Budidaya Anthurium Batang Merah Siap Menyalip Gelombang Cinta

anthurium-batang-tongkol-merah

Dengan kelebihan cepat bertongkol dan batang selalu rnerah, anthurium Hookeri Batang Merah saat ini merupakan jenis anthurium yang membayangi harga pasar anthurium umumnya.

Setelah aneka varian Jenmanii, disusul Gelombang Cinta, kali ini adalah giliran Hookeri Batang Merah yang menjadi kuda hitam. Suatu saat pasti akan menjadi no. 1 menggeser Jenmanii dan Gelombang Gnta di pasaran. Lalu, bagaimana mengenali Hookeri tersebut? Karena selain beredar hookeri batang merah lokal, saat ini di pasaran juga beredar eks Thailand?

Memang sejak anthurium dimasuki pasar impor terjadi persaingan ketet dipasaran. Padahal sebelumnya anthurium eks impor kurang disukai anthurium mania karena bisa merusak pasar anthurium lokal. Namun seiring waktu, setelah dilempar dipasaran ternyata keduanya tidak mengalami perbedaan yang berarti dalam hal fisik.

Sehingga di pasaran pun sangat sulit membedakan Hookeri Batanq Merah impor maupun lokal. Yang diketahui oleh pasar adalah ada dua jenis batang merah, yakni Super Red dan merah biasa. Yang Super Red harganya jelas lebih mahal dibanding yang red biasa.

CEPAT BERTONGKOL

Selain sudah tersamar, yang spesial dari si batang merah ini adalah daya pacu tumbuh tongkolnya yang sangat luar biasa. la bisa menghasilkan tongkol meski baru berdaun 2-3 helai saja.

Bila dibandingkan dengan kedua jenis anthurium pesaingnya yang saat ini sedang tren yaitu Gelombang Cinta dan Jenmanii, maka Hookeri Batang Merah berada di posisi di terigah-tengah. Hal ini disebabkan :

Juara pertumbuhan, dari segi pertumbuhannya, sudah jelas Hookeri Batang Merah yang menjadi juara. Conton kasus, Gelombang cinta memang menang di soal pertumbuhan daun yang lebih cepat dibandungkan dengan Hookeri Batang Merah.

Namun Gelombang Cinta masih kalah dalam hal pertumbuhan batang tongkol. Dimana ia perlu diatas 6 daun untuk memunculkan tongkol. Sedangkan yang terjadi pada hookeri batang merah hanya dengan 3 lembar daun pun dia bisa menghasilkan tongkol.

Pembanding lainnya adalah dengan Jenmanii. Bila Jenmanii memiliki karakter daun besar, lebar, berkarakter kasar dan tebal. Di sisi itu Batang Merah tidak bisa meyainginya. Namun di soal daya pacu tumbuh daunnya, jauh lebih cepat dibandingkan Jenmanii yang terlalu pemalu mengeluarkan daunnya.

Meskipun daya pacu tumbuh daunnya tidak secepat Gelombang Cinta, namun bila dibandingkan Jenmanii maka Hookeri Batang Merah menempati posisi urutan no. 2 dalam hal percepatan tumbuh. Selain itu rentang daunnya juga tidak kalah besar bila dibandingkan jenmanii. Apalagi dengan panjang daun Gelombang Cinta.

Satu keunggulan lagi selain keunggulan-keunggulan di atas, adalah memiliki warna batang lebih merah. Bisa disetarakan denqan merahnya Black Beauty dalam hal keawetan warna merahnya.

Mengapa dikatakan demikian? Black Beauty memang memiliki warna merah lebih pekat. Karena warna merahnya merupakan campuran dari warna merah dan coklat sehingga memberikan kesan warna hitam. Sedangkan Hookeri Batang Merah hanya diwakili dari warna batangnya saja yang merah.



Related Post :



10 Responses to Budidaya Anthurium Batang Merah Siap Menyalip Gelombang Cinta

  1. arie says:

    saya baca beberapa artikel tentang anthurium hookeri super red, di situ di sebutkan bahwa harga anthurium tersebut relatif lebih murah dibanding, jenis black beauty dan jenmani.pertanyaan saya apakah prediksi anda diatas sesuai dengan keadaan di lapangan? mohon maaf apabila ada pernyataan yang menyinggung, karena saya benar2 awam soal anthurium dan tertarik akan mencoba peruntungan di bidang tersebut>>

  2. rijal says:

    asalamualaikum…
    boleh ikutan masuk?
    Mas indra, saya tertarik juga dgn anthurium ini, sepertinya bagus untuk sebuah peluang usaha. Saya cuman mau minta tolong ke mas Indra untuk ngasih info ke saya apa saja tentang anthurium. Bila berkenan, kirim email aja ke larrijal@gmail.com
    thx

  3. RaH says:

    Mas Indra, Salam kenal…
    saya mau tanya, apa prospek tanaman anthurium itu masih lama ya umurnya? Mas Liat prospeknya dari mana?

  4. Mohammad says:

    Asalamualaikum Mas Indra,Salam kenal dr saya, saya mau tanya untuk tanaman anthurium hookeri; jenmani yang terdapat disitu untuk pembibitan harganya kisaran berapa?
    Terima kasih, Wass.

  5. indra says:

    #1 Tenang aja mas, Prediksi itu hanya pada kurun waktu tertentu bisa berubah ko, seperti halnya produk-produk lainnya. Sama-sama awam, yang ditulis hanya info dari teman aja yg menekuni biadang ini.

    #2 Waalaikumsalam wr wb. boleh-boleh aja.

    #3 Salam kenal juga, masalah prospek kayaknya relatif, mungkin saat ini lagi booming tapi kedepannya belum tentu.

    #4 Waalaikumsalam wr wb. Harganya kurang begitu tahu Mas, kebetulan juga alamat kontak tempat pembibitannya hilang, jadi ga bisa bantu nih…

  6. Teguh says:

    Bagi yang memerlukan info pembibitan anthuriaum daerah Bandung bisa ngontak saya di nomer 081802180470

  7. Daniel says:

    I couldn’t understand some parts of this article Anthurium Batang Merah Siapa Menyalip Gelombang Cinta, but I guess I just need to check some more resources regarding this, because it sounds interesting.

  8. ache says:

    massaya adalah penggemar jenmani…. kenapa sering timbul kerutan2 pada daun jenmani saya selainitu mengapa pertumbuhan daunnya tidak merata padahal saya selalu memutarnya sesuai arah matahari

  9. salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya tanaman hias yang benar hanya dengan harga 50 ribu/CD (blm ongkos kirim). jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD Agrokomplek lainnya di bid. PETERNAKAN, PERTANIAN,PERKEBUNAN, dan PERIKANAN. tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan teman teman. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/cdbudidaya2

    terima kasih

  10. Sunar Aprijatno says:

    Saya punya tanaman kelapa gading dalam polibag sejumlah 22 pohon, u/penghijauan disekitar rumah, namun ada satu pohon yang daunnya bercorak putih hal tersebut apakah termasuk varigata? Silahkan dibantu infonya u/ yang mengetahui. Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>