Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards Ke-11, 2008

Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI) baru saja memberikan penghargaan kepada insan musik di Tanah Air lewat ajang AMI Awards ke-11 Tahun 2008. Disiarkan secara langsung oleh RCTI, dimana acaranya sudah jelas di hadiri para penyanyi, baik penyanyi kawakan seperti Hetty Koes Endang, Betharia Sonata, Endang S. Taurina dan banyak lagi, serta dihadiri pula para penyanyi yang baru menetas (kayak telor aja ya, menetas) seperti Bunga Citra Lestari, Gita Gutawa, Drive, Kangen Band dll.

Tantowi Yahya, sebagai ketua umum dari Yayasan AMI mengungkapkan mengenai tema yang diusung tahun ini yaitu berbunyi “Save Our Music”, karena musik selain sebagai sumber tenaga juga dianggap identitas suatu bangsa, tetapi kenyataannya selama 15 tahun terakhir menunjukkan bahwa industri musik Indonesia dilanda musibah akibat pembajakan. Selain itu, belakangan ini muncul pula klaim dari negara asing terhadap musik Indonesia, contohnya lagu “Rasa Sayange”.

Sebagai seorang penikmat dan sedikit pemerhati dunia musik tentunya merasa senang dengan adanya AMI ini. Dapat menjadi suatu kebanggaan pula tentunya jika musik Indonesia tetap mendominasi blantika musik di Tanah Air ini.

Adanya AMI Awards itu mudah-mudahan menjadikan sebagai penyemangat agar para seniman musik di Tanah Air tidak putus asa dan tetap berkreasi. Adapun pemilihan nominasi bukan berdasarkan penjurian melainkan melalui Dewan Kategorisasi, yang terdiri atas insan dunia musik termasuk pencipta lagu, musisi, wartawan musik dan pengamat musik, dan dengan demikian keabsahannya boleh dikatakan dapat dipertanggungjawabkan. Jadi teringat 11 tahun yang lalu mau daftar jadi anggota, tapi gak jadi he… maklum waktu tidak mengijinkan waktu itu.

Selain para nominator yang sudah berlangganan mendapatkan penghargaan seperti Ari Laso dan Rossa, kali ini nominasi AMI Awards juga terdapat nama-nama baru yang memang mempunyai kredibilitas tinggi terhadap dunia musik, seperti Gita Gutawa, Mulan Jameela, Bunga Citra Lestari, dll.

Sebanyak 49 piala dibagikan kepada insan musik Indonesia yang dibagi menjadi 34 kategori. Yang mendapat penghanrgaan sebagai penyanyi solo wanita terbaik lagi-lagi di raih Rossa, dimana merupakan kali ke empat mendapatkan penghargaan yang sama atas kategori yang sama. Begitu juga Ari Laso berkali-kali menjadi Penyanyi Solo Pria Terbaik. Untuk kategori penyanyi duo/group terbaik pun diraih Ari Laso bersama Bunga Citra Lestari. Sementara penyanyi pendatang baru terbaik diraih Si imut Gita Gutawa yang segaligus albumnya meraih penghargaan atas kategori album rekaman terbaik tahun ini.

Untuk AMI Awards tahun ini, penghargaan Legend Award diberikan kepada Amin Wijaya (ayah dari Ibu Indriati Wijaya alias Bu Acin) atas jasanya sebagai orang pertama pemilik perusahaan rekaman di Indonesia yang bernama metropolitan. Perusahaan tersebut telah banyak melahirkan musisi dan penyanyi ternama mulai dari era 60-an sampai sekarang. Perusahaan tersebut sekarang namanya menjadi Musica Studio.

6 Responses to Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards Ke-11, 2008

  1. abah says:

    huhuy GIGI Meunang TOPBGT-lah

  2. kaitokid724 says:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!

  3. kips says:

    Yap, kategori lagu terbaik jatuh pada “11 Januari” milik GIGI, tepat banget.

  4. Ihwan says:

    Wah tapi sayang sempet salah sebut pemenang ya…
    malah ungu pertama di sebut waktu itu, hum… para pembaca jadi terlihat kikuk jadinya

  5. kips says:

    Iya, tapi yang bikin heran ada acara infotaiment di stasiun yg sama meniru kesalahan tersebut tuh. Sayang cuma denger doang jadi gak tahu nama acaranya apa dan yang bawain acaranya siapa.

  6. ika says:

    hai afgan…….kapan nie jalan2 ke batu yg indah????ntar klo km ultah 27 km ke batu ya….ntar ku beri surprize dech……aq ingin ktm km bkn di tv ato radio…aq mau yg nyata n bs di pegang…plizzzz ke batu ya….deket malang kok n di sini enak bgt dech!!!ku tunggu ya???

Leave a Reply

Your email address will not be published.