Kenali Faktor Penghambat Karier

Faktor Penghambat Karier

Faktor Penghambat Karier! Semua upaya sudah dikerahkan, namun tak kunjung membawa hasil, alias karir jalan di tempat? Barangkali ada faktor penghambat promosi tanpa kita sadari. Diantaranya :

1. Defensif
kita merasa tersinggung dan sakit hati setiap ada kritikan dialamatkan pada kita. Menganggap pendapat kita adalah yang paling benar, orang lain salah. Solusi: Ketimbang selalu membela diri dan cari-cari kesalahan orang lain, bersikaplah ksatria dengan meminta maaf jika bersalah. Kalau atasan atau rekan menegur karena kita keliru, terima dengan dada lapang.

2. Kekanakan
Kantor bukanlah rumah atau sarang yang nyaman bagi kita untuk bersikap kekanakan. Begitu menerima tugas yang agak berat, atau sedikit meleset dari job desc, muka langsung masam. Solusi: Berpikirlah positif, anggaplah tugas itu sebagai pembelajaran untuk memperkaya pengalaman kita.

3. Sering lupa
Masih muda kok pikun? Ternyata kurang menguntungkan bagi pekerjaan. Apalagi kalau pekerjaan lagi banyak, tak jarang pekerjaan yang ‘kecil-kecil’ sering terlewat. Solusi: Catat di agenda kita atau buat semacam to do list, berupa hal-hal yang hendak dikerjakan untuk hari ini. Buat pengerjaan tugas berdasar skala prioritas. Tugas yang sudah dikerjakan dikasih tanda centang atau contreng. Jangan lupa, tempatkan semuanya dalam tempat yang terlihat.

4. Terlambat
Pekerjaan tengah padat, tapi kita tetap terlambat juga. Miting penting juga telat. Pokoknya kita sudah dicap sebagai tukang telat. Tugas juga selalu diserahkan melebihi tenggat, padahal rekan yang lain bisa lebih awal. Solusi: Jangan tunda lagi, segera perbaiki kebiasaan tak sehat ini. Jika alasan rumah kita jauh, cobalah cari kos-kosan yang dekat kantor. Atau usahakan berangkat pagi dari rumah agar sesampai di kantor tidak telat.

Wallahu a’lam bishawab.

Kenali faktor penghambat karier!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *