dalam membantu paru-paru berfungsi dengan baik, dapat diartikan mengkonsumsi buah apel dengan kulit bisa menyehatkan sistem pernapasan.
  • Bermanfaat bagi tulang. Kalsium dalam kulit apel membantu menjaga kesehatan tulang.

Yang termuat diatas terkait dengan keberadaan manfaat kulit buah apel yang cukup baik untuk dikonsumsi, selain dari manfaat daging buah apel tentunya. Dan menurut berbagai sumber, jika mengkonsumsi apel secara rutin banyak sekali manfaat yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Selain dari yang sudah disebutkan diatas, juga bermanfaat mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol, mencegah gangguan pencernaan pada usus, mencegah diare dan sembelit, mengurangi resiko serangan kanker, menyehatkan rongga mulut dan gigi, memberikan perlindungan pada tulang, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, dan lain sebagainya. Wallahu A’lam Bishawab.

31 Responses to Makanlah Apel dengan kulitnya

  1. baru tahu nih banyak manfaat dari makan kulit apel, sejauh ini klau makan apel ya di kupas kulitnya, Nice Post

  2. Adi Pradana says:

    Saya biasa makan apel tanpa dikupas, tapi sebelumnya dibersihkan dahulu…

  3. terima kasih telah berbagi info
    salam kenal dan salam sukses

  4. Heryan Tony says:

    ternyata banyak sekali manfaat buah apel. semoga harganya tak naik lagi, dan bisa lebih murah :)

  5. Elangg says:

    kebetulan banget, saya paling nggak suka makan apel kalo kulitnya dikupas :)

  6. Susindra says:

    Saya jarang mengupas kulit apel. Langsung makan saja. ternyata bermanfaat sekali ya.

  7. klo ane pasti makan apel sama kulitnya karena males ngupasin kulitnya :D

  8. El Nurien says:

    aku kesulitan makan apel dengan kulitnya, tadinya aku paksakan makan dengan kulitnya, mengingat khasiatnya, tapi, akhir2 ini nemu kulit apelnya ada bintik-bintik hitamnya, jadi dih dikupas lagi.. hiks..:(

  9. Kalo makan apel aku sudah terbiasa makan dengan kulitnya sekaligus, alasannya males juga kalo ngulitin apelnya satu2. Ternyata manfaatnya banyak ya, baru tahu juga.

  10. hlga says:

    kalo dibuat sarapan bisa bikin kenyang tuh meskipun gak makan nasi :p

  11. Wah baru tau manfaatnya, padahal selama ini g pernah suka makan apel kalau sama kulitnya. Promo Liburan Murah di Jogja, silahkan mampir ke web!

  12. Sri Wahyuni says:

    Wah banyak bgt ya manfaat apel, terima kasih informasinya, nanti saya akan membiasakan makan buah apel

  13. Aku kalo makan buah apel, biasanya dikupas kulitnya. Sekali-kali saja makan dengan kulitnya, krn kadang ragu2 juga kalo kulit banyak mengandung peptisida, jadinya malah nggak bagus buat kesehatan. Padahal kulit apel banyak khasiatnya ya.

    • kips says:

      Iya, ada baiknya dipilih-pilih aja. Kalau sekiranya kulitnya kurang meyakinkan “kurang baik” mending dikupas aja :-D

  14. Itulah kenapa kalau makan apel pasti langsung aq makan aja hbs dcuci. Tanpa mengupas kulitnya..trnyata banyak manfaatnya ..

  15. wah sayang banget ya kalau di buang kulit apelnya, padahal manfaatnya banyak banget. lagian kan kulit apel gk ada rasa pahitnya kalau dikonsumsi jadi gk masalah ya kang kalau dimakan

  16. Para ilmuwan dari Universitas of Lowa menemukan bahwa kulit apel dan tomat hijau dipercaya dapat membuat kulit tetap awet muda karna didalam kulit apel mengandung senyawa alami yang dapat menunda penuaan dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *