Hady Mirza, The First Asian Idol

Hady Mirza kandidat Asian Idol yang berasal dari Singapura memang layak jadi pemenang Asian Idol yang pertama. Mungkin ketika pembawa acara berkata, “and the first Asian Idol goes to, Hady Mirza, Singapore,” banyak pemirsa yang kaget, karena tidak ada seorang pun juri yang memprediksi, termasuk saya sendiri yang memprediksi Jaclyn Victor yang bakal jadi juaranya.

Tetapi, jika dicermati secara sesama, Hady Mirza (Singapore) memang layak juga menjadi juaranya. Dia dan lima kandidat lainnya, Mike Mohede (Indonesia), Jaclyn Victor (Malaysia), Mau Marcello (Philipina), Phuong Vy (Vietnam) dan Abhijeet Sawant (India) disaksikan berjuta pasang mata dan telinga yang jelas berbeda cara pandang dan penilaiannya.

Dari sistem pemilihan yang cukup bijaksana, dengan mengharuskan pemilih untuk mencantumkan dua negara sekaligus, dengan harapan mungkin supaya proses pemilihan pemenangnya nantinya bisa adil. Karena kalau hanya satu negara saja yang dipilih, mungkin hanya terfokus dan memihak pada masing-masing perwakilan negaranya saja. Dan jika kita melihat dari aspek jumlah penduduk, maka jelas Singapura yang cuma sedikit jika dibandingkan dengan Indonesia, negara dengan 200 juta lebih penduduknya, atau bahkan India yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua setelah China. Tetapi harus diingat, tidak semua penduduk yang tentunya punya hp sudi membuang pulsa sebagai biaya mengirimkan sms demi idolanya, belum tentu?

Jika ada yang berkata, kenapa kok bisa Hady Mirza yang akhirnya memperoleh hasil polling SMS yang terbanyak mengalahkan kandidat terkuat juara Asian Idol seperti tiga urutan prediksi saya ini, Jaclyn, Mike, dan Mau?

dukungan tersebut menurut saya sangatlah pantas, karena memang dimungkinkan dengan adanya pemilihan lewat satu sms berisi dua calon pemenang. Mungkin dukungan yang pertama tentunya buat negara mereka sendiri, dan yang kedua adalah negara lainnya yang mereka sukai dan layak menjadi pemenang. Karena tak ingin penyanyi andalan dari negara mereka masing-masing kalah dengan pesaing terkuatnya, maka si pengirim sms tadi memilih penyanyi yang tidak diunggulkan atau tidak diperhitungkan. Misalnya saja pendukung Indonesia akan segan jika memilih Philipina atau Malaysia yang notabene pesaing terkuat dari Mike Mohede, begitu juga pemilih dari negara lain. Dan kontestan yang tidak diunggulkan akhirnya melejit dalam pengumpulan suara, bisa jadi.

Selain itu, faktor lainnya mungkin juga karena sex appeal dari si ganteng Hady Mirza ini yang akhirnya meluluhkan hati wanita se-Asia dan membuat mereka terpaksa membuang pulsa demi memilihnya sebagai Asian Idol. Mereka akan terkesima dengan kegantengan cowok Singapura itu. Dibandingkan dengan Mike yang bertubuh subur dan Abhijeet yang berkulit kelam selayaknya kebanyakan orang India, Hady Mirza unggul dalam hal fisik.

Disisi lain, Singapura merupakan salah satu negara yang sangat maju dalam segala hal termasuk ekonominya. Secara otomatis kemungkinan penduduknya yang rela membuang pulsanya pun sangat tinggi.

Satu hal lagi yang bisa kita cermati yaitu penguasaan bahasa dari Hady, selain mungkin fasih berbahasa Inggris dia cakap berbahasa melayu (Indonesia), yang sudah jelas dibeberapa negara Asia ini, banyak penduduknya yang menggunakan bahasa melayu.

Dari sekian banyak asumsi, kita semua janganlah munafik dengan meremehkan suaranya. Cermati dengan seksama lagu yang dibawakannya, “berserah”. sangatlah tidak jujur kalau seandainya lagu tersebut yang dinyanyikan Hady Mirza itu tidak enak didengar. Dan, yang sangatlah mutlak alias tidak bisa dipungkiri lagi, selera dari kita semua berbeda-beda.

Hady Mirza memang layak jadi Asian Idol yang pertama, selamat!

“Berserah” written by Taufik Batisah.

