Jamu dan Obat Tidur

Tidak biasanya malam tadi saya bisa tidur lebih cepat, jam satu mata sudah mulai merapat padahal biasanya susah banget diajak kompromi kalau belum menginjak dini hari. Kebiasaan itu pula yang terkadang menuntun bagian raga bertindak, mulut salah-satunya beraksi ketika tadi malam saya menyempatkan meminum jamu tradisional disebuah kios, berani menanyakan apakah ada obat tidur atau tidak? Sebenarnya jamu yang diminum bukan obat tidur, hanya sebatas untuk kesehatan biasa, tapi mungkin karena jamu itu pula lah saya bisa lebih cepat beristirahat. Akhirnya bangun lebih pagi lagi dan bisa langsung menulis he….

Teringat obat tidur, jadi teringat pula sebuah candaan yang pernah terkangkap telinga dan mata ini, sumbernya itu entah darimana asal-muasalnya, dari mulut seorang teman keluarlah cerita seperti ini:

Seorang lelaki yang terlihat begitu pucat dan lesu memeriksakan diri ke dokter. “Dokter, semua tetanggaku mempunyai anjing. Anjing-anjing itu menyalak siang malam, membuatku tidak bisa tidur” kata lelaki itu. “Oh, saya punya kabar baik untuk Anda!” kata si dokter sambil menyodorkan beberapa botol pil. “Ini beberapa contoh obat tidur yang bagus. Masalah Anda pasti terselesaikan.” “Bagus!” kata laki-laki itu, “saya akan mencobanya. Berikan yang paling bagus, Dok!”

Beberapa minggu kemudian si lelaki itu kembali. Wajahnya terlihat lebih berantakan dan lebih pucat daripada kunjungan pertamanya. “Dok, resep Anda tidak berhasil! Saya malah menjadi lebih lelah dari sebelumnya!” “Saya tidak mengerti kenapa bisa begitu” kata sang dokter sambil menggeleng-gelengkan kepalanya. “Obat yang saya berikan kepada Anda itu adalah obat tidur paling kuat yang dijual di seluruh apotek di negara ini!”

“Mungkin itu benar,” jawab lelaki itu, “tetapi saya tidak tidur sepanjang malam hanya untuk memancing anjing-anjing itu mendekat. Saat saya bisa menangkap satu anjing pun, ternyata sangat sulit untuk memaksa dia menelan obat tidur itu, Dok!”

Makna yang tersirat: Ketika suatu masalah tidak dijelaskan dengan baik, maka akan terjadi kesalahan dalam menanganinya.

5 Responses to Jamu dan Obat Tidur

  1. yudi says:

    hihi bener juga yah, salah mengartikan maksud maka akan terjadi kesalahan

  2. yudha bs says:

    Cerita yang sangat menarik :)), kita memang harus detail dalam mengenali masalah

  3. rama says:

    wakakak… untung ngomongnya gak menggonggong ya. :-)

  4. ana says:

    wkwkwkwk dudul abah jago oge ngabodor ngiring longser wa bah

  5. opix says:

    bagusss…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *