Category Archives: Religion

Ikhlas dalam Memberi dan Menerima

Ikhlas dalam Memberi dan Menerima

Batapa senangnya lebaran akan tiba! Setelah sebulan penuh berupaya meningkatkan kualitas ibadah dengan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, lebaran menjadi hari istimewa yang sungguh dinantikan. Semua ummat Islam merayakannya. Menikmati ketupat dengan opor ayam yang lezat, memakai pakaian baru yang masih mengkilat, dan berkumpul bersama para kerabat. Bersyukurlah bagi yang dapat merasakan itu semua! Ikhlas dalam Memberi dan Menerima!

Meski demikian, prosentase kebahagiaan itu tidaklah sama. Karena beberapa diantara kita tidak semuanya berada pada kondisi yang sama. Mungkin mereka tak menuntut baju baru, tapi setidaknya mengharapkan pakaian pengganti yang layak. Mungkin mereka juga tak mengangankan makanan super lezat, tapi sedikitnya tersaji makanan dimeja. Dengan adanya kondisi tersebut, untuk meraih kebahagiaan bersama kita semua diingatkan dengan adanya saling ketergantungan yang menuntun manusia untuk dapat saling berbagi.

Menjunjung Tinggi Pedoman Hidup

Pedoman HidupHidup hanya sementara, dan setiap orang hidup tentu saja memiliki pedoman hidup dalam kehidupannya. Dengan pedoman hidup itulah setiap manusia mengontrol segala tindak-tanduk berprilaku sehari-hari hingga semakin teratur, tidak menjalankannya dengan sesuka hati tanpa mengindahkan pedoman hidupnya. Dan, Maha Suci Allah dengan segala kuasa-Nya telah menurunkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup ummat muslim. Mulai dari masalah paling kecil hingga paling besar dalam kehidupan, diatur dengan sangat rinci didalam Al-Qur’an. Ditambah dengan sunnah atau petunjuk dari Rasulullaah Muhammad SAW, memberi penerangan dan pencerahan dalam menjalankan kehidupuan secara ikhlas hingga senantiasa menyadari bahwasannya manusia tidak lebih dari hamba yang sangat kecil dihadapan-Nya. Menjunjung Tinggi Pedoman Hidup!

Memahami, menjunjung tinggi dan menerapkan pedoman hidup tentu menjadi suatu keharusan. Dengan mnedekatkan diri pada pedoman hidup sebagai muslim tiada lain Al-Qur’an, membacanya sekaligus mentadaburinya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari akan mendapatkan manfaat besar. Berikut ini hanya beberapa dari sekian banyak keutamaan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup ummat muslim;

Keutamaan Beberapa Puasa Sunnah

Puasa Sunnah

Puasa merupakan hal yang sangat penting keberadaannya. Selain bagian dari kewajiban ibadah sebagai ummat muslim, dengan menjalankan puasa akan menuai beragam kebaikan didalamnya. Selain dari tujuan utama berpuasa untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta, ternyata banyak manfaat yang dapat diraih. Karena secara terlatih dengan teratur, jasmani atau raga akan lebih mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sementara rohani senantiasa lebih sabar dan mampu menahan hawa nafsu duniawi yang seringkali membuat kita terlena atau bahkan menjerumuskan pada lembah dosa. Keutamaan Beberapa Puasa Sunnah!

Seperti telah tertuang dalam postingan lalu, Renungan tentang puasa! Sesungguhnya, puasa itu sendiri bukan hanya sekedar menahan lapar, menahan haus dan dahaga dari waktu Subuh sampai adzan Maghrib, namun lebih kepada peningkatan nilai-nilai ibadah yang bersanding dengan puasa itu sendiri. Diantanya lebih banyak membaca Al-Qur’an, makin sering menunaikan shalat sunnah disamping shalat wajib yang rutin dikerjakan, lebih mengendalikan amarah dan segala macam hawa nafsu yang merugikan.

Kembali Hati Bersuka-cita, Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdulillahirabbil alamin, meski sedikit mepet rasanya tak salah untuk menyapa kerabat semua disini. Dengan senyuman dan hati yang bersih, mengungkap betapa senang hati masih akan bertemu bulan yang penuh rahmat dan maghfirah Allah SWT esok hari. Kerabat muslim semua tentu saja akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Peluang menghimpun bekal diri untuk kehidupan berikutnya. “Marhaban ya Ramadhan Marhaban fi syahril mubarok wa syahril maghfiroh. Barakallau lana walakum daaiman bijamii khoir. Walawfu minkum”.

Bahagia hati menjelang esok hari! Bertemu lagi dengan bulan ramadhan yang memberikan peluang untuk menempa jiwa dan raga dari berbagai ujian hingga memberikan dampak positif atau keuntungan bagi ruhani dan juga jasmani. Betapa banyaknya manfaat yang dapat diambil dari ibadah puasa. Salah-satunya adalah membuat kita menjadi seorang yang kuat menghadapi cobaan, tegar dalam mengarungi rintangan dan sabar dalam menerima tekanan. Tekanan dalam memperturutkan hawa nafsu yang sebelumnya mungkin merajalela. Insya Allah dengan adanya puasa, Allah menjadikan kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dicintai-Nya.

Senyuman Hari Ini

Senyuman Hari IniMasih hangat terasa seruan takbir berkumandang dimana-mana, “Allahu Akbar” Allah Maha Besar. Dan, hari ini bertepatan dengan salah satu hari besar ummat muslim, tiada lain Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1432 Hijriah (Hari Raya Qurban) yang bertepatan pula dengan hari Minggu, 6 November 2011 Masehi.

Hari Raya Idul Adha memang tidak seramai layaknya hiruk-pikuknya saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, namun makna yang terkadung didalamnya sudah barang tentu tidak kalah penting dan berharganya. Perwujudan sikap saling berbagi kasih dengan sesama diharapkan dapat terbentuk meski hanya dalam bentuk makanan (daging qurban). Begitu juga penerapan sifat ikhlas akan terasa semakin ditumbuh-kembangkan. Dengan demikian, diharapkan menciptakan banyak senyuman.

Semoga kita tidak kalah oleh makhluk yang dalam gambar postingan ini, meski sudah mendekati ajalnya senyuman manis masih tersampaikan. Ibaratnya senyuman hari ini tak terhalang sesuatu apa pun :-D

Dan, dengan senyuman hari ini saya turut menyampaikan selamat Idul Adha 1432 Hijriah. Semoga apa yang diupayakan selama ini senantiasa mendapat berkah-Nya, amin!

Itulah senyuman hari ini!

Yuk, nyate yukk… (LOL)