Gerhana meliputi segala
Tiada lagi sinaran cahaya
Keinginan tanpa kepastian
Tak mampu rasanya ku teruskan, ku meneruskan

Biarlah, ku relakan segala

walau hidupku sebuah tanda tanya mengapa
Biarpun tak mampuku bertahan
Takkan pernah ku akui kalah

Masih terdampar ku disini
Tiada jalan mungkin ku lalui
Haruskah hidupku dipersenda?
Mengharungi dugaan yang berlanda. Ku berserah.

Biarlah ku relakan segala walau hidupku sebuah tanda tanya mengapa
Biarpun tak mampu ku bertahan
Takkan pernah ku akui kalah

Tuhanku ku relakan segala
Takkan pernah ku akui kalah
Ku percaya ku yakin pada-Nya
Dia yang menentukan semua

Ku berserah…

15 Responses to Hady Mirza, The First Asian Idol

  1. pUJan says:

    saia setuju ….
    di tambah lagi ternyata hady juga aslinya berasal dari indonesia lho . hady keturunan orang bugis . jadi , berbanggalah indonesia ^^;
    plus plus , muslim pula . jadi yaaah , muslim berjaya di tengah2 non-muslim lainnya (mike, jac, vy, sawant, dan mau)
    allahuakbar !!

  2. Farhana says:

    Ok lah Hady Mirza menang. Kan seorang penyanyi ga cukup klo cuma punya bakat nyanyi aja, tapi juga harus punya bakat entertain yang kuat, yang dimiliki Hady Mirza. Menurutku sih Mike Mohede suaranya emang bagus banget, tapi bakat entertainnya ga cukup kuat. Anyway congratulation Hady..!!!

  3. kips says:

    Setuju, kalau masalah vokal saya sendiri lebih menjagokan Jaclyn Victor, tanpa embel-embel yang lainnya selain dari teknik vokal.

  4. nnia says:

    Hady bagus ko nyanyi berserahnya.. tiap malem ajja gw nyanyiin..
    lo ga denger live kalii..

  5. kips says:

    Iya, tulisan diatas hanya sbg prediksi kemungkinan beberapa faktor yang bisa menjadikannya sebagai pemenang, menurut sy juga munafik kalau bilang lagu yg dinyanyikan saat show (berserah)itu ga enak didengar.

  6. sanny says:

    love them all.
    they all are the winners for me
    love hadi.
    love the 6 asian idols
    GREAT

  7. kips says:

    ok, I’m agree.
    And of course they altogether is the winner.

  8. thrya says:

    hady emang ok!!!

  9. fadh_mirza says:

    hady emang gak ada duanya kalau aku liat hady emang perfek dari tampang dari suara n dari bahasa, tampang:oke banget, suara:keren abizz,bahasa:banyak yang dia bisa yah jadi gak usah heran deh,,, oiya buat pUJan kamu tau dari mana kalau hady keterunan bugis?
    oiya buat hady “LO KEREN BANGET SIIIIH”

  10. cHyaMirza says:

    Hady Mirza,,,
    suaranya memang tak sebagus Mike. Tapi, dia punya sesuatu yang membuat dia terlihat begitu sempurna. Dia memiliki hal yang membuat banyak orang (sebenarnya para cewek) jatuh cinta, tak terkecuali saya. He has an Inner Beauty. Wajahnya begitu sempurna,,,,, senyumnya begitu dalam dan tulus. tak heran jika saya rela menghabiskan seluruh pulsa untuk mendukung dia. lagipula, saya dan Hady sama keturunan Bugis,,,,
    heee…hee….

  11. nAdiA@SilPHiana says:

    Hady Mirza emang cuco` bgt jd pemenangnya Asian Idol.Disamping suara yg OK, doi jg punya tampang yang paling ca`em diantara kontestan2 yg lain.Lagipula doi rendah hati n ramah bgt……cocok lah jd pemenang.
    Tp koq lagu2nya Hady ngga pernah diputer dradio,ya?kaya pemenangnya American Idol,gitu….ap aq aja yang nggak pernah denger……..?

  12. Kareen says:

    wah keren banget hady tuh!!!!!!
    mana muslim,dari indo lagi
    bangga deh orang indo ma muslim
    cayo hady!!!!!!!

  13. achie says:

    hady emang keren abizzzz!!!!
    sumpe de!

  14. rahmi says:

    wah…kalo gue sih setuju bgt Hady yang menang.Siapa yang bilang suh suaranya gak bagus?Telinga lo budeg kali.Doi tuh complete banget kalo menurut gue.Suara bagus plus tampang cakep.Friendly banget lagi.Pokoknya gue setuju banget Hady yang menang.Ciayo buat Hady.Luv u.Gue selalu nungguin performance nya di indonesia,tapi kyk nya jarang ya?!hm…yah,initinya,congrats buat Hady,lo pantes buat jadi juara…

Leave a Reply

Your email address will not be published.