Category Archives: Blogging

Membuat Halaman Blog Tanpa Coding

Membuat Halaman Blog

Beragam plugin yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan fungsinya masing-masing. Namun, seperti yang telah diketahui penggunaan banyak plugin juga kurang baik terhadap web itu sendiri. Setiap blogger harus bisa memilah dan memilih pluggin tertentu saja yang bisa dikaitkan dengan kepentingan masing-masing. Hal tersebut agar tidak memberatkan loading blog tentunya. Dalam hal ini, hanya sekedar iseng untuk mengetahui dan menjajalnya saja :-D Membuat Halaman Blog Tanpa Coding!

Dengan memanfaatkan sebuah plugin yang telah tersedia, membuat halaman pada blog atau situs ternyata cukup mudah. Tanpa perlu koding sudah bisa menampilkan halaman yang menarik dan atraktif. Merupakan suatu hal yang menguntungkan bagi blogger yang hendak membuat suatu halaman dengan tampilan yang berbeda namun tidak begitu menguasai kode CSS dan HTML.

Mengatasi Error Validasi W3C terkait All In One SEO Pack

Mengatasi error validasi w3c

Bukan hal baru, memanfaatkan plugin kerap mendukung tampilan dan kinerja sebuat situs atau blog. Dapat memberikan dampak positif yang sifatnya menguntungkan, namun terkadang tidak jarang juga memunculkan hal yang kurang menyenangkan khususnya berpengaruh pada loading blog. Mengatasi error validasi w3c!

Dalam postingan ini, terkait dengan penggunaan plugin All In One SEO Pack. Jika saja sobat masih menggunakannya, dan ingin mengatasi error validasi W3C “W3C Validation Service” dalam melihat validitas HTML blog akan mendapatkan laporan error yang terbentuk. Error yang ada memang bukanlah masalah besar yang merugikan, namun bagi blogger yang menyukai blognya benar-benar bersih dan terhindar dari HTML dan CSS yang error pastinya selalu diupayakan untuk mengatasinya.

Menghapus Kode Emoji WordPress Tanpa Plugin

Emoji Wordpress

Para kerabat pastinya sudah tahu, bahwasannya pada WordPress rilis 4.2 telah ditambahkan beberapa baris CSS dan kode JavaScript dibagian header sebagai pendukung aplikasi emoji. Menghapus Kode Emoji WordPress Tanpa Plugin!

Emoji adalah pengembangan baru dari smiley alias emoticon yang merupakan ideogram atau smiley 1f604.png, digunakan dalam pesan elektronik dan halaman web. Tersedia pada beberapa perangkat di seluruh dunia mulai dari ponsel sampai PC, dan metode ini bekerja dibeberapa aplikasi, bukan hanya WordPress.

Kode emoji wordpress tersebut seperti dibawah ini:

Mengatasi Broken Link pada WordPress

Mengatasi Broken LinkJauh sebelum adanya beberapa postingan terakhir, sempat merubah template dan menghapus beberapa direktori. Sayangnya, semangat ngeblog saat itu tidak direalisasikan dengan berkelanjutan. Al-hasil, perubahan ulr dari adanya direktori yang dihapus menjadikan banyak link yang terputus dan dibiarkan begitu saja sampai berbulan-bulan. Meskipun tidaklah begitu berpengaruh dengan traffic gubuk butut ini yang hanya tinggal secuil karena bukanlah monetize blog, tapi cukup mempengaruhi semangat menulis  :-)) Mengatasi Broken Link pada WordPress!

Dengan melihat jebloknya kunjungan, memandang betapa pentingnya untuk melakukan redirect pada broken link yang cukup terasa dampaknya. Broken link memang menyesatkan dan merugikan karena tidak menunjuk kepada halaman yang benar-benar ada sehingga search engine termasuk Google mamandang hal ini sebagai masalah yang mengganggu user experience. Dalam konteks link building, link yang seharusnya diperhitungkan sebagai backlink juga lenyap, halaman yang seharusnya memiliki backlink dan mendapatkan ranking yang baik menjadi nihil. Selebihnya berimbas buruk pula dalam hal SEO karena memiliki terlalu banyak broken link.

Menambah Pertahanan dari Serangan Spam

Kotretan ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan postingan lalu tentang keberadaan plugin terkait fungsi dan efek dari penggunaannya. Namun dalam postingan kali ini keberadaan plugin masih dipergunakan, adapun kode yang ditambahkan hanya sebagai pelengkap untuk menambah ketahanan fungsi plugin terkait.

Jauh sebelum menuliskan postingan ini, plugin akismet-lah yang diandalkan untuk menangkal banyaknya spam yang masuk. Namun nyatanya masih saja cukup berderet alias berjubel yang bisa menerobos pertahanan yang ada. Sebagai bukti, spam yang telah masuk sampai diangka 93.679 spam yang telah dikarantina si aki. Saya rasa itu merupakan jumlah yang cukup besar untuk ukuran blog tidak penting ini. Dari itulah, beberapa waktu lalu sempat menjajal penangkal spam tanpa plugin. Namun sayang, fungsinya masih dirasakan belum maksimaSl karena masih saja sering meloloskan spam yang masuk. Dan untuk memaksimalkannya, mencoba dengan memadukan keduanya. Yakni memanfaatkan plugin akismet dan ditambah dengan memberikan math challenge pada kotak komentar. Al-hasil cukup memuaskan karena dapat meminimalisir spam yang masuk, bahkan dapat dirasakan cukup jarang spam yang berhasil masuk.

Adapun kode yang digunakan untuk memperkuat plugin penangkal spam itu cukup sederhana, yakni;