Berpikir Positif

Berpikir Positif

Seseorang yang suka berpikiran positif akan memandang segala sesuatu dari sudut yang baik. Tidak melihat suatu keadaan dari segi buruk, melainkan justru dari segi baiknya. Tidak berpikir buruk tentang orang lain, senantiasa mencoba membayangkan hal-hal baik dibalik perbuatan buruk orang lain. Selebihnya, jika senantiasa mengambarkan dampak pola berpikir positif tentang suatu keadaan atau seseorang, hasilnya mungkin betul-betul menjadi positif. Contoh sederhana:

  • Jika kita bersikap ramah terhadap seseorang, niscaya orang itupun akan menjadi ramah terhadap kita.
  • Jika kita memperlakukan anak kita sebagai anak yang cerdas, besar kemungkinan akhirnya dia betul-betul menjadi cerdas.
  • Jika kita yakin bahwa upaya kita akan berhasil, besar sekali kemungkinan tercapai melihat upaya yang dikerahkan saja mendekatkan pada separuh keberhasilan.

Pikiran kita memang seringkali mempunyai dampak fulfilling prophecy atau ramalan tergenapi, baik positif maupun negatif.

  • Andai kita menganggap tetangga kita judes, lantas kita tidak mau bergaul dengannya, bisa jadi akhirnya dia betul-betul menjadi judes.
  • Andai kita mencurigai dan menganggap anak kita tidak jujur, akhirnya ia betul-betul menjadi tidak jujur.
  • Andai kita sudah putus asa dan merasa tidak sanggup pada awal suatu usaha, besar kemungkinannya kita betul-betul akan gagal.

Berpikir PositifIbarat yang nampak pada gambar, jika memandang bunganya tentu saja cukup indah. Lantas menyiramnya hingga bunga dan daunnya bersih dan segar. Namun, jika terfokus merlihat kotornya saja tanpa melirik keindahan bunganya, niscaya bunga tersebut dikelilingi kotoran sampai layu dan punah.

Dampak berpikir positif!

Dampak pola berpikir positif disebut dampak Pygmalion. Pola pikir Pygmalion adalah berpikir, menduga dan berharap hanya yang baik tentang suatu keadaan atau seseorang. Bayangkan, bagaimana besar dampaknya bila kita berpola pikir positif seperti itu. Kita tidak akan berprasangka buruk tentang orang lain. Kita tidak menggunjingkan desas-desus yang jelek tentang orang lain. Kita tidak menduga-duga yang jahat tentang orang lain.

Kalau kita berpikir buruk tentang orang lain, pasti ada saja bahan untuk menduga hal-hal yang buruk. Sebagai contoh kecil, jika ada seorang teman tiba-tiba memberi hadiah kepada kita. Hal tersebut tentu merupakan perbuatan baik. Tetapi, jika kita berpikir buruk, maka kita akan menjadi curiga. Bisa-bisa mengomel dalam hati “tumben ngasih hadiah, jangan-jangan ada maksud tertentu.” Atau berpikiran tak layak “Ah, jangan-jangan hadiahnya cuma barang murah dan tak enak.” Yang rugi dari pola pikir seperti itu tentu diri kita sendiri. Kita menjadi mudah curiga dan menjadi tidak bahagia. Sebaliknya, kalau kita berpikir positif, kita akan menikmati hadiah itu dengan rasa syukur dan gembira.

Warna hidup memang tergantung dari warna kaca mata yang dipakai. Kalau memakai kaca mata kelabu, segala sesuatu akan tampak kelabu. Tetapi kalau memakai kaca mata yang terang, niscaya segala sesuatu yang tampak adalah cerah. Kaca mata yang berprasangka atau benci akan menjadikan hidup penuh curiga dan dendam. Tetapi dengan kaca mata yang damai akan menjadikan hidup itu indah.

Hidup akan menjadi baik kalau memandangnya dari segi yang baik. Berpikir positif atau berpikir baik tentang diri sendiri, tentang orang lain, tentang keadaan dan juga berpikir baik tentang Tuhan. Dampak berpikir positif seperti itu akan dirasakan dengan baik. Keluarga menjadi hangat. Kawan menjadi dekat dan bisa dipercaya. Tetangga menjadi akrab. Pekerjaan menjadi menyenangkan. Dunia menjadi ramah dan hidup menjadi indah. Wallahu a’lam bishawab.

118 Responses to Berpikir Positif

  1. free backlink says:

    kalau semua orang berpikir positif tempat ibadah penuh dunia aman gan

  2. randi says:

    tapi kalau kita berfikir positif tetapi kenyataan nya dia melakukan negatif…..!!sikap apa yg harus di lakukkan???

  3. sangat membantu saya terutama untuk meningkatkan semuan ingatan perasaan, dan seluk beluk menjadi agar stabil di sesi positif :)

  4. awen says:

    Dengan berfikir positif Hatipun akan menjadi lebih damai dan tidak mudah mengeluh juga kang “:)

  5. Pygmalion oh pygmalion, rasanya gak mudah bung bagi saya untuk mencapai pola fikir pygmalion. Cukup sulit karena berkaitan dg karakter, usia, sikon permasalahan dll. Walau sulit, semoga saya bisa menjadi orang yang selalu berpikir positif dalam segala hal agar mencapai tingkatan selfless.

  6. betul sekali kang, dengan selalu berpikiran positif setidaknya hati akan terasa nyaman karena tidak punya rasa curiga atau perasaan jelek kepada orang lain… tapi ke hati-hatian juga sangat penting hehehee

  7. Musjono says:

    Warna Hidup Seperti Warna Kac mata Yang di Pakai. Kaca mta kelabu segala yang di lihat akan kelabu Kaca mata bening yang nampak juga bening cerah indah ini Nyentuh Bnget… Dimana Kacamata disini adalah Pikiran dan pola pikir kita Positif atau sebaliknya maka itulah yang akan kita dapat kedepannya. Memeng yang akan terjadi kedepan berawal dari apa yang kita pikirkan. Tuhan memberi sesuata sesuai Apa-apa Yang Dicita-citakan dan di upayakan Manisia

  8. Mang Lembu says:

    dua minggu ini sering banget saya mendengar orang-orang menyuruh saya berpikir positip…eladala…bener aja kemarin sore pacar saya menangis tersedu sambil memelukku dan berbisik…mas…aku positif…hadeuh.

  9. setuju nih mas dengan ulasannya.
    memang berfikir positif sangat diperlukan dalam setiap gerak kita

  10. dalam komentar diblog pun saya juga selalu berfikir positif,walau kadang2 komentar saya panas tp saya yakin bahwa admin blog ini udah tau bahwa komentar itu sebatas canda nggak serius.
    betul? :D

  11. Dwi Sugiarto says:

    Intinya bagaiamanapun keadaannya tetap berpikiran positif ya mas

  12. Achmad Fazri says:

    Selalu berpikir positif bisa peran penting dalam pembentukkan setiap individu ya kang, keberhasilan akan terjadi kepada mereka yang percaya diri dan berfikir positif. karena dapat mencerminkan bahwa sebenarnya orang yang berfikir positif hidupnya akan positif pula…

  13. Aku senantiasa mencoba pakai kacamata positif. Karena kacamata minus sudah tidak ada gunanya lagi :)
    Aku senantiasa selalu berpraduga positif walau hal itu tidak menyenangkan. Karena aku tidak tahu ihmah dibalik suatau musibah. Rasa marah hal yang biasa tapi harus bisa mengendalikannya.
    Sesuatu akan tampak indah kalau dipandang dari sudut yang indah.

  14. yanuar says:

    Kadang, kita jg bisa terpengaruh oleh omongan tetangga. hehehe

  15. memang kita itu itu harus positif thinking ya kang kalo bahasa gaulnya itu..
    kalo berpikir negatif malah suka jadi gelisah tak menentu, berfikir positif memang sangat diperlukan..

  16. KKDD Blog says:

    salam kenal dari blogger bandung and keep positif thinking :)

  17. hanibi says:

    Berpikir positif sama juga berprasangka baik y mas? Memang melatih berpikir positif itu butuh kesabaran dan dengan hati yg bersih tentunya. Karena jiwa yang kotor akan sulit untuk berpikir positif, yang ada hny keburukan semata… Ilmu Agama dan Pendidikan sangat berperan dalam hal berpikir positif.

