Mendapatkan Domain Gratis .co.cc

Sebenarnya sudah beberapa bulan kebelakang juga saya memiliki domain gratis yaitu domain .co.cc cuma baru kali ini saya tuliskan disini. Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan masalah friendster yang tidak ter-update. Tadinya saya kira gak bakal ada yang menanyakan berhubung sudah banyak blog2 ternama yang mengupas hal ini, tapi ternyata ada juga yang keukeuh menanyakan lewat email. Tidak apalah yang jelas senang saja kalau bisa berbagi, mudah-mudahan masih ada manfaatnya.

Domain gratis? Kalau kelas seperti saya yang pemula dan masih keterbatasan dana tentunya mau dong he.. Lumayan untuk ngurangi biaya ngeblog, jadi tinggal mikirin biaya hosting dan koneksi aja. Tapi hostingan gratisan juga ada kok, mungkin lain waktu aja saya tulis disini, sekarang cerita domain gratis dulu saja.

Kalau tertarik, kunjungi atau klik disini.

Isi nama domain yang dinginkan pada kotak yang tersedia, lalu klik check availability.

Jika nama itu sudah terpakai orang lain maka akan mendapatkan pesan tidak tersedia atau sudah terpakai. Ambil saja salah satu domain yang disarankan atau silahkan mencoba cari lagi dengan langkah seperti diatas. Dan jika beruntung nama domain yang diinginkan (belum terpakai orang lain) akan didapatkan. Tapi ingat, nama domain yang belum terpakai orang lain tidak semuanya gratis.

Langkah berikutnya, jika nama domain gratis dan tentunya available bisa memulai melakukan registrasi. Dengan meng-klik tombol Continue to registration atau Lanjutkan ke pendaftaran.

Klik link Create an account now

Isi form yang tersedia, dan jika disamping kanan kotak isian ada tan centang maka kotak tersebut wajib diisi.

Ingat harus memberi tanda centang pula pada tulisan I accept the Term of Service atau Saya Menerima Persyaratan dan Layanan.

Jika sudah, klik tombol Create new account now atau Buat account baru sekarang.

Sampai disini berarti domain yang dinginkan sudah didapatkan, selanjutnya harus segera melakukan set up domain karena berlaku selama 24 jam saja, jika tidak segera di set up maka nama domain yang kita bikin akan dihapus. Jadi tekan tombol set up.

Jika kita telah memiliki hosting tentunya untuk pengaturan server harus disesuaikan dengan server yang kita gunakan, tapi kalau menginginkan hosting yang gratis pula misalnya ke http://www.000webhost.com/ maka langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan atau setting Name Server (NS) untuk mengarahkan kehosting tersebut dengan langkah-langkanya sebagai berikut:

  1. Klik Radio Manage DNS
  2. Isi name server1 dengan ns01.000webhost.com dan Name Server2 dengan ns02.000webhost.com
  3. Selanjutnya klik tombol Set Up.
  4. Klik Ok dan secara otomatis domain sudah siap, selanjutnya dalam 48 jam server akan diarahkan ke tempat hosting. Tetapi, tidak harus menunggu 48 jam, lebih baik langsung siapkan saja hostingnya.

Langkah-langkah untuk mendapatkan hosting gratisnya akan saya tuliskan dilain kesempatan.

Download tip membuat blog gratis disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.