Mengenal Ayurveda

Mengenal AyurvedaMasih dalam wacana pencarian keseimbangan hidup, menyangkut kontribusi kesehatan terhadap keseimbangan pikiran. Ternyata sangat berperan penting. Orang dalam kondisi kurang sehat secara fisik biasanya kesehatan berpikirnya pun kerap kali terganggu, bisa enggan atau malas untuk berbuat sesuatu karena memikirkan atau terfokus pada kondisi yang di alami.

Nah, mungkin kita sering mendengar istilah Ayurveda. Lalu apa kaitannya dengan keseimbangan hidup? Setelah saya membaca dalam sebuah artikel, jelas terlihat ada hubungan, dimana Ayurveda merupakan suatu sistem gaya hidup holistik yang mengajarkan detil praktis tentang pengaturan makanan, olah tubuh, waktu istirahat, dan kerja, yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Jadi, Ayurveda bukan sekedar pengobatan melainkan suatu gaya hidup sehat. Mungkin yang tersirat dalam pikiran kebanyakan dari kita hanyalah pengobatan semata. Ada yang harus kita ketahui, menurut sumber tersebut, meskipun usianya sudah ribuan tahun, metode pengobatan kuno dari India ini tetap populer sampai sekarang dan semakin dilirik oleh banyak orang.

Ayurveda merupakan ilmu pengetahuan tentang kehidupan yang telah diterapkan sejak 1000 SM oleh kalangan rishi (wise man, resi) India untuk menjaga kesehatan.

Prinsip Ayurveda membagi kekuatan hidup atau dosha menjadi tiga yaitu vata, pitta, dan kapha. Istilah dosha ada pada tiap materi alam semesta termasuk manusia. Dan istilah dosha pada manusia menunjukkan tipe metabolisme tubuh sekaligus tipe mind-body (pikiran dan tubuh). Dalam pengobatan Ayurveda, penentuan tipe dosha merupakan tahap terpenting. Untuk menentukan tipe seseorang, para praktisi Ayurveda biasanya melakukan observasi dan memberikan beberapa pertanyaan, kemudian baru melakukan tahapan terapi.

Vata, pitta, dan kapha sebenarnya ada pada tiap manusia dengan kadar yang berbeda. Biasanya orang memiliki satu dosha dominan dan satu dosha pengiring. Perbedaan kombinasi dosha menjadikan setiap individu memiliki kepribadian dan kesehatan yang berbeda.

Ketidakseimbangan dosha adalah tanda pertama bahwa pikiran dan tubuh tidak terkoordinasi secara sempurna. Bila keseimbangan dosha terganggu, maka tubuh akan menjadi lemah terhadap tekanan dari luar, seperti virus, bakteri, polusi, dan stres. Karena itu, pengobatan Ayurveda difokuskan kepada metode untuk menyeimbangkan dosha.

One Response to Mengenal Ayurveda

  1. rayi says:

    boleh dicoba artikel yang menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published.