Antara Rating dan Sukses Acara Sebelumnya, Super Mama Seleb Show

Super Mama Seleb ShowSuper Mama Seleb Show! Sebenarnya saya jarang memperhatikan siaran di televisi, paling-paling hanya sekedar mendengarkan suaranya (berita) tanpa begitu memperhatikannya. Sedikit pengecualian terhadap musik, entah itu di TV atau radio mungkin saya lebih memperhatikannya karena jujur saja saya sangat menyukai dunia musik meskipun pada dasarnya saya tidak menguasai satu pun jenis alat musik. Seperti Pop Star, American Idol, Indonesian Idol, KDI, AFI, Mama Mia terkadang kalau sempet saya melihatnya.

Untuk season ini, kayaknya tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ada satu acara reality show di televisi yang cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia yakni acara “Super Mama Seleb Show” yang hadir di Indosiar setiap hari selasa sampai kamis. Acara ini mungkin menjadi salah satu reality show yang paling populer di Indonesia saat ini. Sayangnya tadi malam Dede Khasanah tidak masuk babak berikutnya, padahal jagoan saya tuh he…

Adapun acara ini saya rasa ingin mengulang kesuksesan acara serupa sebelumnya yaitu “Mama Mia” yang juga booming beberapa bulan yang lalu yang telah menjadi perhatian pemirsa, terutama pemirsa yang masih setia dengan stasiun televisi Indosiar.

Acara TV yang satu ini konon ratingnya juga melejit bak meteor. Setelah sebelumnya sukses dengan Akademi Fantasi Indosiar (AFI), kini Indosiar kembali mendulang sukses dengan acara ini. Mungkin hal ini dilakukan karena kejelian pihak Indosiar melihat fenomena program talent show yang semula untuk umum akan menjadi lebih heboh, manakala pesertanya adalah kalangan selebritis. Fenomena pernah muncul ketika ANTV mengadakan acara serupa yaitu Seleb Mendadak Dangdut.

Beberapa hal hal yang saya ingin kritisi dalam hal ini, acara yang berdurasi 4 jam (bahkan belakangan menjadi 5 jam), diantaranya :

Secara kualitas, Produk lanjutan dari Mama Mia ini bisa dibilang awalnya biasa-biasa saja. Tontonan yang sepenuhnya hanya menghibur dan menggelitik. Sayangnya acara yang dipandu oleh Eko Patrio yang sudah tidak perlu diragukan lagi kapasitas lawakannya terkadang sedikit terganggu, dengan adanya candaan yang sedikit berlebihan dari Ruben Onsu dengan Ivan Gunawan, yang sebenarnya candaan mereka itu pun menarik tetapi sesekali saya rasa terkadang terlalu berlebihan. Untung saja para komentator yang lainnya tahu cara menyiasatinya sehingga membuat acara tetap meriah dan tidak membosankan.

Selain itu yang jadi ketidakpuasan yaitu pengambilan vote yang dilakukan dua kali (vote untuk Mama dan untuk anak) yang dilakukan diwaktu yang berbeda dengan adanya jeda terlebih dahulu, menurut hemat saya bisa dilakukan pada saat vote anak sekaligus diteruskan vote untuk mama sehingga durasi waktu berkurang. Acaranya terlalu kelamaan dengan pengulangan-pengulangan kalimat yang sama yang dilakukan Eko dan Ruben, menurut saya, masih adanya beberapa hal yang kurang efektif tetapi masih dilakukan yang seakan memang sebenarnya untuk memperpanjang durasi saja.

Satu hal lagi yang saya ingin kritisi yaitu awal dimulainya acara, saya raca lebih pas jika dimulainya jam 19.00 wib. Shingga tidak berbenturan dengan urusan ibadah khususnya umat muslim yaitu shalat Maghrib. Karena kalau acara yang saya rasa sudah booming seperti sekarang ini akan banyak pemirsa yang tidak ingin melewatkan untuk melihatnya. Sehingga banyak kemungkinan menjadi ketidakkonsentrasian beberapa orang dalam beribadah (hanya sebatas kemungkinan saja, mudah-mudahan pemirsa setianya bisa mengatasinya). Apalagi saya menilai acara ini cukup bagus dan menghibur.

Di usia yang ke-13 Ini semoga Indosiar bisa semakin maju dan sukses, amiin. Happy 13Th Birthday Indosiar !!!

51 Responses to Antara Rating dan Sukses Acara Sebelumnya, Super Mama Seleb Show

  1. ncuy says:

    yup setuju kalo acaranya dimulai dari jam 7 malam

  2. kips says:

    Ngasih saran aja ke indosiar he…

  3. embe212 says:

    dulu juga say tidak pernah tau bahwa ada acara ini, setelah beberapa kali menonton.. rupanya asyik juga.. hiburann untuk masyarakat.. Proses Votenya itu yg membuat acara ini tidak klimaks… Indosiar harap cari inovasi agar Vote terkesan tidak bertele tele..

    Barvo Indosiar

  4. sry says:

    ” Go!… Indosiar …
    Dengan adanya super mama , ada hiburan selain harus nonton film komedi !!
    gak kalah hebohnya dengan acara2 sebelumnya yang ada di indosiar !! pertahan kan rating lg !

  5. listy says:

    indosiar acaranya oke oke tapi kasih tahu dong cara nonton langsung supermama seleb-show coz pengen banget nonton. happy birthday semoga tambah sukses

  6. yanti says:

    halooooo???
    buat indosiar TOP BGT DEH! t’rus bt mama-nya kiki farel oke banget deh!!!! aku ngefans bgt deh!! kocak abizZzZ I LOVE INDOSIAR?

    suge!suge!suge!

  7. lana says:

    Saya adalah penggemar super mama seleb show/concert. Acara ini cukup bagus untuk menghilangkan ketegangan/stress Walaupun tentunya masih ada kekurangan di sana sini spt yg dikatakan indra tapi masih bisa diterima dehh…
    nah, kemarin itu tgl 23 jan, Ivan melakukan kesalahan yg sangat fatal yatu mengatakan kata2 (maaf) “anjing lu” kepada ruben.
    memang ivan akhirnya meminta maaf kepada semua pemirsa di rumah utk kata2nya itu, tapi menurut saya seharusnya sbg seorg komentator, dia itu ada pengontrolan diri. Ruben kan cuma guyon biasa, kenapa Ivan harus menjawab spt itu? Anjing adalah kata2 makian yang sangat umum di masyarakat dan termasuk menyakitkan untuk didengar telinga. Supermama ditonton oleh semua kalangan, dari anak kecil sampai orang dewasa. Ini adalah contoh yg buruk karena bisa banget ditiru ama anak kecil. Wong org dewasa aja bisa ngomong anjing di tv, kenapa anak kecil dilarang2? Karena itu, mohon agar manajemen Indosiar bisa menata lagi para komentator dan MC agar mereka tidak terlalu bebas lepas di acara ini. bebas tapi bertanggung jawab. Bukan bebas dan akhirnya berujung pada caci-maki. Itu sudah bukan hal yang bagus lagi. Mohon banget perhatiannya dan agar kritikan para penonton ini bisa didengar.
    Thanks

  8. randu says:

    iyee emang bner tuh…
    masalah ganggu jam solat… terutama solat magrib, temen2 gue pas jadi juri vote lock ga sempet gt solat magrib, gimana nggak 6 kurang 15 udah stay di studio, acara jam 6 teng mulai, break pun jarang…yang hanya 3 menit pula, mana acaranya ampe jam 12…

    stress indosiar nih

  9. lisa says:

    supermama…. emang bener2 SUPER!!!
    aku senang bgt nonton acara ini.
    salam ya buat mama dahlia, aku ngefans bgt sama dia. sukses buat semuanya

  10. cruizeteen says:

    SUPERMAMA HEBAT..

    Kebetulan hari kamis kemaren gw gak bisa nonton soalnya lage di jalan. Tapi seperti yang dikatakan Kanjeng Ratu Dorce.. “Kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan hanya milik saya (manusia)”. Jadi yah sebagai manusia kita tidak lepas dari dosa kan??

    Buat Madam Ivan Gunawan yang ngagenin banget.. jangan pesimis ya!!! dan jangan jadi bingung.. udahlah biar itu jadi kenangan dan pengalaman aja… jangan karena hal ini jadi takut.. gw sebagai fans sejati SUPERMAMA bisa memaafkan kok. Apalage kan Madam langsung minta maaf… itu baru namanya gentle… jadi Ivan Gunawan semangat ya!!!!

    Pokoknya SUPERMAMA maju terus pantang mundur!!!.

    Ivan Gunawan & Ruben Onsu… Jangan gila donk.. kalian berdua hebat banget!!! Lawakannya pas banget… SERU!!!!!!!!!!!!

  11. riesca says:

    hi…duuh jangan gila dwong, i like super mama mia,akun gefans banget..nih,sekedar memberi saran rasanya kalau di di antara ruben, ivan palagi mas eko ga ada uh rasanya ada yang hilang di supermama, oh yua buat adly kamu bukan hanya menang tampang tapi kamu juga suaranya okeee buanget….”

  12. juli says:

    N*J*SSSSSSSSS liat indra brugmannnn yang nyanyinya cuma dangdutttt terusss
    gak seperti peserta laen

    emangggg layakkkk jadi pemenang kalo cuma cari amannnnnn
    salut untuk super mama enak untuk ilangin streesssss

  13. nisa says:

    Salam buat Supermama yang paling yahut n gokil.
    Supermama sangat menghibur terlebih lagi dengan adanya Adly Fairuz n mama Lutfiah. Aku sangat senang Adly masuk ke6 besar dan semoga jadi pemenang 1 n membawa mobil tuk menjemputku… HAhAHa…. Oops nanti Shireen marah.. (peace)

    aku juga mo nitip salam ma Randy(mama Agatha) n Kiki Farel (mama Dahlia) semoga masuk 3 besar.
    Cia You.. Cia You….

  14. Nela Mahliana says:

    Wwaaaaw Mama Dahlia n Kiki Farel Kerenz Bangggeeettt

  15. rymah says:

    mamamia..mamamia..hrp d adakn lgi utk episod sterusnya..grand bgt!!trhibur kmi skeluarga…sukses indosiar & mamamia seleb show..

  16. bunga says:

    acaranya ok bgt,mana pesertanya krn n pd pntr nyanyi terutm randy.panaglila,randy tuch keren punya ok kannnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  17. LiOnELaNdReSuMaY9bAsTiiAn says:

    uUuUuUuUiiiiii . .
    cmua iiank daa dii sper mama

    uuamay muu ngaciih sran nee
    bwat jurii votelock
    kLu mLiih pserta jgan ngLiiat drii muka na aaj duun .

    bwat ruben , eko , madam
    umaay cnenk bget kLu daa kLiian brtiiga ..
    pkug na kLiian brtga tuu gukiiL bgett ,
    pe , uumaay gag suka kLu kLiian dii gntii cma iiank laiin . .

    sugzes iiuuz bwat super mama
    jgan lpaa daa en super mama ke dwa .

    maydiisniie +

  18. anNizAa says:

    buat kiki farel,,,aq dukung kamu…buat mama dahlia daapat hp nich dari eko… bisa sms ama bule

  19. acHiL_iMoEt says:

    haLLow SupER mamA……………………..
    buAT adLi…*sUaRa kM bgS bGt dEh……….??
    KpN MAin KsEMARANg???? jGn Lp aJak kIki FareL Jg yaW……
    SeE You…………..
    loVe yOu,,,aDLi………………….
    `

  20. Hai Bwat para penggemar supermama seleb termasuk gw,setuju bgt klo supermama diadainnya jam 07.00 aja coz ganggu waktu shalat,and bwat adly yg makin cakeeep bgt ma mama lutfiah yg makin cuantik aja,moga menang and sukses slalu kalahkan para lawanmu!,and moga hubungannya ma shireen langgeng AMIN… Salam bwat,eko,ruben and madam ivan ucapannya lebih d cerna ya coz aq suka bgt ma ni acara jgn sampai ternoda OK!.

  21. sherly says:

    kiiikiiii ffaarrreelll ganteng banget, cute abis, gw suka bangetttt da…cakep. apalagi punya mama dahlia yang the best. i love you.kiki sekarang lagi main sinetron apa ? aku pengen banget donk tonton.ditunggu banget ya.

