Kip's Bandung

21
Mar

Makna dan Firasat

Published By:   Related entries: Articles   Tags: ,

Reaksi beberapa anggota tubuh seperti kedutan mata, telinga berdenging dan lain sebagainya membuat beberapa orang menafsirkan ke berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Lalu percayakah dengan semua itu mengandung firasat tertentu? Ketertarikan menulis tema ini karena sebenarnya akhir-akhir ini kerap kali mengalaminya, dan terkadang tak sungkan-sungkan bertanya ke beberapa orang yang ada disekitar saya, meskipun pada akhirnya belum pernah mendapat jawaban yang meyakinkan. Memang sih, kalau boleh jujur saya sendiri sama sekali belum bisa mempercayainya, saya menganggap itu semua hanyalah mitos dan yang terjadi hanyalah karena faktor kondisi fisik yang ada pada beberapa organ tubuh kita. Pada kenyataannya, hal ini memang sudah melekat pada kehidupan masyarakat kita sehari-hari. Jika mata berkedut, atau kuping terasa panas berdenging, atau telapak tangan terasa gatal, kita sering bertanya-tanya, apa pertanda atau firasat dari sensasi tersebut. Tafsiran ini bukan hanya terdapat di tanah air, tapi juga dibahas dalam Almanak Thung Shu, sejenis buku ramalan bangsa Cina. Selain tempat kedutan, waktu terjadi juga mengandung makna tertentu. Jadi, menurut salah satu media yang pernah saya baca, harus memperhatikan jam terjadinya pula, lalu temukan artinya seperti berikut:

Kuping berdenging Pukul 01.00 – 03.00 Telinga kiri berdenging: akan terjadi pertengkaran. Telinga kanan berdenging: kemungkinan terjadi pertengkaran yang lebih serius. Pukul 03.00 – 05,00 Telinga kiri berdenging: akan kehilangan uang. Telinga kanan berdenging: akan sangat sibuk. Pukul 05.00 – 07.00 Telinga kiri berdenging: akan ada pesta. Telinga kanan berdenging: akan dikunjungi teman. Pukul 07.00 – 09.00 Telinga kiri berdenging: kemungkinan akan bepergian. Telinga kanan berdenging: akan dikunjungi teman. Pukul 09,00 -11.00 Telinga kiri berdenging: firasat akan terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Telinga kanan berdenging: akan mendapat keberuntungan. Pakai 11.00-13,00 Telinga kiri berdenging: akan menerima surat dari jauh. Telinga kanan berdenging: akan dikunjungi saudara. Pukul 13.00 -15.00 Telinga kiri berdenging: akan pesta. Telinga kanan berdenging: akan dikunjungi teman dari jauh. Pakul 15.00 – 17.00 Telinga kiri berdenging: akan bepergian. Telinga kanan berdenging: akan ada kejadian yang menyenangkan. Puku! 17.00 – 19.00 Telinga kiri berdenging: akan kehilangan uang. Telinga kanan berdenging: akan hoki. Pukul 19.00 – 21.00 Telinga kiri berdenging: akan pesta. Telinga kanan berdenging: akan dikunjungi teman. Pukul 21.00 – 23.00 Telinga kiri berdenging: pertanda keberuntungan. Telinga kanan berdenging: akan pesta. Pukul 23.00 – 01,00 Telinga kiri berdenging: kekaih memikirkan anda. Telinga kanan berdenging: kemungkinan akan kehilangan uang.

Mata berkedut Pukul 01.00 – 03.00 Mata kiri berkedut: akan terjadi sesuatu yang kurang baik, atau akan menangis, atau cemas. Mata kanan berkedut: seseorang sedang memikirkan Anda. Pukul 03.00 – 05,00 Mata kiri berkedut: akan dikunjungi seorang teman dari jauh. Mata kanan berkedut: akan mengalami peristiwa bahagia. Pukul 05.00 – 07.00 Mata kiri berkedut: akan kedatangan tamu istitnewa. Mata kanan berkedut: segala sesuatu akan berlangsung baik. Pukul 07.00 – 09.00 Mata kiri berkedut: akan dikunjungi teman dekat yang tinggal di tempat jauh. Mata kanan berkedut: kemungkinan cedera. Pukul 09,00 -11.00 Mata kiri berkedut: akan ke pesta atau berpesta. Mata kanan berkedut: akan bertengkar. Pakai 11.00-13,00 Mata kiri berkedut: akan makan dan minum enak. Mata kanan berkedut: hati-hati denrjan peristiwa buruk. Pukul 13.00 -15.00 Mata kiri berkedut: segala sesuatu akan berjalan aman dan lancar. Mata kanan berkedut: akan mendapat kegembiraan kecil. Pakul 15.00 – 17.00 Mata kiri berkedut: kemungkinan akan kehilangan uang. Mata kanan berkedut: kemungkinan akan memikirkan kekasih. Puku! 17.00 – 19.00 Mata kiri berkedut: akan kedatangan tamu. Mata kanan berkedut: sama dengan mata kiri, tapi tamu yang datang dari jauh. Pukul 19.00 – 21.00 Mata kiri berkedut: akan kedatangan tamu. Mata kanan berkedut: akan menghadiri pesta besar. Pukul 21.00 – 23.00 Mata kiri berkedut: akan dikunjungi teman. Mata kanan berkedut: hati-hati dengan perkara hukum. Pukul 23.00 – 01,00 Mata kiri berkedut: akan dikunjungi orang terhormat. Mata kanan berkedut: akan diundang ke pesta besar. Pada intinya, untuk semua itu hanyalah pendapat seseorang. Dan, meskipun pendapat diatas berasal dari orang-orang yang di anggap pada jalur yang berkaitan atau mungkin bisa dianggap “peramal handal” tentunya kita kembalikan lagi kepada diri kita masing-masing. Patut percaya atau tidakkah? Jawabannya hanya ada pada diri masing-masing. Kebenarannya dari semua itu.

Wallhualam.

Related Post :

    facebook share
    5 Responses to “Makna dan Firasat”
    abah Said:

    mas indra dapat dari mana infonya, apakah dari primbon

    [Reply]


    sama ma intuisi gak yaa…

    [Reply]


    indra Said:

    #1 dapet nemu tuh dari bungkus bala-bala he..
    #2 Bisa jadi juga, tapi kalau intuisi lebih cenderung ke masalah insting atau daya pikir yg tersirat, sementara tulisan diatas mengenai gelagat anggota tubuh.

    [Reply]


    IPAN Said:

    thomas Said:

    salam bahagia…
    saya disini ingin bertanya,apa makna kejadian yang baru saja saya alami ini.
    tadi sekitar jam 23.30wib saja sedang duduk dan tiba2 kursi yang saya duduki patah berantakan dan hancur sehingga saya terjatuh namun tanpa terluka.
    bolehkan bantu saya menjelaskan makna ini?
    sedangkan disaat ini saya sedang dirundung masalah yang sulit terselesaikan…
    trimakasih… salam thomas

    [Reply]


    Leave a Reply

    3+9=


    Free Translation Widget

    Kumpulan Pribahasa (Babasan-Paribasa) Sunda

    Makna dan Firasat
    [spoilergroup] [spoiler intro="A"] Adab lanyap Jiga nu handap asor, daek ngahprmat ka ba...

    Ngaguar Basa tur Budaya Sunda

    Makna dan Firasat
    Lain pedah sugih ku elmu jembar ku pangabisa, lain pedah oge jegud pangaweruh tur jembar k...

    Berbalas Pantun

    Makna dan Firasat
    Ibarat makan sudah menjadi kebutuhan baku sehari-hari, beberapa jam disetiap harinya past...

    Links

    Subscribe Us