Download Antivirus, PCMAV 3.0 Ragnarok

Download AntivirusSudah lama tidak memposting PCMAV, sekedar update blog dan berbagi dengan yang belum sempat memiliki saja. Postingnya sedikit telat karena ini mata sedikit manja, masih pengen merapat. (haha)

PCMAV 3.0 versi terbaru dengan code name Ragnarok. Tidak sabar men­cobanya? Simak apa saja yang terdapat pada PCMAV Ragnarok. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca dari tulisan yang disertakan (kutipan dari majalah PC Media).

Silahkan download disini.

User Interface

Saat menjalankan PCMAV Ragna­rok, tampilan splash screen dengan nuansanya yang khas seperti PCMAV versi sebelumnya, tetapi kali ini dengan label Ragnarok. PCMAV akan melakukan inisialisasi engine dan database, termasuk update database jika ada. Berbeda dengan versi sebelumnya, waktu yang dibutuhkan un­tuk loading awal akan jauh terasa lebih cepat. Tanpa perlu menunggu lama, akan tampil jendela utama.

Download Antivirus

Terdapat dua opsi yang tidak Anda temui pada PCMAV versi sebelumnya, yaitu opsi:

  • System memory.
  • Startup object.

Kondisi default kedua opsi tersebut adalah dalam keadaan tercentang. Kegunaan system memory adalah untuk memeriksa memory, termasuk file system seperti driver dan service, sedangkan startup object untuk memeriksa modul-­modul startup dan registry. Kecuali ­jika benar-benar yakin kondisi system memory dan startup bersih, dapat melewatkan opsi ini dengan menghilang­kan tanda centang.

Drive letter yang terpasang pada sistem akan ditampilkan, dan kita dapat memilih drive mana saja yang inngin diperiksa.

Optimasi Engine

Agar dapat berimprovisasi dan me­nyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi terbaru, PCMAV Ragnarok ­menggunakan compiler generasi yang lebih baru dibandingkan PCMAV sebe­lumnya. Perubahan ini memerlukan penyesuaian dan penulisan ulang beberapa komponen kode inti. Selain tentunnya juga dilakukan berbagai improvisasi dan perbaikan bug yang ditemukan pada engine. Dengan penggunaan compiler baru dan optimasi engine, PCMAV ­Ragnarok berjalan lebih stabil, optimal dan kompatibel, termasuk pada system operasi Windows 7 32-bit.

Hemat Memory

Saat idle, PCMAV Ragnarok hanya membutuhkan memory sekitar 2 MB (sebagai perbandingan, PCMAV 2.3 Valkyrie membutuhkan memory sekitar 36 MB pada saat idle), dengan demikian tidak memberatkan resource komputer. Penggunaan memory bisa jadi meningkat seiring dengan proses scan, tetapi tetap digunakan secara efisien. Sebagai contoh, pada notebook dengan processor AMD Sempron 3000+ (single core) dan sistem operasi Windows XP SP2, PCMAV Ragnarok hanya menggunakan memory pada kisaran 5-8 MB pada saat proses scan berlangsung.

Dukungan Teknologi CPU Multi-core

Saat melakukan scan file pada CPU dengan multi-core, kita akan merasa kecepatan PCMAV Ragnarok bekerja dengan sangat signifikan dibandingkan versi sebelumnya. Salah satu pengujian yang dilakukan adalah menjalankan PCMAV Ragnarok bersamaan dengan PCMAV 2.3 Valkyrie, untuk melakukan scan pada folder Windows. Hasilnya, PCMAV Ragnarok mencatat waktu sekitar 10 menit, sedangkan PCMAV 2.3 mencatat waktu sekitar 18 menit.

Peningkatan performa sekitar dua kali lipat ini dilakukan pada netbook dengan processor Atom N280, memory 1 GB, dan berjalan pada sistem operasi Windows XP SP3. Tentunya bukan hanya arsitektur CPU berbasis Intel HT (Pentium 4, Atom, Core i3/i5/i7, dan seterusnya) saja yang didukung oleh PCMAV Ragnarok, tetapi juga yang berbasis AMD.

Hal ini tidak lepas dari penggunaan teknologi multi-thread yang ditanam­kan pada engine PCMAV Ragnarok, yang memungkinkan masing-masing core menjalankan thread secara paralel. PCMAV akan mendeteksi keberadaan multi-core (tercatat pada file PCMAV. log pada bagian Scan Summary – Virtual Core(s), setelah kita melakukan scan), dan otomatis melakukan penyesuaian proses agar penggunaan core bekerja optimal dalam melakukan scan.

Struktur Folder

Pada PCMAV 3.0 Ragnarok ini, file yang disertakan adalah PCMAV.exe (sebagai removal), dan README.txt yang berisi penjelasan dan ketentuan program.

Folder yang disertakan adalah \vdb yang berisi database utama dan update (jika ada). Dengan file dan struktur folder ini kita sudah dapat menggu­nakan PCMAV Ragnarok.

Folder \quarantine yang digunakan untuk menyimpan data yang dicurigai bervirus, juga otomatis tercipta apabila PCMAV dijalankan melalui harddisk.

PCMAV Ragnarok juga tetap mempertahankan portabilitasnya jika ingin dijalankan melalui media removable seperti flashdisk. Bahkan, menjadi semakin mudah karena ukuran file PCMAV.exe telah dioptimasi hingga kurang dari 1 MB. Bandingkan dengan PCMAV 2.3 yang nyaris mencapai 3 MB.

Mendukung Versi Sebelumnya

Bagaimana dengan RTP (Real Time Pro­tector)? Rilis PCMAV Ragnarok edisi ini belum menyertakan RTP, tetapi tetap mendukung penggunaan RTP sebelum­nya (disarankan menggunakan RTP terbaru, yaitu RTP dari PCMAV 2.3).

Untuk menggabungkan PCMAV-RTP 2.3 dengan PCMAV 3.0, cukup meng-copy-kan PCMAV-RTP.exe dan folder \lib ke dalam folder yang sarna dengan PCMAV 3.0, database yang dikenali adalah database terbaru dari PCMAV Ragnarok.

Integrasi dengan ClamAV juga masih dapat dilakukan seperti biasa. File-file yang diperlukan adalah lib\iscan.dll (ter­dapat pada PCMAV versi sebelumnya), dan file-file dari ClamAV yang diletak­kan pada folder plugins\clamav.

Fitur-fitur lain masih tetap ada pada PCMAV Ragnarok, seperti automatic update, virus submit pada file-file yang dikarantina, maupun parameter-para­meter Command Prompt (/REGSHELL, /REGCLEAN, dan lain-lain) yang telah dikenal sebelumnya.

Semoga bermanfaat.


19 Responses to Download Antivirus, PCMAV 3.0 Ragnarok

  1. kania says:

    wah ini imunisasi ya ?

  2. ayatia says:

    yahhhhhh uke_ukeee…

  3. neo says:

    Untuk saat ini saya lebih mengandalkan Smadav.. (dance).

  4. omagus says:

    nggak bisa jalan di linux :D

  5. Muji says:

    Download langsung.

  6. hanif IM says:

    semoga semakin banyak antivirus lokal yang meramaikan antivirus di Indonesia yah. ane masih jatuh hati sama smadav. hehe

  7. and1k says:

    kliatanya menarik buat di unduh nih

  8. annosmile says:

    pc-mav ini masih lama loadingnya ya bro?
    ijin donlot dulu deh..sapa tau bermanfaat

  9. annosmile says:

    blogwalking pake blog yang satunya

  10. MacFamous says:

    thx mas indraa .. langsung download deh udah lama gak update versi pcmav

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *