Kip's Bandung

30
Apr

Mengenal Manfaat & Efek Samping Vitamin C

Published By:   Related entries: Health   Tags: ,

Vitamin c sering disebut sebagai rajanya vitamin, Itu karena vitamin C memang memiliki banyak manfaat. Selain bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem imun. Belakangan ini vitamin c juga menjadi sebuah konsumsi untuk kebutuhan penampilan.

Vitamin c sangat dibutuhkan, terutama di kota besar. Belum lagi radikal bebas berupa polusi dari asap kendaraan bermotor dan rokok, serta lainnya, makin bertebaran. Semua itu membuat tubuh rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Daya tahan gampang menurun dan serangan radikal bebas membuat sel-sel tubuh mudah rusak dan tak mampu berfungsi dengan baik. Salah satu akibat dari proses kerusakan secara cepat itu adalah penuaan kulit lebih dini.

Dosis konsumsi vitamin C yang ideal adalah 75 miligram per hari. Perempuan hamil dan ibu menyusui sudah tentu harus mengonsumsi vitamin C lebih besar dari jumlah itu. Ada juga yang berpendapat cukup mengonsumsi 200 miligram sehari. Bagi orang yang hidup dengan stres atau mereka yang tinggal di kota besar yang penuh polusi, dosis 500 miligram adalah dosis yang cukup baik.

Tidak semua orang sadar dan mau mengonsumsi makanan sehat seimbang. Padahal, kebiasaan itu secara tidak langsung menjamin pasokan zat gizi, mineral, dan vitamin dalam tubuh secara memadai. Vitamin c banyak dapat kita temui dikehidupan kita sehari hari, seperti sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vit C. Kondisi itu kemudian memunculkan berbagai pilihan. Bagi mereka yang kurang mendapat asupan vitamin melalui makanan alami, muncul berbagai produk suplemen sebagai jawabannya. Tetapi juga banyak orang memiliki kesulitan mengkonsumsi suplemen vit C dengan cara oral (diminum), seperti penderita penyakit lambung. Maka muncul alternative lain untuk dapat mengkonsumsi suplemen vit C. Salah satu pilihan itu tersaji dalam bentuk injeksi atau suntikan vitamin.

Kabarnya dengan suntik vitamin C, selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan, juga akan membuat kulit tampak lebih cantik dan awet muda. Hal ini berkaitan dengan cara kerjanya, antara lain menghambat kerja enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen. Jika kulit sering terpapar sinar matahari, enzim ini akan cepat terangsang untuk membentuk pigmen. Bila proses pigmentasi itu dihambat, otomatis kulit jadi bersih dan cerah.

Kecukupan vitamin C akan membantu pembentukan kolagen atau senyawa berisi asam amino mirip lem pengikat sel. Zat perekat ini menjadi bagian susunan utama jaringan penghubung seperti kulit, tulang, dan ikatan sendi tulang. Kolagen menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit dengan bantuan vitamin C. Juga untuk mendukung berlangsungnya proses yang memungkinkan molekul mencapai bentuk terbaiknya (hydroxylation). Tugas vitamin C pula untuk menjaga kolagen dari risiko cepat rusak dan lemah. Jadi, ketika vitamin C diberikan secara memadai pada sel kulit, ada kesempatan baik untuk mengurangi kerutan dan meningkatkan kehalusan permukaan kulit.

Disarankan bila ingin mengkonsumsi vit c dosis cukup tinggi, untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena menyangkut efek samping yang dapat di derita. Sejauh ini vit c aman untuk dikonsumsi. Tapi konon vitamin C sebaiknya jangan diberikan pada penderita gagal ginjal dan batu ginjal, sebab akan memacu pembentukan batu ginjal. Vitamin C juga bisa mengganggu penyerapan mineral yang diperlukan tubuh seperti tembaga. Vitamin C merupakan senyawa yang mempermudah penyerapan zat besi. Sebaiknya jangan diberikan pada penderita yang mempunyai kelebihan zat besi. Misalnya pasien hematokromatosis (pewarnaan jaringan dengan pigmen darah).

Related Post :

facebook share
8 Responses to “Mengenal Manfaat & Efek Samping Vitamin C”
abah Said:

mas indra bagi vitamin c dinks

[Reply]


anhwa Said:

dear all,
sy mengunakan suntik vitamin c,bagus2 aja asal konsumsi air putih hrs banyak agar ngk dehidrasi….
vit C jagoaan utama tuh tp hrs meintenance tiap ada waktu….

[Reply]


lynda eryca lubis Said:

saya juga pengguna Vit c injeksi . plus collagen…..
saya dengan kalo keseringan bisa memicu penyakit kanker ya….
apa bener ?

[Reply]


lolyta Said:

daripada kena penyakit ginjal ngak papa deh kulitku ireng he hee

[Reply]


katax suntik vit.c bisa bikin putih..so terbukti sih,tp ada jg yg gak?n katax bisa bikin kurus.ya gimana donk klo yg udah kurus..tambah kurus donk,,heam ribet juga mau cantik,ada resep lain gak?buat mutihin kulit..berbagi pengalaman dunkz…?

[Reply]


Nia Said:

nice info….
cuma share aja apa bener itamin C tidak mungkin bercampur dengan kolagen dalam ampul tunggal karena satunya larut dalam air sedang yang lainnya menjadi berat molekul tinggi & molekul besar, keduanya tidak bercampur. Selain itu, jika Anda menyuntikkan kolagen secara intravena (ke pembuluh darah), Anda akan mengalami anaphylactic shock atau DIC (koagulasi intravascular disemminated) yang terbukti berakibat fatal. Penyuntikan kolagen ini mirip dengan suntik vitamin E, vitamin yang berbasis minyak, yang tidak dapat dilakukan secara intravena.

[Reply]


Terima kasih atas informasinya. About Vitamin C, vitamin C hanya dibutuhkan 1 mg untuk tiap-tiap 1 kg Berat Badan. Jika seseorang mempunyai berat badan 55 kg, maka ia hanya butuh 55 mg vitamin C per harinya. Jika seseorang mempunyai berat badan 80 kg, maka ia hanya butuh 80 mg setiap harinya. Dan memang salah kaprah jika kita mau ikuti apa yang diiklankan oleh produk tertentu di mana produk itu mengandung 1000 mg vitamin C.
Konsumsi vitamin C yang berlebihan akan memperberat kerja hati dalam melakukan metabolisme, dan memperberat kerja ginjal ketika melakukan penyaringan darah.
Intinya konsumsi yang berlebihan akan membahayakan bagi tubuh terutama organ hati dan ginjal. Demikian share dari saya.

[Reply]


umiabie Said:

ya, memang sebaiknya konsultasi kedokter agar lebih aman..

[Reply]


Leave a Reply

0+6=


Free Translation Widget

Kumpulan Pribahasa (Babasan-Paribasa) Sunda

Mengenal Manfaat & Efek Samping Vitamin C
[spoilergroup] [spoiler intro="A"] Adab lanyap Jiga nu handap asor, daek ngahprmat ka ba...

Ngaguar Basa tur Budaya Sunda

Mengenal Manfaat & Efek Samping Vitamin C
Lain pedah sugih ku elmu jembar ku pangabisa, lain pedah oge jegud pangaweruh tur jembar k...

Berbalas Pantun

Mengenal Manfaat & Efek Samping Vitamin C
Ibarat makan sudah menjadi kebutuhan baku sehari-hari, beberapa jam disetiap harinya past...

Links

Subscribe Us