  22. lina says:

    kiki farel i love you n mama dahlia. moga2 masuk 3 besar a. aku sengaja tonton supermama cuma karena ada kalian berdua. I LOVE YOU

  23. KOPASSUS says:

    tok..tok..tok.. punten INDOSIAR
    Saya suka nonton acara supermama cukup menghibur,tapi lebih bagus kalau acaranya dimulai jangan menjelang Magrib!!!!!
    jam 07.oo/lebih. Karena di Indonesia mayoritas agamanya Islam.
    tolong hargai jangan mentang-mentang acara ini di sukai banyak orang mulainya se enaknya aje, karena Magrib waktunya solat..solat..dan solat..
    waktu magrib goyang-goyang hargai atuh ……

  24. I LOVE YOU FOREVER SUPERMAMA……………
    SMOGA JA YG mSk 3 besar adly,kiki sma randy pangalila kalian smua cute2 bgt GOOD LUCK ya bwat klian ber3

  25. ceche says:

    Hello… AdUh Gw Suka banguet sama Acara super MaMa ini Apalagi aDa Mama Dahlya sama KIKI Farel, LuCu BnGuet……….pokoknya seruh!!! Kita2 dari TiMoR LeSte s’lalu nontong lho…!!!
    Salam Buat KIKI FAREL & MAMA DAHLYA YOU ARE THE BEST. I LUV U! Anche

  26. Anche says:

    Acara SUpeR MaMa Absolutly Fantastic. KIKI & MAMA DAHLIA KEEP IT UP!!@@ I LUV YOU. ANCHE Dar TIMOR LESTE

  27. maseko says:

    Saya seleb, kalau mau daftar Super Mama Seleb Show di mana ya? 😀

  28. Libra_Girls says:

    wauaaaaaa super mama seleb show sangat-2 saya sukain skali, pa lagi ma mama dahlia n kiki farell gw dukung kiki farel supayah jadi juara nomor one. see you bayyyyyyyyyy

  29. UNIE says:

    Kiki Farel ok abiz deh……….

  30. shepty says:

    hiiii…..mama mia how are you????aduh makin hari, makin seru aja dweh..,acaranya.
    salam yuaaaa buat randy pangalila semangat!!! and buat Adly Vairus kita2 dari banten alias serang selalu mendukung kamu… karna kamu yang paling bagus…bagus… dan bagus…

  31. derin says:

    hey super mama aku derin nih ….wah bener -bener nih acara displin banget ye jam enam sore pas banget udah live …salut buat indosiar acara yang paling disiplin banget ,acara nya bikin sakit perut cuze ketawa nya terus-terusan…wah -wah sekarang empat besar ya kalau aku sih dukung kiki farel sama mama dahlia soalnya mereka tuh kocak banget … untuk mama dahlia sama kiki farel aku yakin pasti menang deh …
    aku punya saran nih gimana kalau nanti pas grand final ruben , mas eko , sama madam ivan bikin trio kalian nyanyi gitu deh pasti seru … aku suka banget sama madam ivan ney lucu , imut , manja , madam saranku jangan berantem terus ya sama ruben …
    untuk peserta nya BAGUS, BAGUS , DAN BAGUS …
    UNTUK MC NYA JANGAAAAAN GILAAAAA DOOOONGGGG….
    KALAU UDAH SELESAI BIKIN LAGI YA KHUSUS MC SAMA MAMA NYA ….MADAM IVAN I LOVE YOU ….

  32. Bundanya Uni says:

    tiga besar harus adly,indra & Yadi Formasi tepat Ok ! pemenangnya insya Allah Adly. Fair dong meskipun akiu dari awal pegang indra tapi adly lebih konsisten penampilannya. mudah2an juri vote Lock bijaksana dan fair ya……..

  33. Anche Cabral says:

    Aqu tamba suka sama seleb concer ini…. memang betul2 seru ni….!!! qita di Timor Leste dukung KIKI FAREL + ADLI FAIRUS, percaya deh pasti kalian bakal mausuk grand final. salam Buat MADAM IVAN + EKO + RUBEN, Kalian memang hebat… Jangan Gila Dong!

