Kembali Hati Bersuka-cita, Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdulillahirabbil alamin, meski sedikit mepet rasanya tak salah untuk menyapa kerabat semua disini. Dengan senyuman dan hati yang bersih, mengungkap betapa senang hati masih akan bertemu bulan yang penuh rahmat dan maghfirah Allah SWT esok hari. Kerabat muslim semua tentu saja akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Peluang menghimpun bekal diri untuk kehidupan berikutnya. “Marhaban ya Ramadhan Marhaban fi syahril mubarok wa syahril maghfiroh. Barakallau lana walakum daaiman bijamii khoir. Walawfu minkum”.

Bahagia hati menjelang esok hari! Bertemu lagi dengan bulan ramadhan yang memberikan peluang untuk menempa jiwa dan raga dari berbagai ujian hingga memberikan dampak positif atau keuntungan bagi ruhani dan juga jasmani. Betapa banyaknya manfaat yang dapat diambil dari ibadah puasa. Salah-satunya adalah membuat kita menjadi seorang yang kuat menghadapi cobaan, tegar dalam mengarungi rintangan dan sabar dalam menerima tekanan. Tekanan dalam memperturutkan hawa nafsu yang sebelumnya mungkin merajalela. Insya Allah dengan adanya puasa, Allah menjadikan kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dicintai-Nya.

Marhaban Ya Ramadhan!

Berkenaan dengan menyambut datangnya bulan puasa semua mukmin tentu saja bersenang hati dengan kedatangan Bulan Ramadhan karena dipanggil Allah Subhanahu wata’ala untuk melaksanakan shaum. Menyadari sepenuhnya bahwa dengan puasa Allah akan mengangkat derajat menjadi hamba-Nya yang bertaqwa, sesuai dengan firmannya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS Al-Baqarah 183).

Sungguh menjadi peluang untuk pembelajaran, renungan diri yang sesungguhnya dan berprilaku selayaknya dengan berupaya membersihkan hati agar terbebas dari penyakit-penyakitnya. Senantiasa memperbanyak istigfar, mohon ampunan kepada Allah dan tidak lupa dengan melipat-gandakan sedekah kepada kaum fakir.

Terima kasih ya Allah, telah memberi hamba kesempatan untuk menikmati Ramadhan tahun ini, 1435 H.  Semoga kita semua dimudahkan oleh Allah SWT untuk selalu istiqomah dan mudawamah dalam melaksanakan perintah-perintah-Nya, termasuk perintah ibadah puasa yang akan dihadapi esok hari. Amin!

Selamat menunaikan ibadah puasa!


3 Responses to Kembali Hati Bersuka-cita, Marhaban Ya Ramadhan

  1. gps garmin says:

    Mohon maaf LAhir batin .. semoga puasanya lancar amin

  2. Artikel tahun 2014 nya sudah sampai lagi di 2015 nih kang , maaf lahir batin kang jika ada salah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *