Menambah Pertahanan dari Serangan Spam

Kotretan ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan postingan lalu tentang keberadaan plugin terkait fungsi dan efek dari penggunaannya. Namun dalam postingan kali ini keberadaan plugin masih dipergunakan, adapun kode yang ditambahkan hanya sebagai pelengkap untuk menambah ketahanan fungsi plugin terkait.

Jauh sebelum menuliskan postingan ini, plugin akismet-lah yang diandalkan untuk menangkal banyaknya spam yang masuk. Namun nyatanya masih saja cukup berderet alias berjubel yang bisa menerobos pertahanan yang ada. Sebagai bukti, spam yang telah masuk sampai diangka 93.679 spam yang telah dikarantina si aki. Saya rasa itu merupakan jumlah yang cukup besar untuk ukuran blog tidak penting ini. Dari itulah, beberapa waktu lalu sempat menjajal penangkal spam tanpa plugin. Namun sayang, fungsinya masih dirasakan belum maksimaSl karena masih saja sering meloloskan spam yang masuk. Dan untuk memaksimalkannya, mencoba dengan memadukan keduanya. Yakni memanfaatkan plugin akismet dan ditambah dengan memberikan math challenge pada kotak komentar. Al-hasil cukup memuaskan karena dapat meminimalisir spam yang masuk, bahkan dapat dirasakan cukup jarang spam yang berhasil masuk.

Adapun kode yang digunakan untuk memperkuat plugin penangkal spam itu cukup sederhana, yakni;

  • Buka file comments.php yang berada pada directory thema yang digunakan. Kemudian copy script di bawah ini:

<?php if (!$user_ID) : ?>
<?php $aaa=rand(0,5); $bbb=rand(3,9); ?><?php echo $aaa; ?>+<?php echo $bbb; ?>=
<input type=”text” name=”subab” id=”subab” size=”2″ tabindex=”5″ style=”width:20px” /><?php if ($req) _e(‘(Bisa ngitung gak loe!)’); ?>
<input name=”aaa” value=”<?php echo $aaa; ?>” type=”hidden” />
<input name=”bbb” value=”<?php echo $bbb; ?>” type=”hidden” />
<?php endif; ?>

Paste dan tempatkan kira-kira setelah kode berikut: <input name=”submit” type=”submit” id=”submit” value=” “ dan seterusnya. Script php diatas adalah untuk menampilkan interface math question seperti contoh “1 + 1 = ?”, penempatannya dapat disesuaikan sendiri dengan tema yang dipergunakan. Sampai pada tahap diatas, math question sudah dapat ditampilkan pada tema. Math question akan muncul pada kotak komentar dengan sebuah pertanyaan. Namun fungsinya belum dapat bekerja dengan baik, karena meskipun kita memasukan jawaban yang salah, komentar akan tetap masuk. Hicks

  • Agar math question dapat berfungsi dengan baik. Buka file wp-comments-post.php pada root directory blog, kemudian copy script berikut untuk memverifikasi hasil jawaban dari math question yang ditampilkan di kotak komentar pada tema tadi:

if ( !$user->ID ) {
$aaa = trim($_POST[aaa]);
$bbb = trim($_POST[bbb]);
$subab = trim($_POST[subab]);
if((($aaa+$bbb)!=$subab)|| empty($subab)){
wp_die( __(‘Sorry, wrong answer. Please go back and try again!‘) );
}
}

Paste dan tempatkan script tersebut di bawah kode ini: if ( ” == $comment_content )
wp_die( __(‘Error: please type a comment.’) );

Notifikasi pesan error boleh disesuaikan dengan kata-kata sendiri. Seperti dari contoh diatas tinggal mengubah kata-kata Sorry, wrong answer. Please go back and try again! dengan kata-kata yang diinginkan. Selesai sudah memadukan kedua hal diatas!

9 Responses to Menambah Pertahanan dari Serangan Spam

  1. alamendah says:

    Meskipun gak bisa dipraktekin di blog saya gak ada salahnya ikutan menyimak, ah…

  2. arra says:

    wah agak ribet juga nie saya coba dr tadi, wlau bagi saya masih agak usah tp terus mencoba, maklum newbie,,,
    thanks bos infox,,,

  3. Riz says:

    wah mantap nih trick nya, andai udah punya web,, :D

  4. yadi says:

    kunjungan siang salam kenal gan

  5. Sholihin says:

    Yups betul banget caranya, sudah lama sayat tidak menggunakan plugin si aki. Dulu pakai plugin untuk quis math nya, tapi setelah ada cara seperti di atas dilepas pluginnya.
    Jangan lupa, kalau ada update mayor dari WP untuk kembali tambahkan scriptnya ke wp-comments-post.php hehehe :)

  6. Penyakit Jantung says:

    Terima kasih telah disharing. Sekarang saya jadi pasang dua anti spam : akismet dan math challenge hasil nyontek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *