Tahukah Anda Tahu

TahuPasti tahu dong hehe… Melihat seorang penjual tahu Sumedang keliling jadi teringat pada bulan yang lalu menuntut saya untuk mengunjungi daerah Sumedang. Sedikit terlintas dipikiran kalau pergi ke suatu daerah adalah makanan khasnya, untuk daerah Sumedang adalah “Tahu Sumedang” dan “Ubi Cilembu”. Dalam perjalanan itu, saya mencoba untuk membelinya sebagai oleh-oleh buat teman, sayangnya tidak dapat membawa banyak karena perjalanan ditempuh dengan kendaraan umum (kebiasaan lama tidak dapat membawa sesuatu dalam perjalanan masih melekat) menjadikan hal tersebut tidak bisa memberikan kepada teman2 yang lainnya, ingat bukan karena pelit tapi malu bawanya 😀

Sedikit cerita tentang asal-muasal adanya tahu Sumedang, Konon cerita tentang tahu tersebut bermula dari kreativitas yang dimiliki oleh istri Ongkino, sebagai orang yang pertama kali memiliki ide untuk memproduksi Tou Fu (bahasa Tionghoa) yang lambat laun berubah nama menjadi “Tahu”. Beserta istrinya, tahun demi tahun terus menggeluti usaha mereka. Sekitar tahun 1917 anak tunggal mereka (Ong Bung Keng) menyusul kedua orang tuanya ke tanah Sumedang dan meneruskan usaha kedua orang tuanya tersebut, dimana kedua orang tuanya sendiri memilih kembali ke tanah kelahiran mereka di Hokkian, Republik Rakyat Cina.

Ong Bung Keng (anak tunggal Ongkino) melanjutkan usaha yang diwariskan dari kedua orang tuanya hingga akhir hayatnya di usia 92 tahun. Dari situlah cerita tentang perintis pembuat tahu sumedang tersebut dan sampai sekarang sebutan tersebut melekat di masyarakat sekitarnya bahwa Bung Keng adalah perintis tahu Sumedang.

Selain tahu Sumedang, ternyata masih ada satu lagi yang makanan terkenal yakni Ubi Cilembu, rasa dan ciri fisiknya mempunyai perbedaan tersendiri dari ubi-ubi biasa. Ubi Cilembu yang berasal dari daerah Cilembu Sumedang jika sudah di masak (khusunya diopen) akan mengandung cairan serupa madu yang rasanya manis sekali. Konon kabarnya, jika benih ubi tersebut ditanam didaerah lain akan menghasilkan ubi yang biasa saja. Hal itulah yang mungkin membuat banyak orang menyukainya.

Penasaran dengan tahu dan Ubi Cilembu? Silahkan datang ke daerah tersebut supaya tidak penasaran 😀

15 Responses to Tahukah Anda Tahu

  1. ajfly says:

    wow… jd tanah sumedang mengandung madu buat ubi-nya ya om? pengen nyoba, klo gak s4 maen ksna, kirimin ubi ma tahunya ya om kips… \(^_^)/

  2. yurie says:

    Tahunya bos, dibungkus.. hehehe…

  3. mujisas says:

    saya suka tuh tahu.

  4. kips says:

    Ajfly, Yurie n Muji silahkan bungkus sendiri 😀

  5. ãñÐrî says:

    Dari kemaren teh mau ngomen, tapi kenapa blm jadi terus yach…
    okeh pagi2 buta gini aku menyambangi blognya kang kips dan ngomen disini… Tadinya mau nanya tentang sejarah Tahu Sumedang itu Sumber / Referensi dari mana? heheee :mrgreen:

    Kalo tahu yang bajakan aku sering beli kalau pas di KRL Jabodetabek, beli 1000 dapetnya seplastik (jumlahnya brp lupa, akhir2 ini jarang naek kereta :p)

    Btw, izin masang link blog ini yach

    CU Arround 😉

  6. kips says:

    hehe.. serebu sekarung dong Dri. Dengan senang hati, mangga pasang, asal jgn pasang togel aja ya :mrgreen:

  7. Arikaka.com says:

    Tahu kok saya tentang Tahu, tahu saya tahu mah..
    ..

  8. grubik says:

    Tahu panas is tak terkalahkan nikmatna..

  9. ncuy says:

    bararade tahu yeuh………….

  10. sari says:

    hhmm jadi ngiler liat foto tahu nya kang…. dimakan anget2 sore2 didepan rumah,, aahhh meuni nyantai pisan nya….

    makasih link nya kang…

  11. kips says:

    #7. Saya percaya 100% Arikaka tahu tahu :mrgreen:
    #8. Grubik, benar jg sih, nikmat memang kl makan tahu yg masih anget 😀
    #9. nCuy jualan tahu ya, baru tahu :mrgreen:
    #10. Sari, tahu yg di Malaysia sama gak dengan yg di Sumedang? 😀

  12. Indri says:

    ya ampyun, jadi ngidam tahu sumedang bersama cabe rawitnya euy 🙁
    kalo ubinya mah saya ga perna makan tuh, jadi pengen nyoba jg (makin lapar) 🙂
    -divaphrodite-

  13. abah says:

    jadi inget ama tukang tahu yang keliling komplek

  14. a2i3s says:

    akh, jadi inget ka lembur kang, 🙁 tos lima sasih teu uih ka Sumedang 🙁

    Di Sumedang, tahu Bung Keng yg asli jarang yang tau, dan kalo udah nyoba pasti semakin ketagihan, hehe…

  15. kips says:

    #12. Kalau mau nyobain, sok atuh berangkat 😀
    #13. Abah mah pasti inget gak pernah beli ya tapi pernah minta he..
    #14. Oh.. a2i3s urang Sumedang yeuh, kapan mau pulang? bareng yuk! saya masih ada keperluan kesana 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.