  34. sintia says:

    q suka bgt ma supermama abis lucu jangan gila dong eko,ruben and madam ivan,pa lagi suranya oke2 bgt terutama randy q suka bgt ma suaranya,pa lagi saat nyanyi lagunya arilass (cinta terakhir)keren abis deh!!q salut q 5 randy masih muda dah berani berasing……….!!HEBAT DEH POKONYA…buat randy sukses ya

  35. fans supermama says:

    bagus kolk acara na, gw suka………… maju terus indosiar ,,,, Cayooooooooooooo

  36. dee_@ says:

    super mama slam bwt kiki farel+mama dahlia dnk,,,
    eh mama dahlia ne da omQ yang duren nech( duda keren) ktx slam LOPE BGT 😛
    bwt duo boncel JGAN GILA DOOOOONK !!!!!!!????????????

  37. naufal says:

    sueeeeeekkkkk akhirnya si qq farell keluar juga dasar jeleeeeeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkkkk

  38. Lia says:

    Super mama seru dan bikin kangen….tapi perlu diperhatikan juga donk masukan positif mengenai jam tayang mulai pukul 7 malam aja, jadi tidak mengganggu waktu sholat magrib (untuk muslim). Urusan yang terlibat acara tsb sholat or tdk itu urusannya dg Allah, okay. Maksudnya biar acara ini tetap digemari. Meskipun acara ini udah mau abis karena tinggal 3 orang. Tapi dah ada Super Star yang ga jauh beda konsep acaranya (harusnya ada konsep lain gitu yg lebih greget…biar ga bosen)

  39. ina says:

    aq seneng bgt ntn supermama,apalagi ada kiki farel n mama dahlia bikin betah nongkrong di depan tv..aqpgn nny nie..gmn si caranya ngedapetin fotonya kiki farel..aq suka bgt ma kiki farel..
    i love supermama..
    i love kiki farel..

  40. dina says:

    indosiar yg makin jaya..
    kok kiki farel bisa kluar si?hikz4..
    aq boleh mnt almt fs nya kiki farel ga?
    klo boleh kirim ke almt fsQ ya..gwenist_cutie@yahoo.com
    klo pengen dpt fotonya kiki farel caranya gmn?
    ato,ada situsnya ga?
    cayoo indosiar..

  41. cute_girl says:

    aq fans bgt ma adli fairus + mama lufia …!
    cA_yO…. 2008x
    terus semangat . .. !
    biar jd pemenang nich . . . . ?!!
    gimana sich cranya utk nge-add ft adli ..?!

  42. alfiah says:

    smoga ja yg mnang nnt mlam adlh indra amin
    sks trz buat sper ma2

  43. Anche Cabral says:

    wow… Super Mamanya tambah heboh..ni…!!! Makin suka deh….!!! SaLaM BuaT QQ FAREL DAN MAMA DALHYA

  44. dina says:

    kapan nie kiki farel d undang lg?
    cayoo…indosiar..

  45. Hera says:

    Duh…kiki farel ganetng banget sih….
    gw ngefans banget nih ma kiki,selain ganteng kiki tuh bagus banget suaranya waktu nyanyi.gila gw sampe kagum ngeliat kiki nyanyi dengan suaranya yg bagus.
    hidup indosiar……
    yg udah ngadain acara mama seleb consert.gw jd tau
    tentang kiki farel pas kiki tampil d indosiar.makasih y indosiar dah ngadain acara ini.
    thanks buat indosiar.

    hera
    semoga makin jaya
    .

  46. aRie says:

    maDam iVan,eKo,rUben…
    cOcoK baNGet kaliAn be’3 di suermamasEleB,,
    kaLo gak aDa saLah 1 daRi kaliAn,kayaKnya kurang kLop gTu..
    uAt INDOSIAR,teTep pAke mREka yaH..

  47. syifa says:

    hai indosiar
    plis donk….
    minta no hpnya Sulle…

  48. kips says:

    Ternyata supermama dah selesai masih banyak yg suka acara sejenis, skrg sulle dah punya penggemar baru tuh, diluar masalah kegantengan memang dia multi talented bgt, untuk yg tahu no hp nya kasih tahu Syifa ya, kasihan he…

  49. annisa miftah.pbg says:

    indosiar memang ok

  50. LiVa says:

    ivan gunawan NGOCOL abiszzz …..
    rubrn jg ……………
    nghibur bgttt ……..
    smangadt !!!!!!!!!11

  51. ven says:

    wew…keren abiz….. aku paling suka pas kiki sama bu lusi
    direcokin ma rekan2 d sana… tapi super mama seleb show emang top abiez…hehhehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published.