Global Warming alias Pemanasan Global

Mengungkap secara detail mengenai permasalahan pemanasan global dan menemukan solusi pemecahan memang tidak semudah membicarakannya.

Isu global warming telah menjadi satu bagian yang erat dan tidak terpisahkan pada kehidupan masyarakat modern zaman sekarang, karena telah mengancam keseimbangan seluruh ekosistem yang berada di bumi, bahkan kelanjutan masa usia di bumi. Naiknya permukaan air laut (sea level rising ), dan tidak terkendalinya gas emisi karbon dioksida di dunia sebagai contohnya.

Salah satu dampak dari pemanasan global yang berkepanjangan ini menjadi ancaman tersendiri bagi umat manusia di dunia karena berpotensi menenggelamkan daratan. Kondisi atmosfer yang bolong menyebabkan radiasi sinar ultraviolet diterima secara langsung 100% oleh permukaan bumi sehingga terjadi pemanasan yang menyebabkan suhu meningkat tajam dan melelehkan kutub utara. Gawat bgt ya?

Belum lagi, jumlah penduduk semakin meningkat setiap harinya sehingga kebutuhan akan alat transportasi menjadi besar dan tidak terkendali. Gas emisi karbon dioksida yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor (ditambah pabrik) mengotori udara bersih. Begitu juga dengan pembangunan bangunan-bangunan, banyak yang hanya terpaku pada keuntungan ekonomi semata, seharusnya membangun bangunan saat ini berwawasan lingkungan dijadikan bahan pertimbangan pula.

Selain itu, kita sebagai masyarakat juga harus meningkatkan kesadaran untuk selalu memelihara dan merawat lingkungan dengan baik. Bisa kita mulai dari hal-hal kecil, misalnya mengurangi pemakaian AC, kulkas, plastik dan lain sebagainya dalam kehidupan sehari-hari. Terus, bagi yang selalu bawa kendaraan bermotor, coba beralih ke transportasi yang ramah lingkungan seperti sepeda, atau paling tidak mengurangi pemakain kendaraan seperti yang biasanya setiap anggota keluarga menggunakan kendaraan dalam beraktivitas mungkin bisa dikurangi dengan penggunaan seperlunya saja. Selain itu, perbanyak menanam pohon. Bumi yang hijau adalah dambaan kehidupan di masa ini dan masa mendatang, mudah-mudahan dapat meredam bahaya pemanasan global yang berkepanjangan. Amiin.

2 Responses to Global Warming alias Pemanasan Global

  1. eka says:

    smua itu bener,,

    kita sbg manusia tuh haruz tau diri.
    bumi udah ngasih kita tempat yg nyaman, kita bsa bernapaz dg lega, coba aja deh pake akal sehat kamu bayangi kalo misalnya bumi ini udah panas udah penuh sesak krn pembangunan pabrik, pemukiman2 truz klo dah gitu gimana? mungkin sih kita udah mati tapi anak2 kita yg bakal sengsara!!!

    mo pindah ke planet laen????? ya ga mungkin lah!!

    emang sih ngerubah smua ini ga segampang ngomongnya tapi, bner kata artikel di atas, kita mulai dri hal kecil dulu,,
    lagian apa salahnya sih nanam pohon,, toh seger adem dan enak di liat,,

    ya nggak????

  2. ada says:

    bumi makan panas maka jaga dunks bumi mau kmana lagi kita tinggal?

Leave a Reply

Your email address will not be published.