Kesempatan kerja, Perlukah Enterprenership?

Langkah demi langkah di awal tahun ini telah kita lalui, semoga kita semua mempunyai semangat baru, sehingga dapat memperbaiki ketinggalan-ketinggalan kita sebelumnya. Hal-hal yang belum tercapai di tahun sebelumnya selayaknyalah kita perjuangan di tahun yang mulai berjalan ini.

Sungguh tak terasa hidup ini telah ditempuh bertahun-tahun, hal ini berarti menandakan kita masih dapat menikmatinya. Meskipun terjalnya jalan yang harus dilalui, pastinya tidak dijadikan penyebab hidup ini harus berhenti. Misalnya saja dalam dunia pekerjaan atau usaha, pernah merasakan puasnya hasil yang diinginkan dan tentunya pernah pula menemukan batu-batu sandungan.

Khusus berkaitan pada dunia usaha, mengingat semakin banyaknya berbagai hal yang dapat mempengaruhinya, lantas perlukah arti pentingnya enterprenership itu ada pada diri kita?

Eratnya kaitan terhadap cara mengatasi masalah pengangguran yang semakin besar di Indonesia, mungkin menjadi bahan pertimbangan dan masukan agar perlu ada upaya pengembangan kewirausahaan di Indonesia, baik melalui pendidikan formal maupun upaya fasilitasi lain dari pemerintah dengan berbagai alasan tentunya, misalnya saja:

  • Kesempatan kerja semakin terbatas, sementara di sisi lain, jumlah pencari kerja setiap tahun selalu bertambah. Lalu kemanakah para pelamar yang tak diterima pada suatu instansi atau perusahaan yang membuka lokernya?
  • Indonesia sudah terlalu lama tertinggal dari negara lain. Ketertinggalan itu antara lain berwujud kemiskinan dan kemelaratan.
  • Sebagian rakyat Indonesia berpendidikan rendah. Sebagian diantaranya bekerja di luar negeri sebagai pekerja bangunan, pembantu rumah tangga, perawat, atau pekerja kebersihan. Ini menyebabkan citra Indonesia kurang baik, bahkan dipandang sebagai bangsa dengan tenaga kerja kurang bermutu.
  • Kemiskinan dan ketertinggalan itu, jika dibiarkan berlarut, akan mengarah ke tindakan negatif.

Jiwa entrepreneurship akan memunculkan motivasi untuk maju dan berjiwa inovator. Kewirausahaan akan memindahkan rakyat ke wilayah yang jauh lebih subur dan menyenangkan. Kalau ini terjadi, berarti penganggur dikurangi dan kegelisahan atas meningkatnya angka pengangguran menjadi berkurang.

Pendidikan kewirausahaan penting dilakukan karena akan membuat para wirausaha mempunyai landasan moral, pengetahuan, motivasi dan keterampilan. Wallahu A’lam Bishawab.

3 Responses to Kesempatan kerja, Perlukah Enterprenership?

  1. chau says:

    mas indra gimana caranya menumbuhkan semamngat entrepeneur serta bagaiaman sich menjadi pekerja yang memiliki jiwa entrepeneur

  2. budy says:

    mas semangat ada, trus sudah mulai beberapa kali dan selalu gagal, saya mau tanya sebenarnya untuk mencari potensi wirausaha yang cocok dengan diri kita gimana caranya?

  3. kips says:

    Sy sendiri sebenarnya bukan ahlinya, tapi menurut kacamata sy yang pertama itu dilihat dari bidang apa yang kita sukai, biasanya lebih semangat dalam prosesnya kalau bidang yg akan ditekuni itu sesuai dengan kesukaan kita. Jangan lupa faktor kondisi dan situasi diperhitungkan, mendukung atau tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.