Kip's Bandung

Belajar Membuka Usaha Sendiri

Published By:   Related entries: Business, Tips - Trik   Tags: , ,

Sangatlah tidak mudah untuk merintis sebuah usaha, selain lebih kompleks dengan berbagai kompetitor, juga memiliki risiko yang besar meskipun peluangnya itu sendiri masih besar. Diluar itu pun biasanya modal menjadi kendala utama.

Nah, belajar mengenal kemungkinan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran usaha tentunya tidak melulu harus dari yang sukses saja. Saya yakin, karena saya sendiri telah mengalami kegagalan di waktu lalu, ada sedikit pengalaman yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan jika ingin belajar mendirikan sebuah usaha. Tentunya disini saya tidak bermaksud menggurui, karena saya sendiri pun tidak termasuk kedalam orang yang berhasil, paling tidak sebagai gambaran mengenai yang pernah dialami saja.

Bagi rekan-rekan yang tertarik membuka usaha sendiri, sebaiknya perlu memperhatikan beberapa langkah awal untuk membuka usaha tersebut, diantaranya:

  • Bulatkan atau yakinkan tekad. Hal ini penting karena kalau hati setengah2 kemungkinan yang terjadi menjalankan usahanya tidak sepenuh hati juga.

  • Pastikan tujuan utamanya. Hal ini juga penting, karena jika jelas tujuannya apa? akan menjadi motivasi untuk melakukan usaha dengan lebih fokus dan lebih serius.
  • Tentukan lokasi yang tepat. Untuk lokasi ini salah satunya dengan membidik tempat yang ramai atau berada di jalur padat sehingga sering dilintasi orang.
  • Perhitungkan biaya. Anggaran yang dimiliki harus benar2 diperhitungkan dengan melakukan estimasi2 sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya hal-hal diluar dugaan atau setidaknya mempunyai gambaran yang jelas terhadap berlangsungnya usaha yang dijalankan.
  • Keamanan. Merupakan salah satu unsur yang paling penting juga karena harus memperhatikan masalah keamanan terutama premanisme atau yang lebih parah lagi serangan orang-orang yang panjang tangan. Jadi jangan sampai lost product atau adanya bulan-bulanan premanisme menjadi suatu rutinitas yang terjadi.
  • Siapkan SDM. SDM ini sangat penting, karena menuntut suatu kinerja dan kejujuran dari setiap pekerja maka harus dipersiapkan dengan matang.
  • Lakukan evaluasi dalam skala waktu tertentu, sehingga dapat mengantisipasi gejala kemungkinan2 yang tidak diharapkan.
  • Jaga kualitas produk. Yang dijual dan membuat orang tertarik untuk datang lagi adalah produk yang kita berikan.
  • Jaga pelanggan. Ini sangat penting agar orang mau datang lagi.
  • Customer care. Pelayanan harus ramah dengan mengusahakan menciptakan interaksi langsung misalnya menyapa, begitu juga dengan karyawan.
  • Usahakan suasana kondusif. Misalnya karyawan tidak telat dibayarkan gajinya.
  • Usahakan pelayanan harus tetap berwajah segar dan tidak kuyu, meski ia harus melayani konsumen di tengah kondisi yang kelelahan.
  • Ciptakan suasana yang ramai. Misalnya saja dengan mengundang relasi/teman, selain itu jangan langsung memberikan diskon yang tinggi tetapi sedikit-sedikit saja. Misalnya bulan pertama berikan diskon 20 persen kemudian tiga bulan kemudian berikan diskon 10 persen hingga 6 bulan berikutnya. Setelah itu, diskon dapat distop. Sebab jangan sampai kita terjebak diskon artinya. orang hanya mau datang kalau ada diskon saja.
  • Melakukan promosi. Mungkin yang paling sederhana promosi kepada kerabat atau teman dekat serta relasi-relasi yang ada. Selebihnya dapat melalu brosur, plakat dll.

Sekali lagi, ini hanya sebagian kecil saja mengenai hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin belajar mendirikan usaha. Dan tentunya tidak berlaku bagi pengusaha2 yang sudah matang alias sukses karena jelas mereka lebih memahaminya ketimbang dari tulisan ini. Semoga masih ada manfaatnya. Amin.

Related Post :

facebook share
10 Responses to “Belajar Membuka Usaha Sendiri”
muji Said:

bagus juga tipsnya. perlu dipertimbangkan juga.

[Reply]


budi Said:

bagus saranya, sy ingin skali buka usaha tp bingung apa yang di lakukan terlebih dahulu n yang baik saat ini usaha apa ya..?

[Reply]


ajie Said:

wah saran yang bagus thx

[Reply]


Npi Said:

psoting lama tapi tetap in untuk saat ini. semangat usaha memang tak pernah mati

[Reply]


nick Said:

ingin coba buka usaha, tapi msih bingung muter-muter otak…

[Reply]


isay Said:

Trmksh bnyk lho tipsnya .. Mdh2an bs dpke nnti klo sdh mntap dn ccok usha sya nnti .. Salam kenal.

[Reply]


heru yunianto Said:

saya bingung udah lulus belum dptpekerjaan.stress
saya inginmembuka usaha sendiri,tapi usaha apa,
bagaimana pendapat anda?

[Reply]

kips Reply:

Saya sendiri bukan pengusaha yang sukses, cuma berusaha untuk bisa demikian hehe.. Kl boleh berpendapat, yg lebih utama adalah kenali tingkat kesukaan diri kita. Kegiatan yg disukai akan lebih dicintai dan sungguh-sungguh dalam menjalankannya. Selebihnya, kenali peluang yang terkait dengan hal tersebut. Mohon maaf jika kurang tepat!

[Reply]


adi Said:

mohon izin copy ya mas??

[Reply]

kips Reply:

Hehe.. Silahkan :-D

[Reply]


Leave a Reply

1+9=


Free Translation Widget

Kumpulan Pribahasa (Babasan-Paribasa) Sunda

Belajar Membuka Usaha Sendiri
[spoilergroup] [spoiler intro="A"] Adab lanyap Jiga nu handap asor, daek ngahprmat ka ba...

Ngaguar Basa tur Budaya Sunda

Belajar Membuka Usaha Sendiri
Lain pedah sugih ku elmu jembar ku pangabisa, lain pedah oge jegud pangaweruh tur jembar k...

Berbalas Pantun

Belajar Membuka Usaha Sendiri
Ibarat makan sudah menjadi kebutuhan baku sehari-hari, beberapa jam disetiap harinya past...

Links

Subscribe Us