Berkompetisi dan Membentuk Pribadi yang Sehat

SEA Games, Berkompetisi dan Membentuk Pribadi yang SehatMinggu pagi dikawasan jalan Dago Bandung seperti biasanya dimanfaatkan sebagai area kegiatan car free day, salah satu bentuk kegiatan yang mendukung perwujudan hidup sehat. Olah raga (meski hanya sebatas olah raga ringan) dijadikan sebagai pendukung membentuk fisik yang sehat, bebasnya polusi dan kerapihan sekitar area berlangsungnya acara dijadikan sebagai perwujudan lingkungan yang sehat pula.

Dan tepat satu hari sebelumnya, tanggal 12 November juga bertepatan dengan “Hari Kesehatan Nasional” yang maknanya adalah semua masyarakat Indonesia harus menikmati kata “sehat”. Dimana kesehatan itu sendiri dapat diartikan secara harfiah yaitu berhubungan dengan kondisi fisik seseorang, orang yang secara fisiknya terbebas dari suatu serangan penyakit akan dikatakan sehat, dan begitu juga sebaliknya.

Berkaitan dengan kesehatan tentu saja tidak terlepas dari peran pemerintah yang mengurus negeri ini. Seperti halnya salah-satu kegiatan yang disebutkan diatas. Bagaimanapun, kebijakan kesehatan mempunyai implikasi penting terhadap tercapainya pembangunan nasional karena merupakan bagian terintegrasi. Jika terdahulu pembangunan kesehatan dilakukan lebih ke cara atau cukup dengan berpikir bila sakit tinggal berobat saja ke tempat pelayanan kesehatan, sekarang ini memang pantas pemerintah memberi pengarahan berpikir bagaimana caranya supaya tidak sakit dan juga adanya sikap kemandirian masyarakat berupaya promotif dan preventif yang ditumbuh-kembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Diantara kompetisi dan kesehatan dalam olah raga! Saat ini SEA Games ke-26 sedang berlangsung. Hal ini menjadi ajang olah raga sekaligus kesempatan untuk menunjukkan keunggulan berkompetisi secara sportif dalam berbagai pertandingan olah raga dikawasan Asia Tenggara atau regional ASEAN.

Penyelenggaraan pesta olah raga saat ini telah berkembang sedemikian rupa sehingga membutuhkan kesungguhan serta kerja sama berbagai pihak karena yang dipertaruhkan bukan peraihan medali belaka melainkan juga bisnis, dan kebanggaan bangsa. Manusia-manusia muda yang dalam jiwanya masih bergelora naluri-naluri ideal untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, dengan pribadi dan fisiknya yang sehat akan menunjang terhadap kemajuan pribadi sekaligus bangsanya. Yakin bahwasannya ada kesempatan untuk meraih prestasi lebih baik yang bisa diraih oleh siapa pun.

Selamat berjuang para atlet Indonesia, semoga dapat mengharumkan nama bangsa sekaligus memberi pengaruh meskipun secara tidak langsung terhadap masyarakat bahwasannya olah raga menjadi salah-satu faktor untuk menuju sehat, dimana kesehatan itu sendiri sangat penting keberadaannya. (rock)

7 Responses to Berkompetisi dan Membentuk Pribadi yang Sehat

  1. Nuno says:

    Biasakan hidup sehat dengan berolah raga…. Selamat, Indonesia juara umum seagames 2011

  2. irfan says:

    didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat ………..

    betul……..

  3. Heryan Tony says:

    semalam cuma nonton sebentar, karena sudah trauma melihat Timnas melawan Malaysia. Hasil akhirnya siapa yang menang antara Indonesia vs Malaysia, Pak?

  4. obat alami says:

    ayo berjuang,,,,kalian pasti bisa menjadi yang terbaik,,kami yakin itu,,,semangaTTTT

  5. Rudi Asmara says:

    Seharusnya kendaraan diindonesia harus mulai dikurangi karena polusi yang berada dikota besar seperti jakarta,bandung dan lainnya sudah terlalu banyak dan kendaraan yang dikeluarkan dari pabrik-pabrik automotif sudah banyak.

    salam hormat
    Rudi Asmara

Leave a Reply

Your email address will not be published.