Persahabatan Mendatangkan Keindahan

Persahabatan Mendatangkan Keindahan

Suatu hari seseorang berkata, “Buat apa menjalin persahabatan didunia maya? Toh banyak yang gak benar, lebih jelas punya sahabat didunia nyata”. Dengan jawaban sederhana,”segala sesuatu itu datangnya dari luar, bersahabat bisa dimana saja, kita tidak perlu membedakan dari mana berasal, dan baik tidaknya seseorang itu tergantung pribadinya masing-masing dan seberapa mampu kita menyikapinya”. Persahabatan Mendatangkan Keindahan!

Ibaratnya, kita dalam sadar tidak perlu membedakan antara pikiran dan tindakan karena keduanya akan jalan beriringan. Semua pikiran dan tindakan menawarkan kesempatan yang sama untuk bisa mendewasakan dan dipelajari. Begitupun antara dunia maya dan dunia nyata.

Dimensi hidup! Kita adalah bagian dari yang lain, dan kita sadar tidak ada patokan yang bisa dipakai sebagai pembanding. Di alam semesta yang penuh dengan misteri, tidak ada yang lebih baik, dan tidak ada pula yang lebih buruk.

Punya kawan dan bersahabat di dunia maya bukan berarti mengasingkan diri didalam kamar yang sunyi dan hiruk-pikuk dunia luar sekitarnya. Karena dapat dilakukan sambil melakukan apa saja, misalnya disela-sela pekerjaan atau bahkan sambil bersosialisasi dan lain-lain. Meski demikian jangan sampai terpenjara, anteng menggenggam dan memainkan gadget atau juga melototi monitor seharian sampai mengabaikan aktivitas lainnya, apalagi hanya sekedar main game atau chit-chat semata. Karena segala sesuatu yang berlebihan “melampaui batas” tentu saja kurang tepat.

Memang, dalam menjalin sebuah hubungan dimanapun ada kalanya merasa diuntungkan atau sebaliknya. Dengan sadar pula, terkadang kita pilih kasih dengan orang lain sampai membuat peringkat bahwa si A lebih sesuatu dari si B dan seterusnya. Hal tersebut jika tidak dibutuhkan tentunya harus dihindari, karena setiap orang punya potensi, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan setiap urusannya. Dari proses tersebutlah ada kalanya kita belajar menyikapi kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Persahabatan mendatangkan keindahan!

Persahabatan juga membantu mengesampingkan ego dalam diri. Bila dilakukan secara mutual, saling menguntungkan akan berdampak positif hingga akhirnya persahabatan mendatangkan keindahan. Oleh karena itu, dalam memilih persahabatan jangan tergantung pada ego semata tetapi lebih kepada manfaatnya.

Dari sebuah persahabatan menciptakan pembaharuan. Beragam pengalaman dan masukan para sahabat menjadi pilihan-pilihan sekaligus penawaran baru ditemukan. Kita dapat belajar memilih, meneliti dan mengikuti apa yang dibutuhkan. Dengan hal tersebut, jika mau mendengarkannya akan membuat hubungan yang baik dan senantiasa persahabatan mendatangkan keindahan.

A friend in need is a friend indeed! Dalam sebuah persahabatan, keseimbangan akan membuat suatu hubungan terasa lebih kuat dan nyaman. Persahabatan yang hangat dan nyaman menghadirkan ketenangan. Karena masing-masing orang memiliki peranan sosial yang berbeda, ketika tercipta sebuah persahabatan dapat memperkuat hubungan itu sendiri dan menciptakan suasana yang tepat untuk saling perduli dan berbagi. Keperdulian dan rasa saling percaya dapat dipupuk melalui sebuah persahabatan sehingga persahabatan mendatangkan keindahan.

Selebihnya, persahabatan membentuk kesadaran Sosial. Empati dan saling memahami adalah dua rasa sosial yang dapat terjalin dengan harmonis. Rasa sosial itu menghubungkan kita dengan seluruh elemen kehidupan termasuk hubungan dengan sesama manusia. Dengan sahabat dapat menuntun kita memahami diri sendiri bahkan dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan orang-orang disekeliling termasuk dilingkungan sehari-hari.

