Kip's Bandung

03
Nov

Anthurium Gelcin Kuning Salah Satu Varigata Sejati

Published By:   Related entries: Agriculture   Tags: , ,

Jenis varigata selalu diburu kolektor. Tak terkecuali gelcin varigata. Bahkan jenisnya sangat beragam. Ada putih dan yang lebih paten gelcin kuning. Adalagi bentuk yang aneh si lidah naga. So pasti harganya bisa 4 kali lipat dari jenis normalnya.

Kalau mau prestis dan aman dalam koleksi tanaman pilihlah yang varigata, meski untuk memburu jenis yang aneh ini perlu waktu lama dan persiapan uang cukup besar. Pasalnya bandrol harga bisa berlipat dari tanaman normal. Namun justru itu menariknya, kebanggan tersendiri bagi kolektor bila punya gelombang cinta (gelcin) versi varigata. Yang orang lain tak memilikinya.

Varigata sendiri sebutan untuk sebuah tanaman yang tampil beda dibanding kondisi normalnya. Dalam ilmu botani varigata disebabkan oleh mutasi atau perubahan susunan gen akibat bahan kimia, faktor perubahan lingkungan yang drastis dan kelainan genetis. Seperti gelombang cinta termasuk jenis anthurium yang punya versi varigata paling banyak seperti halnya hookerii. Jadi bila mau cari anthurium varigata, memilih gelcin bukanlah pilihan yang salah.

Persepsi pertama seputar varigata selalu terkait dengan warna daun. untuk gelombang cinta ini versi varigata warna ada 2 jenis. Pertama versi warna hijau totol atau kombinasi putih pucat dan hijau kombinasi kuning. Sebagian menyebutnya gelcin albino. Seperti varigata hijau putih diseluruh daun mampu tampil nyeleneh sekaligus eksotis. jenis Varigata ke-2 yaitu hijau-kuning. Dikalangan anthrurium mania justru menilai varigata kuning hijau inilah yang kelasnya lebih tinggi. Pasalnya dianggap varigata sejati. Kondisi daun varigata kuning sangat prima. Tidak ada kesan hasil rekayasa.

CIRI KHAS VAR!GATA BERKUALITAS

Kalau sudah ada loreng-loreng putih atau kuning pada daun gelcin memang sudah bisa disebut varigata. Tetapi masuk varigata berkualitas belum tentu, Karena biasanya orang menilai varigata yang berkualitas harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut :

SEBARAN
Baik totol putih atau kuning ciri khas varigata harus menyebar secara sporadis. Artinya menyebar merata di sekujur badan daun. selain itu seluruh daun baik daun muda atau daun tua harus menqalami varigata. Banyak kasus disebut semi varigata karena yang menqalami mutasi hanya daun muda, begitu jadi tua varigatanya hilang alias jadi hijau polos. begitu pula yang tampil loreng tidak seluruh daun tetapi sebagian saja jelas kurang berkualitas.

POLA
Akan lebih baik bila varigataya ada pola tertentu seperti batikan, totol atau loreng. Prinsip keseimbangan antara pangkal dan ujung daun. Serta ketajaman pola varigata juga jadi pertimbangan.

KESEHATAN
Seringkali gelcin varigata dianggap kelainan gen. Sehingga identik dengan sifat mudan sakit dan rentan. Maka dari itu varigata berkualitas bila tampilan tetap kokoh, daun roset dan kaku serta mampu tampil jumbo.

Varigata bisa saja muncul belakangan. Alias tidak stabil. Tentu saja beli yang sudah jadi seperti ukuran remaja atau dewasa lebih terjamin. Beberapa kasus varigata dipengaruhi juga oleh pola perawatan seperti pemupukan. Semisal pupuk terlalu banyak alias terlalu subur don banyak sinar matahari bisa merangsang varigata berubah normal.

DINAMIKA GELCIN VARIGATA TANDUK MATADOR DILAWAN LIDAH NAGA
Istilah varigata juga sering untuk menyebut jenis gelcin yang mengalami perubahan bentuk. Dalam hal ini warna tak berubah tetapi karena mutasi gen maka bentuk gelcin jadi menyimpang dari normalnya. Seperti jenis tanduk matador. Dari fisiknya masuk jenis gelcin, tetapi karena daunnya memutar membentuk seperti tanduk maka disebutlah tanduk matador.Adalagi gelcin yang memutar sehingga disebut twister karena polanya seperti pusaran angin. Lantas bila lekukannya rapat dan kaku disebut lekuk cinta tak lagi gelcin.

Adalagi yang terbaru yaitu disebut gelcin lidah naga. Kok ada-ada saja, kenyataannya memang ada. Contohnya dengan ujung daun gelombang cinta yang biasa lancip tampil diluar kewajaran. Ujungnya justru membelah jadi 2. Praktis seperti garpu sehingga mirip lidah naga yang bercabang.

Mengoleksi Gelcin varigata memang harus cermat dan jeli. Biasanya karena ingin murah, belinya saat masih bibitan (seedling) daun 2-4. Tentunya dipilih yang sudah muncul urat putihnya. Ibarat gambling kalau besar benar jadi varigata maka memang pas lagi untung. Kalau pas apes varigata yang bibitannya sudah mahal ternyata tampil biasa saja.

Muncul varigata kadang diluar kesengajaan. Bisa tiba-tiba padahal saat kecilnya normal saja. Biasanya hal ini karena ada faktor pemicunya seperti faktor media, pupuk, dan masih banyak lagi. Dalam teknologi genetika pembentukan varigata sudah dijajaki dan berhasil seperti teknik radiasi sinar gamma dan pemberian zat khusus penduplikasi gen cholchicine.

Related Post :

facebook share
Leave a Reply

3+4=


Free Translation Widget

Kumpulan Pribahasa (Babasan-Paribasa) Sunda

Anthurium Gelcin Kuning Salah Satu Varigata Sejati
[spoilergroup] [spoiler intro="A"] Adab lanyap Jiga nu handap asor, daek ngahprmat ka ba...

Ngaguar Basa tur Budaya Sunda

Anthurium Gelcin Kuning Salah Satu Varigata Sejati
Lain pedah sugih ku elmu jembar ku pangabisa, lain pedah oge jegud pangaweruh tur jembar k...

Berbalas Pantun

Anthurium Gelcin Kuning Salah Satu Varigata Sejati
Ibarat makan sudah menjadi kebutuhan baku sehari-hari, beberapa jam disetiap harinya past...

Links

Subscribe Us