Breadcrumb WordPress SEO Friendly Tanpa Plugin

Salah satu cara untuk membuat sebuah web atau situs disukai search engine adalah adanya kemudahan navigasi . Keberadaan Navigasi sangat penting dalam membantu dan memudahkan pengunjung dan juga search engine dalam menelusuri isi dari sebuah situs sehingga situs terkait akan lebih SEO friendly. Dan, salah satu navigasi yang mendukung hal tersebut yaitu adanya “Breadcrumb”.

BreadcrumbBreadcrumb merupakan navigasi blog yang biasanya tampil diatas atau dibawah judul artikel. Struktur breadcrumb pada umumnya; Halaman Beranda » Kategori Artikel » Judul Artikel.  Dengan adanya breadcrumb akan lebih memudahkan pengunjung dan search engine dalam menelusuri konten situs mulai dari homepage sampai ke halaman yang lebih spesifik berdasarkan kategori yang telah dibuat sebelumnya. Selebihnya memberi opsi kepada pengunjung untuk menjelajahi artikel lainnya yang berada dalam satu root, dengan kata lain memudahkan pengunjung untuk kembali ke halaman sebelumnya (back to home/root). Disisi lain, akan menambah nilai tambah bagi situs karena memudahkan mesin pencarian termasuk google untuk mengenali struktur situs dengan lebih jelas. Google sendiri menyarankan sebuah situs dapat terbangun dengan struktur yang jelas. Make your site easier to navigate, navigation is very important for search engines.

Tampilan dengan adanya breadcrumb pada postingan ini berada tepat diatas judul postingan, seperti yang nampak pada gambar digambar diatas.

Breadcrumb WordPress!

Melihat manfaatnya tersebut, memasang breadcrumb WordPress cukup berguna. Untuk memasang breadcrumb pada WordPress Self Hosting bisa dengan memanfaatkan plugin atau tanpa plugin.

Dengan kelebihannya, memasang breadcrump tanpa plugin cukup simpel.  Pertama masuk/login tentunya pada blog/situs yang dimiliki, selebihnya Dashboard -> Appearance -> Editor ->  functions.php

Lalu tambahkan script dibawah ini pada file functions.php tersebut, dan jangan lupa save:

function the_breadcrumb() {
if (!is_home()) {
echo ‘<a href=”‘;
echo get_option(‘home’);
echo ‘”>’;
echo ‘Home’;
echo “</a> » “;
if (is_category() || is_single()) {
the_category(‘, ‘);
if (is_single()) {
echo ” » “;
the_title();
}
} elseif (is_page()) {
echo the_title();
}
}
}

Berikutnya, tambahkan script dibawah ini pada style.css :

#breadcrumb{
margin-bottom: 15px;
display:block;
color: #777;
font-weight: normal;
border-left: 2px solid #b11c42;
padding-left: 5px;
}

Jika menginginkan tampilan yang berbeda dan lebih menarik, kode diatas dapat diatur sendiri sesuai selera.

Terakhir tempatkan script dibawah ini pada tempat dimana breadcrump akan ditampilkan, misalnya diatas kode yang biasa digunakan untuk menampilkan judul postingan. Sama halnya dengan situs ini, kodenya ditempatkan diatas kode “<h2 class=”title”><?php the_title(); ?></h2>” pada file single.php :

<div id=”breadcrumb”>
<?php the_breadcrumb(); ?>
</div>

Kode atau script diatas (untuk menampilkan breadcrump) tersebut, selain ditempatkan pada file single.php dapat juga ditempatkan pada file lainnya sesuai dengan keinginan. Kelar sudah, semoga terselip makna yang bermanfaat meski hanya setitik. Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published.