Mengenang dan Memaknai Hari Pramuka

Hari PramukaHari ini tanggal 14 Agustus 2009, diperingati sebagai Hari Pramuka ke 48. Dalam keheningan suasana pagi, tiba-tiba tersenyum kecil mengingat beberapa tahun silam semasa sekolah mengikuti kegiatan pramuka. Hari pramuka biasanya diperingati di berbagai daerah dengan upacara bendera. Upacara tersebut biasanya didahului dengan berbagai acara yang menarik salah-satunya jambore (“kemah” istilah bahasa sundanya) dalam kurun waktu beberapa hari. Kiara Payung atau Cibubur mungkin dua tempat berkemah di kawasan Jawa Barat itulah yang masih melekat dalam ingatan.

Mengacu pada pelajaran yang diberikan oleh Bapak Pandu se dunia Lord Baden Powell, kegiatan itu diarahkan pada kemah dengan segala acaranya di lapangan terbuka di pedesaan, atau tempat-tempat yang “anak kota” biasanya sehari-hari sudah tidak lagi mengalaminya. Bagi Lord Baden Powell, ajakan berkemah itu dilakukan karena pada jamannya terjadi revolusi industri maha dahsyat yang menarik anak muda untuk belajar giat sebagai bekal terjun dalam bidang industri dan manufacturing yang sangat marak. Tujuannya adalah menguasai tehnik-tehnik “survival” di alam terbuka yang tidak jauh dari kampung atau desa sekitarnya.

Keprihatinan Lord Baden Powell itu mempunyai alasan yang sangat kuat. Karena itu dengan tekad yang luar biasa diajaklah anak-anak muda Inggris, melalui sistem pendidikan kepanduan, dalam kelompok-kelompok kecil yang kompak, menjadi tenaga muda penuh percaya diri, solidaritas antar anggota yang kompak, agar sanggup menghadapi masa transisi sebagai tenaga muda yang berkepribadian tetapi juga lengkap dengan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan survival yang sangat tinggi. Dalam kelompok-kelompok kecil itu anak-anak muda dilatih dan diberi kesempatan mengembangkan kepemimpinan dengan memberi kesempatan setiap anggotanya menjadi pemimpin regu. Setiap anggota regu diberi kesempatan untuk belajar memimpin, mengembangkan prakarsa, dan gagasan-gagasan brilian serta mencobanya tanpa rasa malu atau kawatir dicemoohkan dalam regunya.

Di Indonesia sendiri, sejarah memang telah mencatat peranan besar anggota pramuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada masa-masa awal kebangkitan nasional, para anggota pramuka (kepanduan) mempunyai peranan besar dalam membangkitkan semangat kebangsaan. Pada sekitar tahun 1920-an para anggota pramuka (kepanduan) berperan besar dalam menggalang semangat persatuan. Bersamaan dengan itu pelbagai kegiatan kepramukaan telah semakin banyak dilaksanakan. Untuk tercapainya visi dan misi Gerakan Pramuka, yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia pada masa depan. Seperti hakekat dasar pendidikan kepramukaan itu sendiri yakni meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan, Satya & Darma Pramuka kepada seluruh peserta didik, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi kader pimpinan bangsa yang tangguh pada masa depan.

Dihari Pramuka 2009 ini rasanya tidak ada salahnya merenungkan kembali keberadaan pendidikan kepanduan tersebut. Bagaimanapun penting adanya dalam menghadapi persaingan global yang mulai nampak dampaknya. Anak muda Indonesia perlu dipersiapkan kemampuan survivalnya menghadapi persaingan global dengan pelatihan dan pendampingan, Rasanya sangatlah tepat jika anak muda sekarang aktif dalam kegiatan kepramukaan guna mendukung dalam pembentukan watak, kepribadian dan akhlak mulia, serta menambah dan meningkatkan wawasan dengan mengikuti pendidikan nilai-nilai luhur melalui Gerakan Pramuka. Dirgahayu Gerakan Pramuka Indonesia.

12 Responses to Mengenang dan Memaknai Hari Pramuka

  1. dhodie says:

    Itu foto jaman kapan, Kang? 😆

    Saia pernah jadi pramuka aktif waktu SMP, trus membelot jadi Paskibra di SMA. Pengalaman yang seru, meski gak seseru ketika kita bener-bener terjun ke alam raya. Hmm kenapa Pramuka menjadikan acara kemah itu lebih simbolis aja ya? Gak bener-bener bebas hehehehe

  2. selamat hari pramuka kang…..

    weleh foto jadul saya malah ilang…

    penggalang atau bantara itu?

  3. kips says:

    @Dhodie; photo jaman buhun, kebetulan pernah aktif dibeberapa kegiatan termasuk Paskibra *saat itu PMR saja yang benar2 bentrok latihannya* :mrgreen:
    @Eskopidantipi; Bantara, jadul pisan itu 😆

  4. lany says:

    :mrgreen: tepuk pramuka cik kang 😆

  5. MacFamous says:

    salaam pramuka ..
    jadi inget terakhir pramuka jaman sma ..

    themeny ganti ya mas .. terkahir mampir belum yg ini 😉

  6. Heryan Tony says:

    Selamat Hari Pramuka..

  7. muji says:

    wah berybah lagi neh theme-nya…

  8. kips says:

    @Lany; Moal dugi swantena atuh kekek…
    @Heryan; sama2
    @Mac n @Muji; iya nih nyoba ganti baju 😀
    (Terima kasih pada semuanya yg telah berkunjung)

  9. KangBoed says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  10. Ihsan Prawoto says:

    saya dulu mulai dari SD hingga perguruan tinggi seorang anggota pramuka aktif tapi setelah berkeluarga saya g sempat lagi untuk kegiatan positif ini… salam PRAMUKA

  11. KangBoed says:

    SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  12. KangBoed says:

    hehehe kamana waenya tara katingali kang

Leave a Reply

Your email address will not be published.