  18. Ceritaeka says:

    Diingetin lagi untuk berpikir positif :) ah. Terima kasih.

  19. dengan berpikir positif, menjadi lebih nyaman menjani hidup

  20. Sip Kang.. Berpikir positif sangat baik untuk kesehatan ya, bikin dunia menjadi ramah dan hidup menjadi indah, setuju bingit nih ya… Termasuk berpikir positif mengenai kegiatan ngeblog ya Kang? hehehehe :)

  21. inilah kenapa kita harus berprasangka baik agar dapat berpikir posittiip ,, bukan begitu kang?

  22. Aul Howler says:

    Kadang yang bikin hidup seseorang nggak bahagia itu emang pikiran negatifnya ya…

    • kips says:

      Kebebabas pikiran menjadi terbelenggu, karena hati dan otak kerapkali tak setuju. Akhirnya terjauh dari ketenangan dan rasa bahagia :mrgreen:

  23. kalau kita selalu bersikap positif terutama sesama pasti adem ya kang, gk ada pikiran buat di jahatin orang

  24. Nyleneh.com says:

    Wah itu gue banget gan, soalnya Ane selalu berpikir positif jika sedang melakukan sesuatu. Jadi kita nggak selalu suudhon ya gan kalau sering positif thinking :)

  25. Ifrod Maksum says:

    tidak hanya berburuk sangka, tapi membuat orang berburuk sangka juga tidak baik

  26. mangs aduls says:

    bener ya mangs kips harus berpikir positif. dengan berpikir fositif pikiran jadi enteng.
    terkadang saya juga keburu berpikir jelek pada orang eh ternayata tidak seperti itu. bener aja ya prasangka jelek datangnya dari setan.

  27. mangs aduls says:

    kumaha mangs kips damang. baru bisa berkunjung lagi nih mang abis tugas

  28. Marnes says:

    PPadahal begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari berfikir positif ya kang, karena dengan berfikir positif akan dapat membangun mental dan fisik yang kuat, selain itu berfikir positif juga dapat membuat jiwa dan raga kita menjadi lebih sehat serta dapat mengelola stress dengan baik, pokoknya masih banyak manfaat yang kita dapat dari berfikir positif.

  29. Jati Solomon says:

    Keren Kang Artikelnya, berpikir positif akan menimbulkan energi positif dilingkungan dan keberhasilan kita

  30. Manfaat berpikir positif menurut penelitian juga bisa membuat seseorang tersebut bisa lebih awet muda loh mas..

  31. Positif thinking membuat kehidupan kita lebih seimbang,,,

  32. Erress says:

    Benar sekali, selalu ada hal baik dibalik setiap hal buruk yang kita alami atau hadapi, tetap berpikir positif…

  33. Maman says:

    menjadi pengingat kepada saya untuk senantiasa berbaik sangka atas segala hal

  34. Postingan yg bagus..berpikir positif..salah satu kontrol diri terbaik..terima kasih.

  35. Saffroel says:

    Ini hal yg paling sulit dlm kehidupan. Mgkn butuh kesabaran yg lebih… Apalagi pny tetangga yg judes seperti diatas… huftttt…

  36. weigochan says:

    saya selalu berpikri positif apalagi saat bermain poker. klo ga gitu repot yah mas

  37. alex says:

    Selalu visualisasikan situasi yang menguntungkan dan bermanfaat bagi anda. Gunakan kata-kata positif dalam suara hati anda atau ketika anda berbicara dengan orang lain. Tersenyumlah sedikit lebih banyak, karena senyuman akan membantu anda untuk berpikir lebih positif. Abaikan perasaan malas atau keinginan untuk berhenti. Jika anda bertahan, anda akan berubah pola pikir anda.

  38. mae says:

    Untuk merubah pikiran anda menjadi positif, diperlukan latihan dan kemauan untuk merubah diri anda karena sikap dan pola pikir tidak dapat berubah dalam sekejap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *