Category Archives: Articles

Bait Kata Terkait Usia, Mencermati Umur

Mencermati Umur!

Hidup adalah perubahan. Dari asalnya tidak ada menjadi ada. Lalu hidup dan selanjutnya mati, kemudia hidup kembali dalam kurun waktu yang tak berujung. Kita bisa mencermati umur atau mengamati perkembangan fisik manusia. Yang berawal dari janin kemudian menjadi bayi yang lemah, lalu menjadi remaja yang kuat hingga dewasa, kemudian menjadi tua renta yang lemah hingga menemui ajal.

Perubahan tersebut menunjukan bahwa semua yang ada, termasuk kita dan makhluk lainnya akan mengalami kerusakan. Hanya Allah-lah yang kekal abadi.

Ikhlas dalam Memberi dan Menerima

Ikhlas dalam Memberi dan Menerima

Batapa senangnya lebaran akan tiba! Setelah sebulan penuh berupaya meningkatkan kualitas ibadah dengan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, lebaran menjadi hari istimewa yang sungguh dinantikan. Semua ummat Islam merayakannya. Menikmati ketupat dengan opor ayam yang lezat, memakai pakaian baru yang masih mengkilat, dan berkumpul bersama para kerabat. Bersyukurlah bagi yang dapat merasakan itu semua! Ikhlas dalam Memberi dan Menerima!

Meski demikian, prosentase kebahagiaan itu tidaklah sama. Karena beberapa diantara kita tidak semuanya berada pada kondisi yang sama. Mungkin mereka tak menuntut baju baru, tapi setidaknya mengharapkan pakaian pengganti yang layak. Mungkin mereka juga tak mengangankan makanan super lezat, tapi sedikitnya tersaji makanan dimeja. Dengan adanya kondisi tersebut, untuk meraih kebahagiaan bersama kita semua diingatkan dengan adanya saling ketergantungan yang menuntun manusia untuk dapat saling berbagi.

Menjunjung Tinggi Pedoman Hidup

Pedoman HidupHidup hanya sementara, dan setiap orang hidup tentu saja memiliki pedoman hidup dalam kehidupannya. Dengan pedoman hidup itulah setiap manusia mengontrol segala tindak-tanduk berprilaku sehari-hari hingga semakin teratur, tidak menjalankannya dengan sesuka hati tanpa mengindahkan pedoman hidupnya. Dan, Maha Suci Allah dengan segala kuasa-Nya telah menurunkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup ummat muslim. Mulai dari masalah paling kecil hingga paling besar dalam kehidupan, diatur dengan sangat rinci didalam Al-Qur’an. Ditambah dengan sunnah atau petunjuk dari Rasulullaah Muhammad SAW, memberi penerangan dan pencerahan dalam menjalankan kehidupuan secara ikhlas hingga senantiasa menyadari bahwasannya manusia tidak lebih dari hamba yang sangat kecil dihadapan-Nya. Menjunjung Tinggi Pedoman Hidup!

Memahami, menjunjung tinggi dan menerapkan pedoman hidup tentu menjadi suatu keharusan. Dengan mnedekatkan diri pada pedoman hidup sebagai muslim tiada lain Al-Qur’an, membacanya sekaligus mentadaburinya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari akan mendapatkan manfaat besar. Berikut ini hanya beberapa dari sekian banyak keutamaan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup ummat muslim;

Keutamaan Beberapa Puasa Sunnah

Puasa Sunnah

Puasa merupakan hal yang sangat penting keberadaannya. Selain bagian dari kewajiban ibadah sebagai ummat muslim, dengan menjalankan puasa akan menuai beragam kebaikan didalamnya. Selain dari tujuan utama berpuasa untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta, ternyata banyak manfaat yang dapat diraih. Karena secara terlatih dengan teratur, jasmani atau raga akan lebih mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sementara rohani senantiasa lebih sabar dan mampu menahan hawa nafsu duniawi yang seringkali membuat kita terlena atau bahkan menjerumuskan pada lembah dosa. Keutamaan Beberapa Puasa Sunnah!

Seperti telah tertuang dalam postingan lalu, Renungan tentang puasa! Sesungguhnya, puasa itu sendiri bukan hanya sekedar menahan lapar, menahan haus dan dahaga dari waktu Subuh sampai adzan Maghrib, namun lebih kepada peningkatan nilai-nilai ibadah yang bersanding dengan puasa itu sendiri. Diantanya lebih banyak membaca Al-Qur’an, makin sering menunaikan shalat sunnah disamping shalat wajib yang rutin dikerjakan, lebih mengendalikan amarah dan segala macam hawa nafsu yang merugikan.

Segar Cuaca Situ Cileunca, Wisata Murah Membuang Gerah

Kips-01 Pemandangan yang cukup indah bukan saja ada dibagian atas (utara) Kota Bandung, dibagian selatan pun udara segar seperti di Lembang dapat ditemukan. Selain Situ Cipanunjang, di Bandung Selatan juga terdapat sebuah danau yang cukup mempesona yakni Situ Cileunca Pangalengan. Situ Cileunca itu sendiri lokasinya berada di bawah Situ Cipanunjang.

Situ Cileunca, sebuah danau yang terletak diatas dataran tinggi yang dikelilingi oleh perkebunan teh Malabar. Dimana, genangan danau seluas 180 hektare ini diapit oleh dua Desa yaitu Desa Wanasari dan Desa Pulosari. Berada pada ketinggian ±1550 Meter dari permukaan laut, berjarak ±45 KM dari sebelah selatan Kota Bandung.

Kips-02, Situ Cileunca Kips-03