Disisi lain, mungkin kualitas pribadi mereka “para sahabat” tidak banyak berpengaruh. Namun yang terpenting mengambil jalan yang baik dan benar serta menemukan jati diri sendiri. Yang diperlukan hanyalah menyatukan diri dengan persahabatan yang dihadapi. Bila terjalin keselarasan, maka semua akan berjalan dengan sendirinya dan menganggap sahabat sebagai bagian dari dirinya sehingga mendapatkan dampak positif dari persahabatan tersebut. Selebihnya, persahabatan mendatangkan keindahan. Wallahu a’lamu bish-shawab.

***
Postingan ini sebagai realisasi atas award yang diberikan Saudari Siti Fatimah Ahmad. Terima kasih atas tali silaturahimnya yang telah terjalin dengan hangat. Selamat hari jadi LMGS G2, semoga tambah sukses!

165 Responses to Persahabatan Mendatangkan Keindahan

  1. Dengan banyak sahabat selain indah juga banyak nambah pengetahuan dan pengalaman ya Mas :)

  2. Saya juga senang sekali dengan banyak sahabat Mas. dari sahabat kadang saya banyak menerima ilmu yang bermanfaat

  3. purnama says:

    nah kali ini saya setuju sekali mas, persahabatan yang sejati akan selalu mendatangkan keindahan berbagi suka maupun duka, tetapi disinilah permasalahannya, kadang kita sulit mendapatkan sahabat yang sejati

    • awen says:

      sahabat sejati itu seperti apa mas?

    • kips says:

      @KangPur, bisa juga, kadang terasa sulit untuk mendapatkannya kang :-D
      @KangAwen, kalau menurut sudut pandang saya yang masih awam kang, sahabat sejati tidak menghindari kita atas kekurangan yang ada dan mau membantu kita mengarahkan kelebihan yang kita miliki. Mohon maaf jika kurang pas ya kang :sujud:

  4. purnama says:

    ceritanya saya pertamax nih mas, hadiahnya deh saya tunggu-tunggu wakakaka

  5. mangs aduls says:

    Bener kang setiap orang memiliki kelebihan, kemampuan, kurangannya masing masung dan semuabitu adalah unik antara satu dan yg lainnya. Salam sahabat

  6. Bila bersahabat menjadikan hati tenang, tentu aneh bila memilih sebaliknya ya, Sob.

  7. awen says:

    setiap sahabat memberikan dunia yang berbeda-beda, dunia yang tak pernah kita temui sebelumnya.

  8. bner banget, persahabatan selalu mendatangkan keindahan. juga bisa mengasah tingkat solidaritas kita ya kang :)

  9. persahabatan itu memang indah, terkadang orang yang kita benci bisa jadi sahabat sejati, jadi sahabat memang selalu memberikan kehangatan tersendiri

  10. tapi sebagian orang ingin selalu menang sendiri kang, kadang saat gue punya udud banyak dia minta eh giliran saya ga punya rokok dia mah nyembunyiin dalam kancut rokoknya.heuheu

  11. Kesadaran sosial dan empati ini yang mulai langka ditemukan. Arti persahabatan tergerus oleh rasa ego. Makanya tidak mengherankan jika kita sering menonton tawuran dan amuk masa karena merasa dirinya lebih unggul.

  12. Benar mas, saya sangat setuju dengan pendapat yang ada pada paragraf pertama postingan ini. Berteman sejatinya memang tidak perlu melihat apa-apa yang melatar belakangi dari teman kita tersebut, selama hubungan kita dan pertemanan kita dengan orang itu bertujuan dan dalam hal kebaikan apa salahnya ?

    Begitu juga dengan teman di dunia maya, banyak sedikitnya bila kita jalani dengan ikatan yang positif tentu akan mendatangkan manfaat yang positif juga. Bahkan bisa kita ambil sebagai contoh, banyak orang yang menjalin kerjasama bisnis yang berawal dari perkenalannya dari dunia maya. Bahkan ada juga orang yang membina sebuah bisnis dengan teman dunia mayanya sekian tahun, tanpa pernah sekalipun bertemu secara fisik…

    Semoga kedepannya dengan media blog ini saya dan mas juga bisa menjadi teman. HeHe…

  13. Isrofi Achmad says:

    Dengan banyak sahabat kita akan semakin matang dalam menjalani hidup, karena kita bisa belajar banyak dari berbagai macam karakter sahabat yang berbeda-beda,

  14. anza says:

    salam kenal mas
    saya sangat suka dengan karya tulisan yang berasal dari pemikiran agan
    menarik dan inspiratif
    semga selalu eksis dan memberikan karya-karya yang mencerahkan
    good luck

    • kips says:

      Sama-sama, salam kenal kembali ya.
      Memiliki kerabat yang berkenan memberi motivasi dan doa, tentu saja menjadi penyemangat untuk berbagi menkipun hanya wujud setitik makna dalam sebaris kata-kata.
      Salam hangat selalu!

  15. Mencari persahabatan itu bisa dimana saja ya Kang, bisa di dunia nyata maupun di dunia Maya. Dengan banyaknya sahabat kita akan tahu karakter dan kepribadian masing-masing sabahat sehingga kalo sudah tahu kita bisa terhindar dari kesalahpahaman. dan yang terpenting menambah saudara hehehee… :)

  16. kalau menurut saya persahabatan itu bisa datang dari mana saja,dapat dari dunia nyata maupun maya mas.saya juga punya sahabat(blogger) yg dulu kenalan lewat dumay akhirnya bisa kopdar.sapa tau suatu saat bisa juga kopdar sama mas kips.

    intinya kita mesti bisa mengatur waktu antara aktifitas dunia nyata dan maya agar bisa saling melengkapi yamas

  17. Assalaamu’alaikum wr.wb Kipss…

    Alhamdulillah, saya sudah membaca posting ini di awal peluncurannya tetapi tidak bisa menulis kerana koneksi kurang bagus. Saya amat hargai kerana AWARD BERGAYA SENDIRI dipaparkan di sini. Terima kasih banyak ya.

    memang persahabatan itu suatu yang murni dan kita harus hargainya dengan kebaikan yang positif agar semuanya diberkahi Allah SWT. Siapa pun dan di mana pun kita berada di belahan bumi ini, jika niat yang diwujudkan dalam silaturahmi pasti membuah kebaikan yang menguntungkan perkongsian minda yang bermanfaat.

    terima kasih sekali lagi dan salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

  18. bersahabat tidak akan ada ruginya, dan cari sahabat tidak mudah..

  19. persahabatan memang indah ya kang..
    saya setuju sekali deh dengan akang, walau hanya persahabatan di dumay tapi tetep indah.

  20. bersahabat itu banyak bahagiaanya dan kalau kita menjalani kesengsaraan dan kegundahan dalam hidup, sahabat akan datang dengan segala kasih sayang dan ketulusan…kadang ada juga yang mau berkorban untuk sahabatnya. makanya saya sangat menghormati sahabat saya mas…dari dia banyak yang fahami akan kehidupan dan dari dia kita bisa berjalan tegar mencapai keberhasilan…

  21. indra dp says:

    maka beruntunglah bagi para blogger. bisa cari2 sahabat tambahan dengan Blogwalking,, hehehe

  22. Kang Ucup says:

    ada kalanya kita membutuhkan sosok sahabat, baik itu dari dunia nyata, atau dunia lain (maya). bahkan ada orang yang lebih terbuka kepada sahabat daripada kepada keluarganya sendiri :)

    • kips says:

      Iya kang, dalam hal tertentu ada kalanya merasa seperti itu. Merasa lebih leluasa meminta pendapat/pandangan atau bantuan kepada sahabat daripada keluarga :-D

  23. Bener kang gak selamanya yang berasal dari dunia maya itu sifatnya negatif

  24. Jati Solomon says:

    Semakin banyak sahabat semakin berkah kitanya Kang. tak terkecuali di dunia maya ini. Oke sahabatku

  25. Dwi Sugiarto says:

    Kalau boleh milih enakkan cari teman didunia maya mas cuma ya harus seimbang didunia nyata kita juga harus tetap bersosialisasi

  26. Aul howler says:

    Indeed

    Malahan dari dunia maya jadi banyak dpt teman baru dunia nyata (setelah kopi darat)
    hehehe

  27. Wong Ganteng says:

    banyak sahabat makin banyak rejeki, karna sahabat gaa akan pernah ninggalin biar susah maupun senang :)

  28. Ifrod Maksum says:

    sahabat, tempat curhat dan berbagi. hanya jangan sampai pada hal rahasia, bisa jadi sekarang sahabat, kita tak tahu nanti

  29. cari sahabat juga susah kang gk semudah cari lawan. sahabat bagaikan keluaga juga kalau menurut saya.

  30. Iya betul bingit Kang.. Persahabatan mendatangkan keindahan, baik yang di dunia nyata maupun yang di dunia maya seperti blogwalking ini,,, mantabs,, hehehehehe :) Salam persahabatan Kang! :)

  31. selamat siang kang, saya baru kesini lagi nih, saya liat masih belum ada artikel baru yamas, padahal saya selalu mengharapkan artikel baru disini, soalnya saya seneng baca juga.hehe
    persahabatan yang sangat indah itu ketika kita sudah klop dengan teman, makjleb banget apalagi kalo sama sahabatnya susah senang bersama.hehe

  32. meskipun di dunia maya juga harus pandai cari teman, karena seseorang itu tergantung dari teman-temannya.
    ada ungkapan begini: teman yang baik lebih baik daripada sendiri, sendiri lebih baik daripada teman yang buruk.

  33. Achmad Fazri says:

    Mencari pertemanan bukan cuma di dunia nyata saja, tapi di dunia maya juga harus tau, karena sifatnya universal yang meluas… Apalagi bisa kopdar bareng ya mas… makin akrab aja deh sama teman-teman blogger…

  34. Mang Lembu says:

    tiada persahabatan yang tidak indah apalagi jika didasari karena lilahita’alla

  35. Bagus sekali refleksinya, Mas. Seperti sebuah hadist yang kurang lebih isinya “Perumpamaan persahabatan adalah seumpama satu tubuh. Apabila satu bagian tubuh sakit, maka seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur.”

  36. Sugeng siang/sore Om Kips. kembali menjumpai Sahabat setia Om Kips yang paling keren di Kota nya.. Dengan bisa hadir di tengah semua kerumunan para Sahabat yang seidiology itu sautu berkah kebahagiaan yang tak terhingga buat saya dan patut saya Syukuri ya Om :)

  37. Dewan says:

    Persahabatan itu memang penting, disitu masa-masa yg indah berada

  38. Daniel says:

    teman saya bilang seperti dalam lagu, Persahabatan itu bagaikan kepompong

  39. Patah online says:

    indahnya persahabatan kalau keduanya saling mengerti n saling memahami,ihiirr :D

  40. sahabat memang selalu ada disaat apapun, entah susah maupun senang :)

  41. purnama says:

    nah ini yang saya suka mas, banyak cerita unik dan inspirasi disini, memang persahabatan itu ada 2 kriteria, yaitu buruk dan jelek, tergantung kita mencari sahabat yang baik atau jelek, dan jika persahabatan dilandasi syukur serta niat silaturahim indah pasti akhirnya

  42. Fahmi says:

    Jaman sekarang, memang banyak teman, banyak rejeki bisa bikin bahagia :D

  43. Chichi says:

    Awalnya sahabat lama-lama jadi jodoh juga ada lhoo…
    #eh #baper

  44. baccarat online says:

    sudah susah sekarang mencari sahabat, sekarang yang ada nya hanya mementingkan uang saja

  45. Bola says:

    persahabatan itu memang indah, punya sahabat membuat hidup gak pernah sepi dan selalu hepi walaupun sedang banyak masalah

  46. Marwiyah says:

    Dengan memiliki banyak sahabat. Saya yakin akan membuat semua beban pikiran yg ada pada diri kita menjadi lebih plong. Karena sahabat adalah tempat berbagi, sahabat adalah tempat curhat.

  47. beritana says:

    itulah yang membut kita menjadi lebih dekat

  48. alex says:

    Seiring dengan kehidupan, ketetapan hatimu akan terbalut dalam sebuah persahabatan. Wajah wajah asing itu akan seketika menjadi orang-orang yang berpengaruh bagi kehidupan anda. Inilah kata kata bijak untuk sahabat terbaik anda.

  49. hosr says:

    Persahabatan tidak mampu dikatakan dengan kata kata, tapi persahabatan itu sendiri yang memberi arti bagi hidup.

  50. didin says:

    sahabat sejati bagaikan saudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *